Akun YouTube Ditangguhkan, Apakah Bisa Dikembalikan?

Pernah bermain YouTube? Bagaimana pengalaman Anda ketika memainkan YouTube?

Membuat akun Google, memasukkan nomor telepon dan melakukan verifikasi No. HP, lalu membuat saluran (Channel) di YouTube, post sebuah video, eh tiba-tiba akun YouTube ditangguhkan (Suspend)?

Selamat, kita sama! Hahaha...

Sebenarnya apa sih penyebab akun YouTube di Suspend? Apakah akun YouTube yang ditangguhkan bisa dikembalikan agar kita bisa masuk kembali ke situs YouTube?

Pada laman Google: Akun ditangguhkan karena aktivitas tidak valid atau alasan kebijakan, disitu tertulis jelas semua pembahasan yang menyangkut penyebab kenapa akun youtube kita ditangguhkan oleh pihak Google secara sepihak.

Anda bisa mengunjunginya, membaca semua pedoman, ketentuan dan kebijakan yang diberlakukan oleh Google sebagai pemilik Google AdSense.

Pengalaman saya, beberapa kali akun YouTube saya ditangguhkan.

Saya akui saya membuat kesalahan dengan cara download video orang, lalu mem-postingkannya kembali di saluran youtube saya.

Besoknya, akun YouTube saya langsung ditangguhkan!

Biasanya akan ada informasi pemberitahuan dari Google via email yang menjelaskan penyebab akun YouTube kita ditangguhkan.

Akun YouTube Ditangguhkan, Apakah Bisa Dikembalikan?


Jawabannya adalah BISA!

Ada perbedaan antara akun YouTube yang ditangguhkan dengan akun YouTube yang di Banned.

Akun Youtube Ditangguhkan, Apakah Bisa Dikembalikan?

Dari bahasanya saja sudah berbeda, kan?

Ditangguhkan, Suspension (Suspend), atau Skorsing... ialah dikenakan pelanggaran berupa tidak diizinkannya kita untuk mengakses situs youtube dengan akun yang telah ditangguhkan tersebut.

Kita dilarang mengakses saluran, channel, about dan segala hal tentang akun YouTube kita yang telah ditangguhkan tadi.

Saya tidak tahu pasti berapa lama waktu akun YouTube yang ditangguhkan sampai dikembalikannya seperti semula.

Biasanya variatif ya, berbeda-beda... ada yang sebulan, 2 bulan. Bahkan, yang saya baca dari forum sebelah, bisa mencapai 6 bulan lamanya.

Timbul pertanyaan, apakah ingin membuat akun YouTube terbaru? Atau masih tetap setia menunggu pengembalikan akun YouTube yang ditangguhkan tersebut?

Well, tentunya dilema banget.

Kalau akun YouTube tersebut memiliki Channel, Viewers serta Subscribe yang banyak, sebaiknya didiamkan saja.

Tunggu saja, apabila akun YouTube sudah lepas dari penangguhan, dipastikan akan muncul inbox di email berupa pemberitahuan bahwa akan YouTube kita sudah tidak ditangguhkan lagi.

Solusi paling jitu ialah mengemis-ngemis minta akun YouTube kita dikembalikan. Pokoknya, memelas-melas deh...

Bagaimana dengan Akun Youtube yang di Banned?

Berbeda dengan akun YouTube yang ditangguhkan.

Akun yang di Banned, arti dan maksudnya adalah akun Google Plus tersebut tidak akan bisa lagi memasuki area YouTube, dimana pun dan kapan pun, alias PERMANEN.

Bisa dikatakan, akun tersebut tidak ada artinya lagi. Nomor HP-nya pun sudah tidak bisa lagi digunakan lagi kembali.

Percuma nomor telepon dialihkan ke akun Google yang terbaru, tetap tidak akan bisa - ini pengalaman saya. Sampai kapan pun, tetep nggak akan bisa.

Jadi, itulah pembahasan kita soal akun youtube yang ditangguhkan, apakah bisa dikembalikan atau tidak.

