1001 Penyebab Tayangan Iklan Google AdSense Hilang di Blog
Sekian banyaknya masalah yang terjadi, salah satunya ialah apa penyebab iklan Google AdSense menghilang di blog?

Sebuah permasalahan yang tidak ada habisnya karena paling sering dialami oleh blogger yang baru saja diterima Google AdSense.

Blogger yang baru mendapatkan akun AdSense pasti bingung dong. Awalnya senang karena diterima, eh kemudian panik gara2 iklannya tidak tayang.

Baca Juga: Pengalaman Diterima Google AdSense, Review 10 Jam (Hosted)

Namun Google melalui laman resmi Blogger-nya telah menyediakan konten pemecahan masalah iklan.

#1. Mengapa iklan tidak tampil di laman?

Jika iklan tidak tampil di situs setelah Anda menambahkan kode AdSense, pastikan bahwa kode iklan tersebut diterapkan dengan benar di situs Anda. Anda dapat melakukannya dengan melihat sumber situs dari browser dan memastikan kembali bahwa kode iklan terlihat persis seperti kode yang kami berikan di akun dan berisi setiap baris kode iklan.

#2. Tidak Dapat Melihat Pemecah Masalah Iklan Saya

Pemecah masalah ini dirancang untuk membantu Anda memecahkan masalah umum berkenaan dengan menampilkan iklan di situs web Anda. Pada setiap langkah, kami akan menyediakan petunjuk atau pertanyaan lebih lanjut untuk membantu memperjelas masalah yang Anda hadapi. Mengikuti petunjuk tersebut dengan tepat akan memastikan hasil terbaik.

Untuk akun Google AdSense Non-Hosted, sila dibaca disini: https://support.google.com/adsense/troubleshooter/2473099.

#3. Alasan paling umum iklan tidak tampil

3.1. Akun Anda sebelumnya ditolak

Jika permohonan AdSense Anda awalnya tidak disetujui, server kami telah diperintahkan untuk tidak menayangkan iklan Google dan fungsi AdSense untuk penelusuran pada situs mana pun yang terkait dengan akun Anda. Saat kami memperbarui server tentang perubahan status akun, kemunculan iklan Google dapat tertunda hingga 48 jam, sementara fungsi AdSense untuk penelusuran dapat tertunda hingga 1 minggu. Terima kasih atas kesabaran Anda.

3.2. Masalah browser dan masalah pencekalan iklan

Sebaiknya Anda mengosongkan cache browser dan menghapus cookie Anda sebelum mencoba mengakses situs Anda lagi.

3.3. Kode AdSense Anda belum diterapkan dengan benar.

Untuk memverifikasi bahwa kode AdSense telah diterapkan dengan benar, pertama-tama, buka situs Anda di browser dan lihat kode sumber (pilih 'Tampilan' lalu 'Sumber' atau 'Sumber Laman'). Berikutnya, bandingkan kode AdSense di sumber laman dengan kode dari akun AdSense. Iklan Anda mungkin tidak muncul jika Anda menemukan salah satu masalah berikut:

  1. Kode AdSense tidak lengkap
  2. Kode berisi tag HTML tambahan di dalamnya
  3. Semua kode ditampilkan dalam satu baris

Karena setiap editor web berbeda, kami tidak dapat menyediakan petunjuk yang spesifik untuk memecahkan masalah tersebut. Namun, mungkin ada gunanya Anda mengunjungi Panduan penerapan kode,yang akan memandu Anda langkah demi langkah melalui proses penambahan kode iklan AdSense untuk sumber HTML laman web Anda.

3.4. Anda mendaftar melalui mitra host AdSense dan menerapkan kode iklan di domain Anda sendiri

Jika Anda mendaftar melalui mitra host AdSense (seperti Blogger atau YouTube) dan juga ingin menampilkan iklan AdSense di domain Anda sendiri, Anda harus mengajukan permintaan persetujuan satu kali dari dalam akun AdSense.

