Perbedaan Autoblog dan AGC Blog: Pembahasan Tuntas
Dalam dunia blogger kita bakal menghadapi banyak istilah-istilah yang berkaitan dengan SEO.

Kalau hanya sekedar ngeblog atau nulis biasa saja, istilah-istilah di dunia blogging mungkin nggak ngaruh banget.

Tapi kalau tujuannya ingin meraih dan mendapatkan banyak trafik blog, otomatis agan harus tahu berbagai istilah dalam dunia blogger, blogging dan blogosphere.

Beberapa diantara sebutan-sebutan dalam dunia blogger adalah Autoblog dan AGC Blog.

Pertanyaannya apa itu Autoblog dan AGC blog? Apa fungsi dan tujuannya? Bagaimana cara membuat Autoblog dan AGC di blog? Apa pengaruh bahaya dan efek buruk dari kedua hal ini?

Dan masih banyak lagi pertanyaan-pertanyaan serupa yang mengenai kedua hal ini. Ok langsung saja.

#1. Pengertian Autoblog

Seperti yang sudah dibahas pada artikel definisi Autoblog, singkatnya Autoblog adalah blog yang secara otomatis menerbitkan konten yang biasanya nggak dibuat oleh pemiliknya.

Sebagai gantinya, cara kerja dari Autoblog ini ialah menerbitkan konten dengan memanfaatkan celah melalui RSS Feed atau "berlangganan artikel".

Pembahasan Autoblog ini agak sedikit panjang. Agar lebih mudah dimengerti, saya rasa agan harus baca artikelnya dulu disini: Pengertian Autoblog. Setelah itu balik lagi kemari.

#2. Pengertian AGC Blog (Auto Generated Content)

Seperti yang sudah pernah dibahas sebelumnya pada pengertian AGC Blog, diterangkan bahwa AGC Blog adalah menampilkan posting blog di SERPs namun ketika dikunjungi artikel tersebut malah nggak ada.

Misalnya saya mengetik "Cara membuat adonan kue" di SE Google. Ok! Muncul 10 daftar blog.

Ketika saya mengklik salah satu artikel yang ditampilkan di SERPs tersebut, dan sudah masuk ke blognya, ternyata posting yang ingin saya baca nggak tersedia!

Nah bisa dibilang AGC Blog ini memanipulasi konten di SERPs. Sebuah situs atau website yang menggunakan AGC sudah pasti melakukan Black Hat SEO.

Otomatis rawan di Banned oleh Google apabila domainnya Blogspot maupun Blogspot yang sudah di Custom Domain. Kalau WP palingan hanya di de-indeks atau nggak di indeks oleh Google sendiri.

Perbedaan Autoblog dan AGC Blog: Pembahasan Tuntas


Setelah saya Googling di blog-blog luar negeri, ternyata masih banyak yang salah kaprah.

Banyak informasi yang bertebaran yang menyatakan bahwa Autoblog dengan AGC blog itu sama, padahal ya berbeda gan.

Kalau Auto Blog kan memposting artikel secara otomatis dengan memanfaatkan celah RSS Feed; sedangkan AGC itu artinya memanipulasi hasil pencarian penelusuran (SERP).

Khusus untuk AGC sendiri, kebanyakan situs web yang menggunakan AGC adalah situs-situs jorok yang menampilkan wanita tak senonoh - tapi banyak dicari oleh kaum pria hehehe...

Fungsi dan Tujuan Auto Blog serta AGC Blog

Meski pun caranya berbeda tapi tujuannya tetap satu kok yakni Organic Traffic. Pembahasan soal trafik organik sudah saya bahas juga. Silahkan di klik link URL tersebut.

Yang saya tahu Autoblog bisa digunakan di platform Blogger untuk Blogspot. Untuk WordPress (WP) sendiri saya kurang tahu.

Sedangkan untuk AGC sendiri, semua platform blogging bisa; baik itu Blogger maupun WordPress (WP). Itu yang saya tahu ya. Boleh ditambahin kok di kolom komentar kalau ada kekeliruan.

Dampak Bahaya dan Efek Negatif dari Autoblog dan juga AGC Blog

Secara garis besar apabila sebuah web blog, situs atau website menggunakan kedua teknik SEO Black Hat ini maka pengaruhnya bisa jadi blog di Banned oleh Google dalam waktu singkat.

Ya dalam waktu singkat, nggak butuh waktu lama. Sekalinya terindeks dan ketahuan oleh Bot, langsung di babat habis. Akun Google+ yang sebagai admin dari blog tersebut pun ikutan terhapus (kalau nggak salah).

Itu hanya berlaku untuk platform blogging yang bermain di Blogger (Blogspot maupun yang sudah di Custom Domain).

Kalau untuk WP saya kurang tahu pasti karena WP sendiri nggak ada hubungannya sama Google. Palingan juga ranking situsnya turun drastis di SERPs.

Jadi kalau agan mau mencoba kedua cara atau salah satu cara yang ada di dalam artikel ini, pastikan blog yang agan gunakan itu adalah blog dummy. Barangkali mau mencoba-coba.

Bagaimana dengan Bing, Yahoo, GoDuckDuck dan Yandex ? Saya kurang tahu soal mesin pencari lain selain Google hehe... Semoga berguna.*

Baca Juga: Backlink Terbaik di Muka Bumi adalah Google Plus kata Pakar SEO

Source:

https://en.wikipedia.org/wiki/Spam_blog
http://whatis.techtarget.com/definition/autoblog
http://www.warriorforum.com/main-internet-marketing-discussion-forum/297183-what-autoblogging-what-autoblog.html
http://www.wpbeginner.com/plugins/how-to-create-an-autoblog-in-wordpress/
http://www.bloggingpro.com/archives/2016/01/25/wordpress-autoblogging-plugin/
https://premium.wpmudev.org/project/autoblog/
http://tutorialbruh.blogspot.com/2015/10/what-is-agc-blog-exactly.html
https://searchenginewatch.com/sew/news/2293280/matt-cutts-on-autogenerated-content-google-will-take-action
https://seocontentmachine.com/how-to-make-automatic-generated-blog-content-that-is-fine-with-google-adsense/
https://automatedinsights.com/blog/how-does-google-treat-automated-content
Share To:

Arief Ghozaly

Post A Comment:

0 comments so far,add yours