Fakta SEO: Validasi HTML5, W3C dan CSS tidak Berpengaruh ke SEO Google

Hari ini saya mendapatkan informasi bahwa validasi HTML5, W3C dan CSS 100% yang dilakukan pada template blogger, faktanya tidak berpengaruh ke SEO Google.

Pengaruh atau efek yang dimaksud berkaitan erat dengan pemeringkatan (ranking) artikel/postingan blogspot di halaman pertama Google (Search Engine Result Page, SERP).

Dikutip langsung dari "W3C Compliance is Not an SEO Factor to Google #MattCutts," bahwa HTML5, W3C & CSS tidak berdampak terhadap pemeringkatan artikel dan situs pada laman SERP.

Bahkan, Google juga menjelaskan bahwa HTML5, W3C dan CSS lebih baik diabaikan. Yang pasti, selama situs tersebut aman-aman saja ketika dikunjungi oleh para pembaca, tampilan blog tidak rusak; HTML5, W3C dan CSS boleh diabaikan.


Namun, sekali lagi, itu hanya berlaku untuk mesin pencari Google. Lalu bagaimana dengan Bing, Yahoo!, Yandex, dan lainnya? Saya pribadi tidak mengetahuinya.

Akan tetapinya lagi... Sebaik-baiknya template blogger adalah template yang valid 100% terhadap HTML5, W3C dan CSS. Begitulah para praktisi SEO mengatakan.

Beberapa materi SEO lainnya yang mungkin tertarik untuk dibaca, diantaranya adalah Backlink Sudah Mati dan Meta Tag Keyword yang Sudah Dinonaktifkan oleh Google. Ok semoga berguna.
Share To:

Arief Ghozaly

Post A Comment:

1 comment so far add yours

must teguh mengatakan...

sori brow,..selama ini saya kurang percaya si Matt Cutts,..he he he,...pernyataannya soal SEO sering meleset dari kenyataan,..

memang kadang blogger banyak yg kurang menguasai cara agar blog mereka valid w3c, css, dan html5,

menurut saya sih, adanya kesalahan validasi pada ketiganya, bisa memperlambat indeksasi robot google, serta kemungkinan bisa menimbulkan beberapa eror pada schema.org, dan proses render halaman pada search console,

tapi sekali lgi, ini hanya opini saya,,.

wes ah,..cabuuuut,..adios