Apa Alasan, Kenapa dan Penyebab Blog Terhapus tanpa Pemberitahuan dari Google?

Blog di hapus oleh Google padahal tidak melanggar TOS Google? Siapa yang salah? Apakah Google, atau sobat sendiri?

Itulah yang topik yang akan kita bahas kali ini, dan jawabannya sudah tertulis di dalam artikel kali ini.

Berdasarkan literatur online also know as Googling, ada beberapa ketentuan dan kebijakan yang diberlakukan oleh Google sebagai pedoman bagi mereka yang menggunakan Blogspot sebagai media Blogging-nya; diantaranya adalah:

  • Blog yang menerbitkan konten secara otomatis; baik dilakukan dengan memanfaatkan Script atau pun RSS Feed
  • Pemasaran afiliasi dengan tautan link yang bersifat Dofollow
  • Blog yang mengalihkan trafik ke situs lain
  • Situs yang memuat konten dewasa
  • Dihapusnya blog yang memuat konten pelanggaran; seperti teknik-teknik meeretas program aplikasi yang memiliki Hak Cipta (Copyright)
  • Situs yang memuat artikel tentang Hack, Crack, dan penyebaran kata sandi milik orang
  • Blog yang menyediakan file-file Torrent (download) dan Streaming Video

Di atas adalah alasan dan penyebab kenapa blog/situs di hapus oleh Google. Nah, masalahnya, bukan itu penyebabnya.

1 Penyebab Blog Terhapus Tiba-tiba tanpa Pemberitahuan dari Google

Kita tahu, semua penyebab yang sudah diuraikan di atas sudah tertulis dan kita baca pada lamannya -- tepat ketika membuat blog di Blogger. Masalahnya, kita tidak pernah melanggar TOS Google tersebut.

Pertanyaannya, apa alasan dan penyebab blog di hapus oleh Google sedangkan kita tidak melanggar ketentuan dan kebijakan dari Google?

1 Penyebab Blog Terhapus Tiba-tiba tanpa Pemberitahuan dari Google


Penyebabnya hanya satu, yakni menghapus akun Google+. Berdasarkan Pedoman Komunitas Blogger, menghapus akun Google+ sama saja menghapus produknya yang terkait dengan akun email tersebut.

Seperti yang kita, satu akun Google+ akan saling terintegrasi dengan produk lainnya.

Contohnya, sobat memiliki dan menggunakan email dengan alamat emailku@gmail.com. Email ini sobat gunakan untuk dipasangkan di Android, Google+, Blogger, Google Drive, Picasa Google, Google Play Game, Google Play Service, dan lain-lain.

Ketika akun emailku@gmail.com ini di hapus; baik digunakan untuk Blogger, GP Service, GP Game, Google Drive, dan lain-lainnya... maka secara tidak langsung akan ikut terhapus secara otomatis. Dan itu, menyeluruh...!!!

Pengalaman: Blog Dihapus oleh Google secara Tiba-tiba dan Mendadak


Ini pengalaman pribadi saya, ketika baru-baru saja memulai aktifitas blogging. Saya tahu, Blogger itu punya TOS-nya, sebagaimana situs-situs besar lainnya seperti Instagram, Twitter, Facebook, dan lain-lain.

Suatu ketika, beberapa tahun yang lalu, saya tidak sengaja menghapus akun Google+ yang terpasang di Smartphone (Android). Agak sulit sih, tapi saya menghapusnya secara paksa.

TEPAT sebelum menghapus akun G+ muncul notifikasi (pemberitahuan), masalahnya... saat itu saya tidak membaca notifikasi yang ditampilkan. Alhasil, saya langsung menekan tombol Hapus tanpa memikirkan resikonya.

Yang sangat disayangkan, pada notifikasi tersebut, dituliskan secara jelas bahwa, "Menghapus akun Google+ sama saja menghapus semua produk dan layanan yang terkait dengan akun tersebut,".

Pada tahap ini, saya berhasil menghapus akun G+ tersebut di Android saya. Anehnya saya masih bisa LOGIN dengan akun tersebut, dan menulis berbagai artikel di blog saya saat itu.

Tidak lama berselang, blog tersebut di hapus secara tiba-tiba (mendadak) oleh Google. Akun G+ nya pun juga ikut terhapus. Ternyata oh ternyata... Setelah menekan tombol Hapus tersebut, sebenarnya Google memberikan masa tenggang untuk mengembalikan akun Google+ yang terhapus tersebut selama 2 minggu lamanya.

  • URL: www.ariefghozaly.com
  • Niche: Teknologi dan Sejarah Aceh
  • Domain: TLD - Rumahweb
  • Posting: 300 artikel asli (orisinil)
  • Organic Traffic: 800 trafik organik per harinya

Artikel ini sebenarnya berkaitan erat dengan Efek Menghapus akun Google+ bagi Blog dan SEO. Hanya saja, artikel ini lebih detail dalam penjelasannya.

Jadi itulah alasan kenapa dan penyebab blog di hapus oleh Google secara mendadak tanpa pemberitahuan dari Google. Jadikan artikel ini sebagai pengalaman, semoga berguna.*
Share To:

Arief Ghozaly

Post A Comment:

1 comment so far add yours

Anonymous mengatakan...

TQ suhu atas impohnyah