Baca juga: Cara Memulihkan Akun YouTube yang di Suspend.

Kita juga bisa mengajukan banding apabila akun YouTube ditangguhkan karena kesalahan-pahaman Google.

Silahkan buka link diatas, dan masukkan form pengajuan banding. Semoga berguna, guys!
Share To:

Arief Ghozaly

Post A Comment:

21 comments so far,add yours

Gan beneran ni kalo suspended bakal dibalikin?

Kasus ane gini, ane buat video bareng temen terus sama" upload dimasing" channel terus disuspended, mungkin dianggap spam. Terus aju banding, Besoknya channel ane balik terus buat channel baru jadi disuspended lagi.

Kok gitu ya? Kalo gitu balik lagi gak? Jadi 2x kena, buat diakun baru lagi bisa gak ya? Thx

Anonymous mengatakan...

Mas bro, artikelnya bagus sekali sangat informatif. Yg ingin saya tanyakan saya dapat email juga seperti itu akun yt di tanguhkan, tetapi saya bingung melanggar apa, wong video upload sendiri hunting pke kamera sendiri.cara ceknya gmna ya?

Arief Ghozaly mengatakan...

Mungkin iya gan dianggap spam karena sama2 ngupload di satu akun YT tapi beda channel dalam satu waktu.

YT masih menjadi misteri buat ana, gan. Masalah yang agan hadapi belum ana hadapi jadi ana gak berani jawab dulu.

Coba dulu buat akun YT yang baru gan. Tapi kalo akun YT yang lama punya subscribe yang banyak, usahakan ajukan banding, sayang kan kalo harus hilang subscribe yang udah banyak.

Untuk jawaban atas permasalahan agan, mungkin nantinya ada teman youtubers lainnya yang baca komen ini dan mau bantu ngejawab. Ana belum berani jawab gan :)

Arief Ghozaly mengatakan...

Oh iya, setahu ana, waktu pengembalian akun YT yang di suspend itu memakan waktu 6 bulan lamanya. Itu informasi yang beredar di kalangan youtubers gan.

Arief Ghozaly mengatakan...

Mungkin backsound-nya yang bikin melanggar gan. Biasanya sih ada informasi pemberitahuan di email tersebut kenapa kita melanggar, atau kita di suruh untuk merujuk ke pedoman komunitas youtube.

Pada pedoman komunitas youtube itu nanti akan ada dibahas semuanya gan, bagian mana yang melanggar dan tidak.

Silahkan dipelajari lebih lanjut gan :)

GAMER MATOH mengatakan...

Kasus saya sama ma yg komen diatas, dapet email dr google akun YT sementara ditangguhkan, tp gak ada alasan kesalahan saya, suah ajukan banding jg tp belum ada balasan sama sekali, menurut agan gmn ? Makasih gan

Arief Ghozaly mengatakan...

Banyak sebabnya gan
Saya sendiri sulit memahaminya

Ade Mawanda mengatakan...

Setelah kembali kok jumlah penayangannya jadi 0 ya gan sama video yg lama jadi gak muncul pas orang lain lihat chanel kita, itu kenapa ya apa emang begitu.

Unknown mengatakan...

kalau akun yang dihentikan karena beberapa kali kena klaim hak cipta gimana gan? bisa dibalikin ga, soalnya akun saya sudah banyak subscribenya dan penghasilan lumayan, saya herannya saya gak dapat email pemberhentian akun saya, kalau di hp saya masih dapat notif tentang aktifitas youtube saya walaupun pas dibuka tidak bisa, bagaimana gan mohon pencerahannya, terima kasih

Arief Ghozaly mengatakan...

Walau pun sudah ditangguhkan kita bakal tetep dapet penghasilan tapi ya itu... tetep gak bisa di buka sama sekali akun kita. Bisa dibuka ketika waktu penangguhan sudah habis gan.
Itu yang dialami temen saya gan.

