Pengertian Matched Content Google AdSense dan Cara Mendapatkan/Membuat Matched Content Google AdSense

Matched Content (Iklan yang Disesuaikan) adalah alat rekomendasi gratis yang menawarkan cara mudah untuk mempromosikan konten kepada pengunjung situs.

Bentuk tayangan iklan Matched Content terbagi dalam 2 tampilan yang berbeda; (1.) Matched Content seperti Related Posts, dan (2.) Matched Content seperti Recent Posts atau Random Posts.

Ada beberapa manfaat dan tujuan Matched Content, diantaranya adalah meningkatkan tampilan laman situs (Pageviews/Bounce Rate), waktu yang dihabiskan (UX Experience), loyalitas pembaca, tayangan iklan (impresi), dan pada akhirnya pendapatan iklan.

Pengertian Matched Content & Cara Mendapatkan Matched Content Google AdSense

Pada dasarnya, Matched Content menampilkan artikel yang ada di dalam blog itu juga, sebagaimana artinya yakni konten yang sesuai. Namun, dalam beberapa kasus, Matched Content juga menampilkan daftar artikel dari situs luar yang memiliki topik yang hampir mirip.

Beberapa Hal Penting tentang Matched Content Google AdSense


Ada beberapa hal yang harus diketahui tentang unit "Konten yang Sesuai" yang dijelaskan oleh Google pada laman Tentang fitur Konten yang Sesuai, diantaranya adalah:


  • Konten yang dihadirkan (ditampilkan) merupakan konten yang relevan kepada pengguna situs, guna meningkatkan tampilan laman (Pageviews) dan waktu yang dihabiskan di situs (UX Experience)
  • Matched Content dapat diletakkan dimana saja pada situs yang layak
  • Rekomendasi akan bersifat internal, misalnya, apabila sobat memiliki 2 situs yang berbeda, maka rekomendasi Matched Content yang akan ditampilkan nantinya akan bersifat menyesuaikan dengan situs tersebut
  • Matched Content bekerja dan berfungsi dengan baik pada ponsel/smartphone, tablet, dan desktop.
  • Jika situs yang dimaksud ternyata sebagian besar artikelnya tidak memiliki gambar, maka Matched Content yang akan ditampilkan nantinya hanya dalam bentuk format teks saja

Selain itu, Kebijakan program Google AdSense juga tetap berlaku untuk halaman yang berisi Matched Content dan tidak valid apabila digunakan dalam bereksperimen.

Validitas: Layak atau Tidaknya Situs terhadap Matched Content


Sebagaimana ketentuan program periklanan AdSense, untuk mendapatkan Matched Content ada 2 persyaratan (kelayakan) yang harus dipahami karena memiliki arti yang berbeda.

  • Saat ini belum layak untuk menggunakan konten yang sesuai: Artinya, situs belum memenuhi persyaratan minimum untuk volume trafik dan jumlah halaman yang unik
  • Layak untuk menggunakan Konten yang sesuai: Artinya, situs memenuhi persyaratan minimum Google dari segi volume traffic dan jumlah halaman unik

Beberapa fakta dan mitos tentang Matched Content yang tersebar di kalangan Blogger Indonesia, meliputi yang diantaranya:

  • Jumlah trafik yang didapatkan harus di atas puluhan ribu Pageviews (Keliru, faktanya hanya ribuan saja)
  • Setidaknya memiliki 450 artikel (Keliru, faktanya 200 artikel pun bisa mendapatkan Matched Content)
  • Situs yang dimonetisasi secara optimal (Benar karena situs yang mendapatkan Matched Content merupakan situs yang memiliki penghasilan di atas rata-rata)
  • Konsisten menulis artikel (Keliru, tidak ada kaitannya konsistensi menulis dengan "Konten yang Sesuai")

Secara tidak langsung, tulisan di atas menggambarkan materi tentang bagaimana cara mendapatkan fitur Matched Content Google AdSense.

Cara Cek dan Mengetahui Blog/Situs diterima Matched Content


Guna mengecek dan mengetahui apakah blog/situs di terima Matched Content Google AdSense atau tidak (belum), silakan ikuti beberapa langkah instruksi mudah di bawah ini.

  • Login ke Google AdSense
  • Pada pavel navigasi sebelah kiri, klik Setelan > Klik Situs Saya
  • Di bagian Situs Saya, klik Konten yang Sesuai

Apabila dalam tahap ini sobat tidak melihat "Konten yang Sesuai" di bagian "Situs Saya", artinya saat ini situs sobat belum layak atau belum cocok menggunakan Konten yang Sesuai.

Pada laman "Konten yang Sesuai", periksa apakah situs tercantum atau tidak.

  • Apabila situs tercantum, sobat dapat menampilkan Matched Content yang sesuai di setiap halamannya
  • Jika tidak tercantum, artinya situs sobat tidak valid untuk Konten yang Sesuai

Apabila akun AdSense sudah di terima dalam program Matched Content, dan ternyata unit iklannya di pasang di situs yang tidak valid untuk Konten yang Sesuai, maka Google tidak akan menampilkan Matched Content di situs yang dimaksud (Ingat, ini bukan pelanggaran).

Cara Memasang Matched Content di Blog/Situs


Cara membuat Matched Content baru di blog:

  • Login ke akun Google AdSense
  • Di bagian sebelah kiri, klik Iklan Saya > klik +Unit Iklan Baru
  • Pilih Konten yang Sesuai
  • Gunakan Drop-Down di pojok kanan atas area pratinjau (preview) untuk melihat situs yang valid untuk Konten yang Sesuai
  • Silakan namai unit Konten yang Sesuai yang telah dibuat
  • Silakan modifikasi Gaya dan Ukuran yang sesuai dengan tampilan situs (pastikan bentuk Responsive!)
  • Di bagian Opsi Iklan, biarkan monetisasi dengan iklan AKTIF -- kecuali sobat memilih untuk tidak menampilkan iklan di unit Konten yang Sesuai
  • Klik Simpan dan Dapatkan Kode, silakan Copas kode Konten yang Sesuai tersebut di HTML template blogger dari situs sobat

Itulah pengertian Matched Content, cara mendapatkan, dan cara membuat/memasang Matched Content di Blogspot (Blogger). Ok semoga berguna.
Share To:

Arief Ghozaly

Post A Comment:

5 comments so far,add yours

ternyata harus punya trafiq tinggi ya..
pantesan ane cari2 gak ada...

Rhidona pratama mengatakan...

gan mau nanya nih gan. cara menerapkan iklan nya di blog gemna ya gan, kode script apa yang harus di ganti

Matsan Saga mengatakan...

Pengin segera...
Dapet pemberitahuan melalui email tentang Matched Content...

Asma mengatakan...

blog saya baru saja diterima oleh google adsense, apa ada kemungkinan saya juga bisa dapat matched content?

Naufal Sjahril mengatakan...

makasi infonya