Rahasia SEO: Kostumisasi (Mengedit/Mengganti) Permalnk/URL Postingan Blog agar Lebih SEO di Google

Custom Permalink SEO merupakan salah satu cara meningkatkan dan/atau memperkuat peringkat (ranking) artikel kita di halaman pertama Google.

Jika sebelumnya artikel kita kesulitan untuk menembus Page-One, maka dengan sedikit modifikasi Permalink, insya Allah artikel kita akan mudah untuk ditemukan di halaman pertama Google.

Sebagai bukti nyata, hampir semua artikel yang diterbitkan oleh SEO Killer Tips menggunakan teknik dan strategi Permalink SEO. Dan hasilnya, artikel yang penulis terbitkan rata-rata berada di halaman pertama Google.

Rumusnya begini: Semakin banyak artikel di Page-One, maka semakin banyak Organic Traffic yang didapatkan. Semakin tinggi trafik organik, semakin bagus pula Domain Authority dan Page Authority.

Rahasia SEO: 2 Cara Custom Permalink Artikel untuk Halaman Pertama Google

Selain itu, yang perlu ditekankan disini adalah... ada 3 faktor yang menyebabkan tinggi atau rendahnya peringkat (ranking) artikel suatu situs di Google; diantaranya:

  • Artikel berkualitas, disebut juga "Content still is king"
  • Template blogger SEO yang digunakan
  • Internal Link (Adanya Tautan Situs atau Anchor Text di dalam satu situs)

Custom Permalink SEO ini merupakan teknik kombinasi antara (1.) Template Blogger SEO dengan sedikit bantuan Breadcrumbs, yang dikombinasikan dengan pemasangan (2.) Internal Link.

Rahasia SEO: 2 Cara Custom Permalink Artikel untuk Halaman Pertama Google


Ada 2 cara yang bisa kita lakukan; (1.) Mengedit atau memodifikasi Permalink agar lebih SEO tepat ketika artikel belum dipublikasikan, atau (2.) memodifikasi Permalink artikel/konten lama, dengan cara mengalihkan URL lamanya ke URL terbaru.

1. Cara Custom Permalink agar SEO ketika Artikel di Buat


Bisa di bilang, ini merupakan salah satu dasar-dasar SEO atau Basic SEO yang jarang dijelaskan oleh blogger mana pun. Padahal, pengaruhnya cukup luar biasa.

  • Buat artikel seperti biasa
  • Cek pada Post Settings > Permalink > Custom URL
  • Tekan tombol DONE jika sudah selesai

Terserah apakah sobat ingin menggunakan tutorial No. 1 diatas atau tutorial No. 2 di bawah, ada satu CATATAN PENTING yang tidak boleh sobat lewatkan... Hilangkan kata "penghubung" pada URL yang di Custom Permalink.

Contoh kata penghubung dalam bahasa Inggris, diantaranya adalah:

a, all, as, any, as, be, been, being, betwee, are at, after, and, am, at, before, both, her, herself, himself, is, in, me, most, myself, more, my, nor, if, into, it, its, that, the, then, there, with, dan masih banyak lagi.

Contoh-contoh kata penghubung diatas itu hanya berlaku bagi artikel yang menggunakan bahasa Inggris. Kalau bahasa Indonesia? Lumayan banyak, tapi tidak sebanyak bahasa Inggris. Contohnya:

Dan, di, ke, serta, beserta, tetapi, melainkan, sejak, setelah, maupun, atau, supaya, karena, akibat, jika, meskipun, walaupun, seperti, apalagi, bahwa, biarpun, kemudian, lalu, asal, dan kecuali.

URL pertama ketika belum dipublikasikan:

https://tipsseokiller.blogspot.co.id/2016/05/fakta-seo-bold-italic-dan-underline-serta-pengaruhnya.html

Lalu penulis modifikasikan seperti ini:

https://tipsseokiller.blogspot.co.id/2016/05/fakta-seo-bold-italic-underline.html

Kata-kata pada "dan", "serta", dan "pengaruhnya" sengaja penulis hapus karena memang tidak digunakan. Selain itu, alasannya karena ada RUANG yang telah dibatasi oleh Google.

Sebagaimana hukum dan aturan Blogger/Blogspot yang telah dipublikasikan, batasan panjang URL domain sebuah artikel; hanya diperbolehkan 37 karakter/huruf, -- sudah termasuk kata "blogspot.com" apabila blognya masih gratis (Not Custom Domain).

2. Cara Custom Permalink agar SEO yang Tidak Bisa karena Artikel sudah Dipublikasikan


Artikel sudah dibagikan dan/atau dipublikasikan lalu tidak bisa mengedit Permalink agar lebih SEO sebagaimana mestinya? Jangan khawatir. Selalu ada cara di semua tulisan SEO Killer Tips.

  • Pilih salah satu artikel yang akan di edit Permalink-nya
  • Ketuk atau pilih EDIT, pada tahap ini sobat akan masuk ke artikelnya secara langsung
  • Ketuk tombol Kembali ke Draf

Secara otomatis, Tautan Permanen tempat dimana kita mengedit URL artikel (Permalink), bisa dimodifikasi sesuka hati. Nah, kembali lagi pada pembahasan No. 1 diatas, hilangkan kata penghubung yang tidak digunakan.

Cek tutorial menggunakan gambar dibawah ini:

1. Langkah pertama:


2. Langkah kedua:


Selalu ingat! Sebagaimana hukum dan aturan Blogger/Blogspot yang telah dipublikasikan, batasan panjang URL domain sebuah artikel; hanya diperbolehkan 37 karakter/huruf, -- sudah termasuk kata "blogspot.com" apabila blognya masih gratis (Not Custom Domain).

Itulah salah satu rahasia dan teknik SEO tentang cara membuat artikel agar Page One (halaman pertama Google) lebih mudah nan praktis. Ok semoga berguna.*
Share To:

Arief Ghozaly

Post A Comment:

2 comments so far,add yours

Sarbaini mengatakan...

Cara yg ke dua itu apakah ada dampak negatifnya gan

Arief Ghozaly mengatakan...

Nggak ada dampak negatif sama sekali mas, yang ada artikel mas mudah berada di halaman pertama Google; dengan catatan, mas harus mengoptimalkannya sebaik mungkin.

Salah satunya, hindari kata penghubung seperti dan, di, ke, dan seterusnya yang sudah saya sertakan diatas mas.