Definisi Lengkap tentang Organic Traffic, Page View, Visitor, Bounce Rate, Average Time on Site (ATOS), dan Returning Visitors

Bagi para blogger pemula, mengenal istilah-istilah tertentu di dalam dunia Blogging merupakan ujian pertama yang harus dilewati.

Kenapa?

Karena beberapa materi SEO dan Blogging yang ada di Internet menggunakan istilah-istilah tertentu tanpa harus menjelaskanya lagi, sehingga membuat para blogger kebingungan.

Sebenarnya, ada begitu banyak istilah yang ada di dalam SEO dan Blogging, namun di artikel ini saya hanya akan menjelaskannya yang berkaitan langsung dengan Google Analytics.

Pengertian Organic Traffic, Visitor, Page Views, Bounce Rate & ATOS

Google Analytics adalah sebuah tool yang menampilkan metrik kunjungan situs yang dilakukan secara penuh dan Real Time (tanpa henti).

Pada laman Google Analytics, sobat akan melihat berbagai istilah seperti Bounce Rate, Average Time on Site (ATOS), Unique Visitor, dan banyak lagi. Oleh karena itu, alangkah baiknya untuk mengenal istilah-istilah ini lebih lanjut.

Pengertian Organic Traffic, Visitor, Page Views, Bounce Rate & ATOS


1. Pengertian Organic Traffic


Trafik organik adalah kunjungan situs dari pembaca yang dilakukan langsung dari laman SERP.

Contohnya seperti ini, pengunjung tersebut mengetik keyword, "Cara membuat kerajinan tangan," dan kebetulan artikel sobat muncul di halaman pertama Google.

Jika artikel sobat tersebut di klik, di buka, dan/atau dikunjungi, itu artinya sobat mendapatkan satu buah trafik organik.

2. Pengertian Page Views


Page Views adalah pembilahan artikel per artikel dalam sekali kunjungan. Jika dalam sekali kunjungan tersebt pembaca itu membuka 3 artikel lainnya, artinya sobat mendapatkan 3 nilai dari sisi Page Views.

Page Views berkaitan erat dengan Bounce Rate. Nah, apa itu Bounce Rate?

3. Pengertian Bounce Rate


Bounce Rate adalah pentalan situs; tentang bagaimana Analytics mengindentifikasi dan menilai kualitas sebuah situs apakah bagus atau tidak.

Cara kerjanya seperti ini, Bounce Rate akan menghitung nilai dan rata-rata persentase antara tingkat kunjungan ke situs dan Page Views.

Cara kerja dan contohnya, semisal jumlah pengunjung sebanyak 500 orang. Page Views yang didapatkan 3,000 kali. Maka, 500 x 100% : 3,000 hasilnya 16,66667% atau 16,6%

Jika diartikan, Bounce Rate bisa di bilang "sinonim" dari Page Views; yang membedakannya, Bounce Rate adalah HASIL AKHIR artikel sedangkan Page Views hanya metrik dan teorinya saja.

4. Pengertian Unique Visitor


Unique Visitor adalah jumlah kunjungan berdasarkan IP masing-masing. Beberapa situs menggunakan User Agent, Cookie, dan Registration ID untuk mengartikan bahwa orang itu pengunjung unik.

Unique Visitor adalah salah satu faktor berkualitas atau tidak sebuah blog. Semakin tinggi trafiknya maka semakin bagus pula blog Anda di peringkat hasil pencarian penelusuran (SERPs) - Wikipedia.

5. Pengertian Average Time on Site (ATOS)


Disingkat ATOS, disebut pula Averate Time atau Average Site, -- Average Time on Site (ATOS) adalah rata-rata waktu yang dihabiskan oleh pembaca ketika mengunjungi sebuah blog.

Para ahli, pakar, dan master SEO menerangkah bahwa ATOS menunjukkan kepada algoritma Google apakah situs itu benar-benar berkualitas atau tidak -- di lihat dari berapa lamanya para pembaca bermain-main di situs kita.

Jika dalam sekali kunjungan ternyata para pembaca langsung meninggalkan situs, berarti ada yang salah dengan situs tersebut.

Percaya atau tidak, Average Time on Site berpengaruh besar terhadap peringkat artikel di halaman Google. Oh iya, Average Time on Site berkaitan erat dengan Bounce Rate.

6. Pengertian Visits


Visits adalah serangkaian permintaan halaman dari pengunjung unik yang diidentifikasikan sama; dengan catatan tidak lebih dari 30 menit antara setiap setiap permintaan halaman.

A visit is defined as a series of page requests from the same uniquely identified visitor with a time of no more than 30 minutes between each page request.

7. Pengertian Returning Visitors


Returning Visitors merupakan pengunjung yang kembali ke situs web selama periode yang dipilih, baik sekali kunjungan maupun beberapa kali sebelumnya.

Semisal, dalam bulan Januari ada 10 orang yang mengunjungi situs dan 5 diantaranya kembali ke situs web, sebelum periode yang ditentukan; maka 5 pengunjung tersebut disebut Returning Visitors.

Namun apabila 5 atau 10 orang tersebut tidak mengunjungi situs dalam periode yang telah ditentukan, atau mengunjungi kembali akan tetapi periodenya telah terlewati; maka tidak akan di anggap Returning Visitors.

Similar to unique visitors, this metric relies on cookie data, so treat this metric with the same caution and look at trending rather than absolute values.

Nah itulah definisi lengkap tentang Organic Traffic, Page View, Visitor, Bounce Rate, Average Time on Site (ATOS), dan Returning Visitor yang ada di Google Analytics.
Share To:

Arief Ghozaly

Post A Comment:

0 comments so far,add yours