Aturan dan Kebijakan Penempatan Unit Iklan Google AdSense yang Dilarang dan Melanggar di Blogspot

Selain permasalahan Tombol Back to Top yang Bisa Menurunkan Penghasilan AdSense, kali ini tentang penempatan iklan yang dilarang dan melanggar kebijakan Google AdSense.

Permasalahan tata letak atau penempatan iklan Google AdSense di blog, sebenarnya tergantung dari template blogger yang digunakan. Contohnya seperti SEO Kraken Blogger Theme yang digunakan SEO Killer saat ini.

Template ini sudah mendukung High CTR Google AdSense, artinya ada banyak tempat (slot) untuk membuat dan memasangkan iklan diberbagai tempat yang telah di buat.

8 Aturan Penempatan Iklan Google AdSense di Blog, No. 7 Astaga!

Umumnya, template blogger High CTR Google AdSense menyediakan lebih dari 6 slot iklan. Tidak untuk AdSense? Bisa difungsikan atau dimanfaatkan untuk unit iklan dari program PPC lainnya.

8 Aturan Penempatan Iklan Google AdSense di Blog


Seperti yang tertulis di judul pada postingan blog kali ini, berikut beberapa kebijakan dan aturan penempatan iklan Google AdSense di blog yang dilarang oleh Google.

1. Antara Navigasi Menu dengan Iklan Google AdSense


Google tidak mengizinkan para penayang untuk menganjurkan para penggunannya agar mengeklik iklan Google dengan cara apapun.

8 Aturan Penempatan Iklan Google AdSense di Blog, No. 7 Astaga!

Beberapa gambar yang dipasangkan di dalam artikel juga tidak diperbolehkan bersandingan, sejajar, berdempetan atau berdampingan dengan tayangan iklan Google AdSense.

8 Aturan Penempatan Iklan Google AdSense di Blog, No. 7 Astaga!

Di atas adalah beberapa aturan penempatan iklan AdSense dasarnya saja. Nah, bagaimana selanjutnya?

2. Animasi Tanda Panah yang Mengarah ke Iklan Google AdSense


Penayang tidak diizinkan untuk mengarahkan perhatian para pengguna yang tidak perlu dan/atau tidak wajar ke iklan Google.

8 Aturan Penempatan Iklan Google AdSense di Blog, No. 7 Astaga!

Pada gambar, itu adalah contoh penempatan iklan Google AdSense yang di larang oleh Google.

3. Judul Gadget/Widget Google AdSense yang Tidak Boleh Menyesatkan


Pastikan bahwa pengunjung situs tidak disesatkan baik secara langsung maupun tidak langsung dalam bentuk tajuk yang mengarah ke iklan Google.

8 Aturan Penempatan Iklan Google AdSense di Blog, No. 7 Astaga!

Gambar di atas adalah contoh pembuatan dan pemasangan widget iklan Google AdSense yang tidak diperbolehkan oleh Google.

Pastikan, hindari penggunaan kata judul seperti "Sumber Info" atau "Tautan Bermanfaat". Para penayang hanya boleh menggunakan judul atau label dengan kata, "Iklan" atau "Pesan Sponsor."

4. Gambar Artikel tidak Boleh Sejajar dengan Iklan Google AdSense


Penayang tidak boleh menyandingkan antara iklan Google dengan gambar di dalam artikel blog; baik dari atas ke bawah (sebaliknya), maupun dari sisi samping ke samping.

8 Aturan Penempatan Iklan Google AdSense di Blog, No. 7 Astaga!

Pastikan bahwa para pengguna tidak bingung dengan tampilan postingan blog.

Sebagai tambahan informasi terbaru penempatan iklan Google AdSense, pastikan bahwa gambar yang dimaksud tidak boleh disamakan dengan tayangan iklan Google AdSense.


Jika ini di langgar, maka akan beresiko terhadap akun Google AdSense apakah akan ditangguhkan (Suspend) atau pun di Banned.

Pastikan, tayangan iklan AdSense dengan gambar di dalam postingan blog harus berbeda, tidak boleh sama meski pun sedikit.

5. Tayangan Iklan Google AdSense yang Mendorong Konten ke Bawah


Dalam beberapa kasus, suatu unit iklan kadangkala mendorong konten ke bawah apabila unit iklan tersebut ditempatkan TEPAT di bagian atas konten.

8 Aturan Penempatan Iklan Google AdSense di Blog, No. 7 Astaga!

Secara tidak langsung, hal ini menyebabkan para pengguna sulit membedakan mana konten dan mana iklan.

6. Ajakan Klik Iklan dan Kompensasi yang Diterima


Dalam beberapa kasus, para publisher Google AdSense sering menawarkan kompensasi apabila iklan Google di klik.

8 Aturan Penempatan Iklan Google AdSense di Blog, No. 7 Astaga!

Gambar di atas menjelaskan semuanya. Perlu ditekankan, hal ini di larang keras dan tegas oleh Google.

7. Tayangan Iklan Google AdSense pada Laman Error 404 Page Not Found


Publisher di larang menempatkan iklan Google pada laman berbasis non-konten seperti Error, Log out, dan Log In.

8 Aturan Penempatan Iklan Google AdSense di Blog, No. 7 Astaga!

Umumnya, hal yang tampak seperti pada gambar di atas, dapat membingungkan para pengunjung untuk menanggapi konten yang sebenarnya.

Selain itu, beberapa aturan penempatan iklan Google AdSense di blog lainnya adalah:

  • Tayangan iklan Google tidak boleh ditempatkan di laman chat, pesan instan, dan komentar yang disegarkan secara otomatis
  • Iklan tidak boleh disematkan di dalam pesan email; dan tidak boleh menampilkannya secara berdampingan dengan pesan email
  • Tidak diperbolehkan mengeklik iklan sendiri, meski pun dengan cara membuka halaman baru atau jendela baru (Open New Tab)
  • Iklan Google tidak diperbolehkan tampil di situs yang memasang Pop-under
  • Iklan Google dilarang ditampilkan di situs pembingkaian konten; situs yang menampilkan situs orang dalam bentuk bingkai atau jendela

Untuk keterangan informasi lebih lanjut, sobat bisa menyimak artikel resminya disini, Bantuan AdSense: Kebijakan Penempatan Iklan Google AdSense.

Itulah artikel lengkap tentang kebijakan dan aturan penempatan iklan yang dilarang dan melanggar kebijakan adsense. Ok semoga berguna.
Share To:

Arief Ghozaly

Post A Comment:

2 comments so far,add yours

Sarbaini mengatakan...

Mau tanya mas. Sy punya 4 blog dgn 2 email yg berbeda. Masing2 blog sy pasang 4 unit iklan. Jd total unit iklan yg ada di adsense sy ada 16. Apa itu mlanggar kbijakan adsense juga mas. Terima kasih

Arief Ghozaly mengatakan...

(1.) Tidak masalah gan. Bahkan saat ini tidak ada larangan seberapa banyak unit iklan AdSense yang ditayangkan di suatu blog. Singkatnya, boleh menayangkan 4 unit iklan. Boleh juga 5. Ini untuk satu buah blog. Yang penting blog itu tidak melanggar kebijakan AdSense.

(2.) Lebih baik buat SATU buah unit iklan saja, terus di sebar di semua blog. Tidak melanggar kok. Cuma kekurangannya, CPC RPM dan lain-lain sulit diidentifikasi karena satu unit iklan disebarkan di semua blog.