Apa itu Hijack? Tutorial: Cara Mengatasi, Menghindari dan Memperbaiki Hijacking pada Browser

Hijack atau Hijacking ialah suatu kegiatan yang berusaha masuk secara paksa ke dalam suatu sistem (menyusupi, - penyusup).

Sistem yang seperti apa sih?

Contohnya banyak banget; seperti misalnya Operating System (OS), program aplikasi (perangkat lunak, software), situs web, dan masih banyak lagi.

Nah, masih berkaitan dengan dunia Hijacking, yang akan dibahas kali ini adalah bagian program aplikasinya, lebih tepatnya Google Chrome, Safari, UC Browser, Mozilla Firefox, dan lain-lain.

Pengertian HIJACK dan Cara Mengatasi HIJACKING di Browser

Tahukah sobat bahwa kriteria atau ciri-ciri browser lemot, lambat, macet, atau lelet disebabkan terjadinya Hijacking pada Google Chrome, Safari, UC Browser, dan Mozilla Firefox?

  • Home page browser berubah
  • Add Ons yang tidak dikenali ternyata ter-install secara otomatis
  • Banyak tools-tools yang terpasang di bagian Toolbars browser
  • Banyaknya injeksi iklan di saat Googling
  • Mesin pencarian yang digunakan berubah otomatis; padahal awalnya Google atau BING

Poin-poin di atas merupakan beberapa kriteria, ciri-ciri, atau gejala browser terkena Hijack. Jadi, harap cek dan amati browser yang sobat gunakan saat ini.

Jika ada indikasi-indikasi yang sesuai dengan poin-poin di atas, ada kemungkinan browser tersebut terkena serangan Hijacking.

Apa-Apa Saja Penyebab Hijacking?


Adware adalah masalah utamanya. Adware seringkali dijadikan korban sebagai tempat untuk disematkan Installer Freeware oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Beberapa penyebab lainnya ialah:

  • Download aplikasi dari situs Non-Resmi
  • Tidak sengaja tombol Download pada iklan-iklan di blog atau situs Torrent download
  • Download suatu FILE/DATA dari email tanpa tahu isinya

Di bawah ini ada tips dan trik bagaimana cara mencegah dan mengatasi Hijacking di browser dengan panduan yang lengkap, mudah, dan prosesnya cepat. Silakan simak baik-baik di bawah ini.

Cara Mencegah dan Menghindari Hijacking di Browser


Strategi dan teknik ini saya kumpulkan dari berbagai informasi, selain itu mudah untuk diterapkan.

  • Situs yang menyediakan Freeware gratis harus aman
  • Aplikasi yang di install, tidak serta merta melakukan instalasi Installer Freeware secara otomatis (Ket. harus ada persetujuan dari kita)
  • Jika ingin download aplikasi, jangan salah tekan tombol download
  • Pada opsi instalasi, -- tepat ketika instalasi program aplikasi sedang dilakukan, pastikan menghilangkan centang OKE pada beberapa opsi instalasi seperti penambahan Tools, Toolbars, dan seterusnya
  • Baca, teliti, dan amati segala ketentuan dan kebijakan dari program aplikasi tersebut sebaik mungkin

Dalam beberapa kasus, Hijacking seringkali memanfaatkan celah Attachment File yang masuk ke email. Ketika di unduh, Hijack akan bekerja secara otomatis. Jadi, berhati-hatilah apabila dikirimkan FILE/DATA oleh orang yang tidak di kenal.

Cara Mengatasi Hijack yang Efektif, Benar, dan Tepat


Untuk menghapus atau mengilangkan Hijack pada tahap pertama, kita membutuhkan aplikasi yang bernama ADW Cleaner.

Aplikasi ini nyatanya mampu menghapus segala tindakan Hijacking secara ampuh dan jitu. Jika ingin mendapatkannya, silakan ketuk tombol download di bawah ini:


Selain itu, sobat juga bisa mencoba teknik mengembalikan semua SETELAN ke pengaturan pabrik. Kegiatan ini dikenal dengan istilah Reset Setting Browser (Opsional).

Praktisnya, kita akan mengembalikan segala sesuatu seperti pengaturan ini dan itu, menjadi ke pengaturan semula (default) sebagaimana yang telah ditentukan oleh pembuat dan pengembang program aplikasi tersebut; entah itu Google Chrome, Safari, Mozilla, dan lainnya.

Pengertian HIJACK dan Cara Mengatasi HIJACKING di Browser

Pada langkah selanjutnya, cara yang paling mutakhir menurut saya adalah menghapus perangkat lunak (program) yang tidak dikenali, mencurigakan, yang dikira bahaya, atau tidak pernah di install.

Perhatikan, hati-hati dalam menghapus program ini. Tidak semua program yang sobat tidak kenal, berbahaya bagi perangkat. Butuh orang yang ahli di bidang IT dalam pemecahan masalah ini. Silakan tinggalkan komentar di bawah ini, saya bantu.

Terakhir kalinya, cara tambahan dan rekomendasi dari saya pribadi, menghapus peramban browser yang sudah ada, lalu meng-installnya kembali. Kegiatan ini dikenal dengan istilah, Re-Install.

Itulah definisi apa itu Hijack dan cara mengatasi serta menghindari Hijacking pada browser Google Chrome, Mozilla Firefox, UC Browser, Safari, UC Browser, dan seterusnya.
Share To:

Arief Ghozaly

Post A Comment:

0 comments so far,add yours