Apa itu Organic Traffic? Bagaimana Cara Mendapatkan/Meningkatkan Trafik Organik dari Google?

Pengertian Organic Traffic adalah pengunjung situs yang berasal langsung dari halaman Google. Contohnya, mereka mengetik suatu kueri pencarian di Google, lalu masuk ke artikel sobat! Nah inilah yang disebut trafik organik.

Trafik organik dan trafik media sosial itu berbeda. Jika trafik organik dilakukan/didapatkan dari langkah-langkah SEO On Page, maka trafik yang didapatkan dari sosial media mengandalkan materi SEO Off Page.

SEO On Page adalah strategi optimasi situs guna menjaring banyak pengunjung dengan cara optimasi di bagian dalam blogspot (Internal. Contoh: Tag Meta SEO); sedangkan SEO Off Page merupakan strategi SEO optimasi blog guna mendapatkan pengunjung dengan cara mengandalkan sosial media (Eksternal. Contoh: Google AdWords).

Selalu ingat... Sebaik-baiknya trafik ialah trafik organik, sedangkan backlink terbaik adalah backlink yang diperoleh langsung dari Google+. Namun, kini backlink sudah mati dan telah digantikan dengan Knowledge Baset Trust (KBT).

Pengertian Trafik Organik dan Cara Mendapatkan Organic Traffic dari Google

Oh yes... Sedikit banyaknya, visitor organik ini ada kaitannya dengan Algoritma UX Experience yang pernah dibahas sebelumnya; tentang bagaimana cara robot Google dalam melakukan Crawling/Indexing sebuah situs web.

Pengertian Trafik Organik dan Contohnya


Seperti yang dijelaskan di atas, definisi trafik organik adalah pengunjung yang masuk ke situs kita -- berasal dari Search Engine Result Page (SERP) berdasarkan kueri yang mereka ketik.

Contohnya, silakan ketik di Google, "Pengertian Trafik Organik."

Situs saya ini, SEO Killer Tips berada di halaman pertama Google, kan? Klik sekali dan masuk artikel tersebut. Tada! Alhamdulillah... Saya mendapatkan satu buah pengunjung organik XD

Oh iya, beberapa ahli, pakar dan master SEO blogging mengatakan bahwa istilah lain dari trafik organik adalah visitor alami, pengunjung alami, atau trafik alami blog.

Istilah trafik organik bukan hanya merujuk ke Search Engine terbesar kita, Google. Istilah ini dapat digunakan untuk Search Engine lainnya seperti Bing, MSN, Yahoo, Yandex, Baidu, AOL, dan seterusnya.

Cara Mendapatkan Trafik Organik dari Google


Mendapatkan atau meningkatkan trafik organik dari Google, sama saja kaitannya dengan memperkuat kualitas SEO sebuah situs, kan?

Ujung-ujungnya pasti mengarah ke halaman pertama Google, atau Page One Google.

Uniknya, para pakar dan ahli blogger dunia, menerangkan bahwa halaman pertama Google tidak penting seperti dulu. Toh, trafik bukan hanya didapatkan dari SEO On Page, dari strategi dan teknik SEO Off Page juga bisa! :)

1. Mendaftarkan Blog ke Search Engine Google, Bing & Yandex


Google, Bing, dan Yandex adalah mesin-mesin pencari terbesar dan populer di dunia; khususnya Google.

Jika sobat ingin mendapatkan trafik organik, maka mau tidak mau, blog harus didaftarkan ke Search Console Google. Sobat juga bisa mempraktekan Cara Daftar Blog ke Bing maupun Yandex sekaligus.

Jangan lupa, daftarkan situs ke DuckDuckGo!

Sampai saat ini, mesin pencari DuckDuckGo! tidak memiliki laman webmaster. Terus bagaimana caranya? Silakan cari di Google. Alhamdulillah, blog ini sudah didaftarkan ke DuckDuckGo! 2 tahun yang lalu.

2. Mengikuti Perkembangan Algoritma


Guna meningkatkan trafik organik situs, sobat harus mengikuti perkembangan algoritma terbaru Google.

Algoritma Google yang cukup penting untuk diikuti adalah algoritma Knowledge Based Trust, MobileGeddon, Hummingbird, Penguin, dan Domain Authority & Page Authority.

Kelima algoritma di atas menentukan peringkat (ranking) situs sobat di halaman pertama Google.