M. Iqbal Aulia mengatakan...

Yutub saya di tangguhkan, dan saya telah menerima pemulihan akun saya katanya sudah di pulihkan, tpi saya tidak bisa loin ke yutub saya..
Anehnya lagi, pas di search di yutub sudah muncul channel saya, dengan video dan iklannya juga masih ada.. tpi saya tetap tidak bisa login ke akun sya.. klau sperti itu gmana solusinya.?

Arief Ghozaly mengatakan...

Agan dapat informasi pemulihan akun, tapi agan sendiri nggak bisa login? Itu maksudnya gimana?

Lupa password?

Ane buat baru aja bro, thx haha

visit juga blog ane
blog.reynaldijuliosetiabudi.com

acep slankers mengatakan...

Gan akun saya di tangguh kan tapi saya tidal bisa login ke youtube ,,,apakah itu banned ?? Tolong di bales gan ,,trims ,,

Arief Ghozaly mengatakan...

Kalau sudah ditangguhkan memang tidak bisa login lagi gan, kecuali masa2 penangguhan sudah habis.

Sudah berapa lama akun ditangguhkan gan? Kalau sudah sebulan, coba ajukan banding. Ngadu dan mengaku aja kalau agan memang berbuat salah, nanti dikembalikan seperti semula gan.

Saya buktinya, udah dikembalikan secara utuh.

Anonymous mengatakan...

kalo saya kasusnya sama kayak yang atas, ,
masuk google adsense masih bisa, ,masuk email juga masih bisa, ,
tapi masuk youtube sudah gak bisa, ,
apa itu tandanya akun youtube kita udah hangus?

Arief Ghozaly mengatakan...

tidak hangus bosque, itu artinya ditangguhkan.
kalau ceritanya masuk email masih bisa, itu artinya ditangguhkan. akan tetapi... apabila login YT dan masuk ke email pun tetep kaga bisa, itu artinya akun agan di banned selama-lamanya.

singkatnya, akun agan sedang ditangguhkan.
kalau waktu penangguhan sudah melewati 1 - 2 bulan, coba ajukan banding. melas-melas dikasihani, mohon-mohon, akui kalau pernah berbuat salah, pasti dikembalikan... hehehe...

Unknown mengatakan...

Chanel youtube saya yang satu lagi di tangguhkan dengan alasan spam dan praktik penipuan, dari tanggal 24 pebruari sampai bulan juli belum bisa kembali gan. Tapi masuk adsen bisa buka gmail bisa semua.. cuma masuk youtube doang gak bisa.kira2 itu banned bukan gan, mohon pertolongan dan bantuannya gan, sayang gan udah 110000 subscriber,.

Nano wijaya pranata mengatakan...

Kalo punya ku melangat hak cipta 3 kali di tangguhkan akun ku di tangguhkan kan pada 14 Agustus 2020 sampai sekarang 13 Desember 2020 belum aktif hampir tiap hari aku berulang ulang kirimkan email dan mengisi form formulir aku banding tapi jawapan nya robot otomatis dengan alasan COVID-19 jadi bikin menghambat penanganan ini udah 5 bulan

Sonny Hinjaya mengatakan...

Anonymous : sama...... akun saya ditanguhkan dari bulan agustus,(sudah 6 bulan) saya masih bisa buka gmail nya dan google adsense dengan saldo belum capai batas minimal baru 1.130.000, saya sudah banding 3x, namun jawaban terakhir januari 2021, tetap "akun anda ditangguhkan"... subscribe saya sudah 70rban, mohon pencerahan nya para senior 🙏🙏

Unknown mengatakan...

Bosque :saya dapat emile dari yt.yt anda di hapus "dan anda tidak bisa lagi membuat akun yt srlama2 nya.tapi ada pilihan banding.saya pun banding donk.tapi jawabannya maaf akun anda ditangguhkan.
Masuk emile bisa google juga bisa.pertanyaan sya yang di maksud tidak diijinkan membuat channel yt selama2nya itu apa maksudnya?apa tidak di perbolehkan jika kita membuat channel dengan emile yang sama?atau orang yang sama atau apa!?mohon di jawab ya