Fakta: Iklan Google AdSense bisa di Pasang di 500 Blogspot dan Top Level Domain

"Mas, satu akun Google AdSense bisa di pasang untuk berapa banyak blog, sih?" Tanya salah satu member komunitas Blogger Indonesia.

Jawabannya adalah 500 blog yang berbeda-beda, baik itu blog gratis Blogspot.Com, maupun blog yang sudah di Custom Domain - Top Level Domain seperti .Com, .Net, .Or.ID, .Org, dan lain-lain. Mengapa bisa begitu? Ya, karena ketentuannya sudah begitu.

Sebelumnya, saya ingin meluruskan bahwa akun Google AdSense itu terbagi dalam 2 jenis yang berbeda, Google AdSense Hosted dan Google AdSense Non Hosted.

Iklan Google AdSense bisa di Pasang di 500 Blogspot & Top Level Domain

Perbedaan Google AdSense Hosted dan Non Hosted terletak di mitra host - Hosted masih bermitra dengan Google, sedangkan Non Hosted sudah tidak bermitraan lagi. Rinciannya, bisa di lihat disini: Perbedaan Google AdSense Hosted dan Non Hosted.

Pengertian Otorisasi Situs (Authorise Sites)


Sebelum ke tahap lebih lanjut, ada baiknya mengenal apa itu Otorisasi Situs.

Otorisasi Situs, atau di sebut juga "Authorise Sites", adalah sebuah fitur/layanan yang berfungsi mencatat informasi dan penghasilan serta menjaga unit iklan agar tidak di curi oleh orang lain.

Otorisasi Situs juga bermanfaat mencatat seluruh penghasilan yang nantinya akan di anggap sah oleh Google AdSense. Contoh pencatatan yang dilakukan berdasarkan CTR, RPM, BPK, dan lain-lainnya sebagaimana pergerakan Google Analytics.

Semisal, sebuah blog apablia dipasangkan unit iklan Google AdSense sedangkan situsnya tidak didaftarkan di otorisasi situs domain, maka penghasilannya tidak akan di catat secara SAH oleh Google AdSense. Namun, apabila situsnya terdaftar, maka seluruh penghasilan akan di anggap SAH dan masuk ke rekening Google AdSense pada saat itu juga.

Selain itu Otorisasi Situs cocok digunakan pada program periklanan Joint Venture Google AdSense.

Singkatnya, tidak penting apakah akun itu Google AdSense Hosted atau pun Non Hosted, selama ke 500 tersebut merupakan blog-blog yang sesuai dengan pedoman Google, maka aman untuk didaftarkan di Otorisasi Situs.*
Share To:

Arief Ghozaly

Post A Comment:

4 comments so far,add yours

ibzyarjr mengatakan...

wah klaw ada yang punya 500 blog dah. kaya raya tu...

Arief Ghozaly mengatakan...

Betul gan :ntaps

Hendry Adriansyah mengatakan...

Saya kok cari2 info ini gk ada yg resmi dari Googlenya ya?

Arief Ghozaly mengatakan...

Sebenarnya sengaja sumber referensinya tidak disertakan di dalam artikel, mengingat banyaknya blogger Copas.

Jadi, kalau ada para pembaca yang bertanya, biasanya para blogger Copas nggak bisa jawab. Sumber referensinya ada disini: https://support.google.com/adsense/answer/126138