Bagaimana Dampak, Efek dan Pengaruh HTTP yang Berubah Menjadi HTTPS bagi Blogspot?

Hypertext Transfer Protocol (HTTP) adalah protokol jaringan yang berfungsi mengatur komunikasi antara Client dan Server.

Client artinya web browser yang bertugas mengakses, menerima, dan menampilkan konten dari sebuah situs. Cara kerjanya ialah Client melakukan permintaan ke Server, lalu Server memberikan tanggapan ke Client.

Semua kegiatan tersebut di atur oleh prokotol jaringan. Dan protokol jaringan ini disebut HTTP.

Perbedaan Protokol Jaringan HTTP dan HTTPS


Setidaknya ada 3 perbedaan antara HTTP dan HTTPS; dimulai dari sisi Security (Keamanan), Port, dan Secure Socket Layers (SSL).

  • Memilih untuk menggunakan HTTPS berarti menjaminkan data yang lebih aman dan terjaga karena data di autentikasi langsung oleh Server.
  • Port yang digunakan HTTP merupakan Port 80, sedangkan HTTPS menggunakan Port 443.
  • HTTP memanfaatkan Client dan Server sebagai protokolnya, sedangkan HTTPS harus memiliki sertifikat SSL untuk menjalan misi prokotolnya.

SSL bersifat enkripsi data yang ditransmisikan antara Client dan Server. SSL memungkinkan berbagi informasi penting seperti No. HP, kartu kredit, Login Credential, dan data-data rahasia lainnya secara aman.

2 EFEK dari Perubahan HTTP Menjadi HTTPS bagi Blogspot

Praktisnya, HTTPS sangat aman dan direkomendasikan untuk digunakan karena HTTPS punya kelebihan yang lebih baik dibandingkan HTTP.

2 EFEK dari Perubahan HTTP Menjadi HTTPS bagi Blogspot


1. HTTPS Bagus untuk SEO


Dalam ilmu blogging khususnya dibagian materi SEO, HTTPS merupakan salah satu faktor yang menentukan peringkat suatu artikel dan situs di halaman telusur mesin pencari.

Google mengatakan, "HTTPS memiliki otorisasi situs yang lebih baik dibandingkan situs yang menggunakan HTTP."

2. Tampilan Blogger yang Rusak


Mengubah, mengganti, atau mengalihkan HTTP ke HTTPS di blogspot sebenarnya memiliki resiko yang cukup gawat, yakni tampilan blog akan rusak (error!).

Perlu dipahami, protokol jaringan HTTP dan HTTPS itu berbeda.

Jika blog sudah dialihkan ke HTTPS sedangkan di dalam template blogger ada kode HTML dan Script berupa URL (pihak ketiga) yang berawalan HTTP, dipastikan tampilan situs akan error.

Permasalahan rusak atau tidaknya tampilan blog, ditentukan oleh situs dari pihak ketiga tersebut.

Jika situs tersebut hanya mendukung HTTP, maka tidak masalah. Namun, apabila situs pihak ketiga tersebut menggunakan HTTPS sedangkan sobat tidak memasangkan URL situs tsb sebagaimana mestinya, bisa dipastikan tampilan situs sobat akan berantakan.

Salah satu contoh yang paling mudah dipahami dan diketahui adalah Font Awesome. Berikut praktek yang saya maksud:

  • Masuk ke Blogger > Cari Font Awesome
  • Ubah URL situsnya, dari HTTPS ke HTTP (http://www.fontawesome.com/)
  • Alihkan URL blogspot dari HTTP ke HTTPS
  • Simpan template blogger dan lihat hasilnya

Beberapa kode yang menampilkan ikon Font Awesome akan hilang. Contoh lainnya adalah Fonts Google. Praktekkan dengan cara di atas, dan bisa dipastikan Font tidak akan berubah seperti yang telah ditentukan.

Itu hanya beberapa dampak dan pengaruh dari perubahan HTTP ke HTTPS. Beberapa materi yang perlu diketahui lainnya adalah Efek dari Migrasi HTTP menjadi HTTPS di Blogspot dan Cara Migrasi dari HTTP ke HTTPS di Blogspot.
Share To:

Arief Ghozaly

Post A Comment:

4 comments so far,add yours

Lin Vidia mengatakan...

Halo mas Algazali, ada sedikit tambahan dari saya. Kalau http dirubah jadi https membuat beberapa tamppilan icon blog diblok misalkan icon sosial media, icon menu blog dan side bar (icon jempol) terutama di mozila tapi chrome tidak, saya sendiri mengalaminya.

Mohon bantuannya mas Al, ketika saya mengaktifkan kembali http kenapa saat browsing kita nemu url artikel kita sudah jadi http tapi saat diklik (masuk ke halaman) masih https? apa mesin telusur butuh waktu membaca kembali url laman yang pernah dirubah ke https kemudian dikembalikan lagi ke http?

Cara mas Al sendiri bagaimana mengatasinya? saya sudah kebingungan gan, mohon penjelasannya:) terima kasih..

Algazali Official mengatakan...

Saya belum mencobanya mbak sehingga saya sendiri tidak bisa menjawabnya.

Hanya saja saya mengubah HTTP menjadi HTTPS di dalam template blogger, tujuannya agar berjaga-jaga apabila pengunjung mengaksesnya melalui fitur HTTPS sehingga tampilan blog tidak rusak atau tidak acak-acakan. Sudah saya buktikan berhasil, baik melalui PC maupun smartphone (mobile).

deady ady mengatakan...

terus pada webmaster gmn gan?
kan berbeda pendaftaran properti http dan https
apakah harus didaftarkan keduanya?
kalau didaftarkan keduanya, terjadi duplikat konten tidak ??

Dzaky Dewan mengatakan...

Kebetulan saya masih baru dalam ngeblog, jadi saya perlu artikel ini, ijin bookmark ya gan!