3.5. Anda belum memasukkan PIN Anda

Jika Anda belum memasukkan PIN hingga batas waktunya berakhir, iklan mungkin tidak ditampilkan lagi. Untuk mengaktifkan iklan bertarget, Anda harus memasukkan PIN Anda. Jika Anda mengalami kesulitan menerima PIN, silakan kunjungi tab 'Alamat dan verifikasi telepon'.

3.6. Apakah iklan berada dalam bingkai bersarang?

Meskipun Anda dapat memilih tempat untuk meletakkan iklan di laman Anda, pastikan untuk tidak menyematkan kode iklan di tag div yang berlebihan atau bingkai yang bersarang. Tergantung pada setelan browser, menerapkan kode iklan dengan cara ini dapat menghalangi ditampilkannya iklan dengan benar.

3.7. Apakah JavaScript diaktifkan pada browser Anda?

Pastikan Anda telah mengaktifkan JavaScript di browser Anda, karena hal ini diperlukan untuk melihat iklan! Jika Anda mengalami masalah dalam melihat iklan, harap periksa juga kalau-kalau ada JavaScript yang bertentangan di situs yang dapat menghalangi ditampilkannya iklan.

Baca Juga: Apa itu Otorisasi Situs? Cara Otorisasi Blog dengan Benar

1001 Penyebab Tayangan Iklan Google AdSense Hilang di Blog


Cukup banyak, kan? Nah dibawah ini saya persingkat lagi secara singkat, padat dan jelas karena kalau membaca poin2 diatas serasa membingungkan.

#1. Akun Ditangguhkan (Suspend) atau Google AdSense di Banned (Dinonaktifkan)

Bukan hanya Youtube, blogger blogspot pun bisa ditangguhkan karena aktifitas yang bertentangan dengan peraturan dan kebijakan program periklanan Google AdSense.

Nah untungnya bagi yang di suspend, akun bisa dikembalikan. Biasanya kita bisa mengajukan banding. Syukur2 kalau besoknya langsung diterima dan iklan AdSense langsung muncul lagi.

Nah kalau di banned? Tidak ada cara lain selain mengikhlaskan apa yang sudah terjadi. Unit iklan Google AdSense akan menghilang secara otomatis.

#2. Aktifnya Plugin / Tools AdBlock (Blokir Iklan) di Browser

Suka lucu kalau masalahnya beginian, sebab saya pun pernah mengalaminya. Jangankan saya, blogger yang sudah dewa pun mengiyakan dan mengakui ini.

Setelah iklan dipasang tiba2 iklan malah menghilang mendadak? Bukan lain karena aktifnya plugin pemblokir iklan di peramban browser yang digunakan, baik itu Google Chrome, Mozilla Firefox, Safari dan lainnya.

Nah untuk mengatasi dan memunculkan kembali iklan Google AdSense yang blank tersebut, silahkan matikan fitur blokir iklan. Setelannya ada di pengaturan peramban, pasti ada.

Baca Juga: Cara Mengoptimalkan Penghasilan AdSense

#3. Memasang Iklan Lain Selain Periklanan Google AdSense di Blog

Google telah menyatakan bahwa publisher AdSense boleh memasangkan suatu unit iklan selama unit iklan dari program periklanan tersebut tidak bertentangan dengan kebijakan program AdSense sendiri.

Kalau ingin memasangkan penayangan iklan selain Google AdSnse kita kudu hati2. Salah sedikit saja akun AdSense sah2 saja untuk di banned.

Yang paling pasti adalah usahakan tayangan iklan dari pihak ketiga ini tidak sama gaya penayangannya dengan gaya2 iklan yang dimiliki oleh Google.

Pastikan juga bahwa program periklanan tersebut tidak bertentangan dan tidak menyertakan kata2 atau kalimat jorok dan sejenisnya.

#4. Sedang dalam Masa Proses Review Satu Kali atau Dua Kali

Ada perbedaan antara akun Google AdSense Hosted dan Non-Hosted. Sejak memulai pendaftaran, mungkin awalnya iklan akan ditayangkan. Namun beberapa jam kemudian iklan hilang. Apa penyebabnya?

Jawabannya adalah blog, situs atau website yang bersangkutan sedang di review oleh Google apakah diterima atau di tolak oleh AdSense.

