Tutorial: Cara Jitu Mengatasi Video YouTube yang di Blokir Negara Tertentu di Seluruh Dunia!

Lagi main YouTube tiba-tiba muncul pesan error, "This video is not available in your country," atau dalam bahasa Indonesianya, "Video ini tidak tersedia di negara Anda."

Dalam beberapa kasus, pesan error yang muncul bukanlah itu, melainkan ini, "The uploader has not made this video availabel in your country." Apa gerangan? Bagaimana cara mengatasi dan menghindarinya?

Penyebab munculnya pesan error tersebut karena memang video itu tidak tersedia, tidak ditampilkan, atau tidak diperuntukkan untuk ditampilkan di negara-negara tertentu oleh si pemilik video.

3 Cara Jitu Mengatasi Video YouTube yang di Blokir Negara Tertentu

Nah... Mulai sekarang jangan salahkan pihak YouTube, karena ini masalah kebijakan si pemilik video. Selain itu, masalah lainnya adalah dikarenakan karena masalah lisensi, kebijakan pemerintah, individu, kelompok, batasan umur, dan hal lainnya.

Apapun masalahnya, di bawah ini saya akan membeberkan tutorial bagaimana cara membuka video YouTube yang di blokir oleh suatu negara di seluruh dunia.

3 Cara Jitu Mengatasi Video YouTube yang di Blokir Negara Tertentu


YouTube melalui laman How to Bypass YouTube Region Filtering atau Cara Melewati Filter Regional YouTube, menjelaskan bahwa:

YouTube uses your computer IP address to determine your physical location / country. In order to bypass these country-specific restrictions on YouTube, try this trick:

If the URL of the YouTube video is http://www.youtube.com/watch?v=yEwD36Dk1jw

- just replace the /watch?v= part with /v so your new URL becomes http://www.youtube.com/v/yEwD36Dk1jw


3 Cara Jitu Mengatasi Video YouTube yang di Blokir Negara Tertentu

Inilah tutorial cara jitu mengatasi video YouTube yang di blokir negara tertentu di seluruh dunia!

  • Cari alamat (URL) dari video tersebut, contohnya ini: http://www.youtube.com/watch?v=9852952u9g
  • Hapus watch?v= dan ganti dengan v/
  • Hasilnya kurang lebih akan tampak seperti di bawah ini: http://www.youtube.com/v/9852952u9g
  • Tekan tombol ENTER dan selamat menonton!

Cara lain yang bisa dilakukan untuk menonton video YouTube yang di blokir negara tertentu, ialah dengan cara mengandalkan Proxy gratis. Silakan cari di Google, "Free Proxy Online." Silakan gunakan secara bebas.


Selain itu, cara lain mengakses video YouTube yang di blokir negara ialah dengan cara memanfaatkan dan menggunakan jasa VPN. VPN tersedia dalam 2 versi yang berbeda, baik gratis maupun berbayar (Premium). VPN di buat khusus berfungsi pada PC, atau pun Android, iOS, dan Tablet.

Jika tidak memungkinkan, coba gunakan Extension Google Chrome seperti AnonymoX Chrome Webstore.

Selamat! Kini sobat baru saja menjebol atau meretas video YouTube yang di blokir oleh suatu negara, dan bisa melihat/menonton video YouTube tersebut tanpa takut melanggar peraturan negara atau geografis dari suatu negara. Ok semoga berguna.
Share To:

Arief Ghozaly

Post A Comment:

1 comment so far add yours

Anonymous mengatakan...

Thx berat gan membantu banget
Ane youtubers dengan skill reupload :v