Semakin bagus penerapan, teknik dan strategi SEO yang diterapkan, semakin bagus pula posisi peringkat sobat di halaman pertama Google; semakin banyak pula trafik organik blog yang didapatkan!

3. Template Blogger SEO, Berkualitas, dan Bernilai Tinggi


Pada hakikatnya, template berpengaruh besar terhadap Organic Traffic.

Beberapa kriteria atau ciri-ciri tema Blogger yang baik adalah (1.) SEO Ready, (2.) Fast Loading, (3.) Responsive, dan (4.) User Friendly.

Mau yang gratis? Ada, banyak banget. Silakan cek di Template Blog SEO atau lihat Sitemap.

Jika sobat ingin menggunakan template blogger premium (berbayar), dan tertarik ingin membelinya, silakan cek SEO Kraken Blogger Theme. Barangkali cocok untuk sobat :)

4. Artikel yang Berkualitas dan Bernilai Tinggi


Artikel atau postingan yang bernilai tinggi adalah artikel yang mengedepankan kualitas, bukan kuantitas.

"Jangan buat artikel untuk kami, tapi buatlah artikel untuk pembaca. Kami melihat (menilai) dari kualitas, bukan kuantitas" Google.

Content is Still King! Konten adalah raja.

Seberapa baik dan bagus strategi SEO yang sobat terapkan, tidak akan bekerja sebagaimana mestinya apabila konten tidak berkualitas.

Kesimpulan Sederhana


Dari berbagai materi yang telah dipaparkan di atas, dan beberapa tautan situs tambahan, dapat disimpulkan bahwa halaman pertama Google itu penting.

Praktisnya begini, ketika sebuah postingan blog di halaman pertama Google, otomatis akan mendapatkan Organic Traffic.

Lambat laun, Organic Traffic ini akan terus meningkat. Ketika trafik organik terus bertambah, tentu akan mempengaruhi UX Experience dan Domain & Page Authority.

So, bagian mana lagi yang belum dipahami? Silakan tanyakan di kolom komentar, dan akan saya balas satu per satu!

Itulah pengertian trafik organik, cara mendapatkan dan meningkatkan Organic Traffic dari Google secara alami dengan benar dan tepat. Ok semoga berguna.*
Share To:

Arief Ghozaly

Post A Comment:

12 comments so far,add yours

Spot Channel mengatakan...

Thanks gan atas informasinya, telah membantu yang newbi ini.. thaks before.

lokman amirul mengatakan...

Saya setuju sangat apa yg kamu jelaskan...majoriti trafik blog saya dari organik trafik dari Google.

Arief Tirtana mengatakan...

masih bingung istilah-istilah yg disampaikan.maklum pemula.

Arief Ghozaly mengatakan...

Gak masalah gan asalkan agan mau belajar, semua itu butuh proses. Saya juga pernah melewati masa-masa itu :)

kania manis aja mengatakan...

tapi ada sedikit kendala bagi saya
mungkin kalo bagi saya adalah cara untuk mendatangkan pengunjung organik yang sangat susah dan memerlukan tahap dan waktu yang banyak karena tidak semua orang tahu cara mempromosikan blog yang benar untuk mendatangkan pengunjung yang melimpah apakah ada saran atau nasihat buat saya supaya bisa mendatangkan pengunjung organik.

Arief Ghozaly mengatakan...

Semua poin sudah dijelaskan diatas, terutama Template Blogger yang benar-benar SEO Optimized dan Artikel Berkualitas. Content is Still King!

ebleh wases mengatakan...

wah masing bingung nerapin n mahaminya,,maklum nubita,makasih gan atas infonya

Rani mengatakan...

untuk itu semua butuh waktu berapa bulan mas??

Arief Ghozaly mengatakan...

Saya pribadi butuh 1 bulan penuh untuk dapetin trafik organik secara alami, yang pasti hampir semua konten di saat itu sudah bertengger di Page-One (urutannya bebas).

Bilal Syahid mengatakan...

trafik organik saya masih diangka 400-500 per hari untuk blog umur 1 tahun. apakah itu bagus?

Arief Ghozaly mengatakan...

Masih kurang pak. Saran saya, berbagi saja di sosial media (SEO Off Page), apalagi kalo topiknya viral seperti Hipwee, Kaskus, dll.
Tingkatkan lagi internal link, dan widget feed berdasarkan label/kategori di sidebar dan footer.

Arief Ghozaly mengatakan...

Tq mas lokman, sukses terus mas!
:ntaps