Perlu diketahui, akun Hosted memiliki proses review yang tergolong cepat dan mudah serta hanya melewati satu kali proses review; sedangkan untuk Non-Hosted harus melewati 2 kali proses review untuk mengetahui apakah blog benar2 diterima atau tidak oleh Google AdSense.

#5. Hosted vs Hosted

Nah sedikit kita bernostalgia. Hosted adalah akun AdSense yang berbagi penghasilan dengan Google (68% untuk kita, 32% untuk Google); sedangkan Non-Hosted merupakan akun AdSense yang membayar penuh penghasilan kita.

Pada akun Hosted kita hanya bisa memasangkan unit iklan untuk blog-blog yang berdomain blogspot; terserah mau berapa blog yang penting domainnya blogspot. Hanya domain blogspot. Nggak bisa dipasangkan di blog berdomain .com; .net; .id; .org dll.

Sedangkan akun jenis Non-Hosted lebih leluasa untuk menempatkan iklannya dimana saja, baik itu domain yang sudah Custom Domain (Top Level Domain) maupun blogspot. Mangkanya, dari sinilah muncul program bagi hasil Google AdSense yaitu Joint Venture.

Pasang iklan tapi iklan AdSense-nya tidak tayang? Barangkali akun itu adalah Hosted, dan unit iklannya di pasang di blog Custom Domain. Makanya tidak muncul. Barangkali sih...

Baca Juga: Satu Akun AdSense Bisa Dipasangkan di 500 Blog

#6. Jenis Iklan: Sinkron dan Asinkron

Sebelum mengaitkan unit iklan AdSense ke blog, kita akan disuruh memilih apakah memiliki iklan tipe sinkron atau asinkron.

Perlu diketahui asinkron adalah tipe unit iklan terbaru yang dibuat oleh Google untuk meminimalisir beratnya loading blog ketika membaca script iklan tersebut.

Jadi artinya dengan menggunakan unit iklan tersebut, unit iklan berasa tidak mempengaruhi loading blog. Namun... iklan asinkron inilah yang menyebabkan hilangnya tayangan iklan di situs.

Kenapa sih? Karena unit iklan asinkron tidak saling cocok dengan beberapa kode template blogger yang sudah terpasang sebelumnya.

Mau mendeteksi errornya dimana? Susah, dan mungkin saja itu tidak pernah terjadi!

Nah berbeda halnya dengan unit iklan berjenis sinkron karena unit iklan sinkron ini lebih berat ketimbang asinkron. Tapi memilih dan menggunakan tipe sinkron mungkin jalan satu2nya yang harus kita pilih karena masalah kode template tersebut.

#7. Belum Verifikasi PIN AdSense

PIN merupakan kode verifikasi akun Google AdSense terhadap pemiliknya; untuk mengetahui apakah orangnya sudah benar bahwa dia pemiliknya atau tidak.

Verifikasi PIN ini memiliki jangka waktu; dan apabila tidak diverifikasikan maka akun Google AdSense akan dianggap hangus.

Masalahnya adalah banyak blogger yang mengalami masalah ini. Dan lebih parahnya lagi tidak ada satu pun artikel2 di blogger yang menjelaskan secara detail apa penyebabnya dan mengapa bisa begitu.

Untuk mengatasi PIN AdSense yang belum datang ke rumah setelah berminggu2 menunggu (bahkan lebih dari 2 bulan), kita bisa mengajukannya lagi. Pastikan alamat rumah kita sesuai dan tercatat secara resmi (diakui Indonesia).

Singkatnya, gara-gara belum verifikasi pin AdSense, tayangan iklan Google AdSense di blog menghilang tiba-tiba alias di banned.

#8. Iklan tidak Cocok dengan Topik Blog, sedangkan Iklan Terbatas

Memang Google itu tempat terbaik untuk mempromosikan bisnis online kita. Masalahnya adalah iklan2 tersebut disebarkan untuk semua web blog, situs atau website.

