Fakta SEO: Meta Tag Deskripsi Blog bukan Lagi Faktor Penentu Peringkat (Ranking) Blogspot

Sejak pertama kali memulai aktifitas blogging, kita mengetahui dan mengenal 3 jenis deskripsi di blogspot; (1.) deskripsi artikel, (2.) meta deskripsi blog, dan (3.) deskripsi blog dari setting Blogger.

Yang menjadi topik kita kali ini adalah deskripsi blog yang menggunakan atribut meta. Di bawah ini lho... contoh kode meta yang menampilkan deskripsi blog!

<meta content='Sebuah blog sederhana tentang Tutorial Blogging, SEO dan Template Blogger SEO gratis download!' name='description'/>

Fakta SEO: Tag Meta Deskripsi Blog bukan Lagi Penentu Ranking

Perlu diketahui, beberapa tahun yang lalu, meta tag yang bertugas menampilkan deksripsi blog ini memang dijadikan acuan dan penentu peringkat blog di halaman pertama Google. Masalahnya, Google tidak lagi memberlakukan sistem seperti itu.

Fakta SEO: Tag Meta Deskripsi Blog bukan Lagi Penentu Ranking


Google, melalui laman resminya, "Google Doesn't the Keyword Meta Tag in Web Ranking," memaparkan bahwa atribut meta tag deskripsi bukan lagi faktor penentu ranking blog di halaman pertama Google.

Berdasarkan informasi tersebut, Robot dan/atau Crawler Google tidak akan lagi mengidentifikasi meta tag ini.

Melalui laman resmi tersebut pula, deskripsi artikel yang di isi secara manual masih dijadikan peran penting dari sisi SEO. Selain itu, fungsinya juga menunjang peringkat artikel di Search Engine Result Page (SERP).


Percaya atau tidak, materi ini berkaitan erat dengan algoritma UX Experience dan Pengaruh Template Blogger SEO. Sila di simak artikelnya langsung.

Cara Membuat dan Memasang Meta Tag Deskripsi Blog


Nah, kenapa saya membuat sub-judul cara memasang tag meta deskripsi blog di blogspot?

Karena nyatanya, hal ini hanya berlaku untuk mesin pencari Google. Bing, Yahoo, MSN, dan Yandex masih menggunakan meta tag deskripsi blog sebagaimana cara kerja algoritma mereka dan acuan peringkat situs.

1. Masuk ke Blogger > Theme > Edit HTML
2. Copy (Salin) kode di bawah ini:

<meta content='silakan isi deskripsi blog sebanyak 150 karakter, perhitungan termasuk spasi' name='description'/>

3. Silakan edit sebagaimana deskripsi blog yang diinginkan
4. Simpan template blogger

Jika ingin menggunakan dan memasangkannya di blogspot, pastikan isi dengan kalimat yang singkat, padat, dan jelas serta mudah dipahami. Ok semoga berguna.
Share To:

Arief Ghozaly

Post A Comment:

0 comments so far,add yours