Jelaskan Apa, Kenapa dan Mengapa Komenter Blogspot harus Dimoderasi?

Mereka yang blogger pemula biasanya seringkali meninggalkan komentar spam di situs-situs besar tanpa memikirkan resiko pemilik situs.

Perlu diketahui, "Spam Comments" adalah salah satu musuh para blogger profesional.

Komenter spam identik dengan Anchor Text, suatu kata atau kalimat yang disisipkan dengan tautan situs. Apabila di klik, akan mengarah ke situs si komentator.

2 Alasan Kenapa Komenter Blog harus di Moderasi?

2 Alasan Kenapa Komentar Blog harus di Moderasi?


Setidaknya ada 2 alasan kenapa komentar blogspot harus dimoderasi; (1) Google AdSense dan (2) Agar Situs terlihat Bersih.

1. Keamanan dan Kenyamanan Google AdSense


AdSense merupakan program periklanan terbaik yang ada di muka bumi. Mayoritas blogger di dunia mengandalkan AdSense untuk menguangkan situs mereka.

Seperti yang kita tahu, Google AdSense berjalan berdasarkan pedoman kebijakan yang mereka buat. Peraturannya cukup ketat. Jika tidak diindahkan, maka publisher harus menerima resikonya.

Studi kasusnya, AdSense sangat rentan untuk ditangguhkan (Suspend) maupun dihapus (Banned).

Apabila di dalam suatu situs terdeteksi kata-kata spam berbau negatif, penghinaan, binatang, dan kata-kata yang tidak baik; maka pemilik AdSense akan mendapatkan notifikasi.

Notifikasi ini berupa peringatan bahwa situs ada Spam Comments. Jika tidak ditindaklanjuti, maka AdSense akan ditangguhkan (Suspend) secara sepihak oleh Google.

Yang lebih parahnya lagi, apabila tautan situs dari komentar spam tersebut mengarah ke situs negatif.

2. Agar Situs terlihat Bersih


Selain itu, tujuan kenapa komenter blog harus di jaga adalah agar blog terlihat bersih.

Jangankan sobat, saya sendiri tidak akan pernah meloloskan komentar spam. Ini semua saya lakukan demi "kebersihan" situs ini, - blog kesayangan saya.

Cara Mengatasi Komentar Spam di Blogspot


Jika sobat adalah blogger yang blogging di platform Blogger, ikuti beberapa langkah cara menghindari komentar spam blogspot di bawah ini!

  • Masuk ke Blogger > Setting > Post, Comment & Sharing
  • Aktifkan Moderation Comments
  • Masukkan EMAIL > Ketuk menu Always > Simpan

Sebagai tambahan ekstra, manfaatkan JavaScript di bawah ini. JavaScript ini berfungsi mematikan URL AKTIF secara otomatis pada komentar yang terdeteksi spam.

<script type='text/javascript'>
jQuery(document).ready(function(){
jQuery(&quot;#comments p&quot;).find(&quot;a&quot;).replaceWith(&quot;<mark>Spam Detected!</mark> Link aktif otomatis terhapus. Maap!!!&quot;);
});
</script>

Simpan kode tersebut TEPAT di atas kode </body> atau &lt;!--</body>--&gt;&lt;/body&gt;.

Itulah beberapa alasan, penyebab dan mengapa komentar blogspot harus di moderasi serta bagaimana cara mengatasi, menghindari dan melindungi blog dari Spam Comments!
Share To:

Arief Ghozaly

Post A Comment:

0 comments so far,add yours