Masalah kedua adalah iklan tersebut memiliki batasan. Tidak mungkin satu iklan disebarkan untuk semua blog yang ada di Indonesia; sebenarnya bisa kalau pihak pengiklan memberikan budget yang besar untuk Google, kalau hanya secuil... bagaimana mungkin disebar untuk banyak situs. Iya, kan?

Nah tentu saja korbannya adalah web blog, situs atau website yang belum ada apa-apanya.

Google sendiri telah memberi penjelasan bahwa iklan AdSense itu bersifat relevan. Apa topiknya, nah itulah tayangan iklannya. Topik blog teknologi, maka iklan yang berhubungan dengan teknologi pula yang muncul.

Misalkan penayangan iklan berbau teknologi sedang sepi, maka tidak heran banyak web blog yang tidak kebagian iklan tersebut.

Google pun telah memberi opsi yakni mengosongkan ruang tersebut, menambahkan banner pribadi atau mengubah warna latar belakangnya sesuai keinginan kita.

Baca Juga: Cara Mengetahui Keyword Video Youtube yang Populer

#9. Pernah Ditolak Google AdSense Sekali

Pada poin2 panjang diatas (baca lagi diatas), dibutuhkan waktu selama 2 hari untuk mengetahui apakah persetujuan dan persyaratan Google AdSense di terima atau tidak.

Dan persetujuan atau ditolaknya ini hanya diperuntukkan bagi situs yang pernah di tolak sebelumnya. Jadi, harap sabar... Assabaru minal iman, orang sabar di sayang sama Allah ta'ala.

#10. Permasalahan Cache Browser

Saya yakin ketika iklan tidak muncul atau blank, pasti panik. Saya pernah membaca tulisan orang bule yang menyatakan bahwa hilangnya iklan AdSense di blog disebabkan cache browser yang belum dibersihkan.

Jadi ada kemungkinan ialah iklan memang tidak mau muncul tapi itu hanya terjadi di komputer atau laptop kalian. Sedangkan pembaca atau pengunjung (orang lain, bukan kamu) masih bisa melihat tayangan iklan. Jadi, solusinya adalah menghapus cache.

#11. JavaScript Browser tidak Aktif / Mati

JavaScript dan HTML itu berbeda. Jikalau JavaScript dimatikan, maka fungsi2 JavaScript yang ada di dalam template pun ikutan mati.

Maka dari itu apabila JavaScript dimatikan, jangan heran kalo tampilan blog tetap tidak rusak melainkan iklannya saja yang blank. Solusinya? Aktifkan fitur dan layanan JavaScript di browser!

Baca Juga: Apakah Akun Google AdSense Aman Digunakan di Banyak Komputer Berbeda?

Beberapa Penyebab iklan Google AdSense tidak muncul:

  1. Unit iklan baru dibuat (Solusi: Tunggu beberapa jam, nanti juga muncul)
  2. Menggunakan kata2 atau kalimat negatif sehingga iklan tidak muncul di blog (meski pun akun AdSense tetap aman)
  3. Kurangnya angka, simbol atau huruf yang ada di kode iklan Google AdSense
  4. Jangan menempatkan atau memasangkan kode iklan (yang di parse) ke dalam tag <div> dan penutupnya yaitu </div>

Sumber Referensi:

https://support.google.com/adsense/answer/1208336?hl=id
https://support.google.com/adsense/troubleshooter/2473099
https://support.google.com/adsense/answer/23767
https://support.google.com/adsense/answer/35730
https://support.google.com/adsense/answer/181947
https://support.google.com/adsense/answer/2534771
https://support.google.com/adsense/answer/1753542
https://support.google.com/adsense/answer/12654
https://support.google.com/adsense/answer/48182?hl=id&topic=1261918&rd=3
https://productforums.google.com/forum/#!topic/adsense/vuk9dmScDVo


Baca Juga: Faktor Tinggi dan Rendahnya Penghasilan Google AdSense

Nah itu dia penjelasan yang sangat lengkap dan akurat beserta referensi yang bisa dikunjungi satu per satu. Semoga berguna (Nyahok gue).*
Share To:

Arief Ghozaly

Post A Comment:

1 comment so far add yours

Golden Ways mengatakan...

Boleh donk gan di bagi templatenya...