Penyebab Muncul Pesan Error "Redirect" di Fetch as Google
Kenapa muncul "Redirect" atau peringatan pengalihan laman Link URL di laman Fetch as Google? Apa penyebabnya?

Apakah ada yang salah? Ya. Otomatis sudah pasti salah.

Malam ini saya mendapatkan peringatan error berupa "Redirect" pada laman Google Webmaster Tool ketika selesai melakukan Fetch as Google artikel blog.

"Redirect" tersebut ditandai dengan logo berwarna kuning dan tanda seru (!). "Redirect" sendiri artinya pengalihan laman link URL dari tempat awal ke salah satu tempat lainnya, baik kasusnya masih dalam satu blog maupun dialihkan ke blog lain.

Setelah saya cek memang ada 2 buah tanda error. Setelah saya selidiki ternyata.... Ada 2 kesalahan yang saya lakukan disini. Lihat gambar dibawah ini:

Penyebab Muncul Pesan Error "Redirect" di Fetch as Google

Ada 2 error yang ditampilkan pada "Path" yaitu:

/2017/09/pengertian-agc-blog-auto-generated.html
/d/2017/09/seoquake-analytics-tool.html

Kok bisa error ya? Baik. Mari kita observasi lebih dalam untuk menemukan jawabannya.

Penyebab Muncul Pesan Error "Redirect" di Fetch as Google


#1. Jawaban Pertama

Pada link pertama tersebut, itu penyebabnya karena duplikat konten atau "konten yang sama". Lihat gambar dibawah ini:

Penyebab Muncul Pesan Error "Redirect" di Fetch as Google
Dialihkan secara permanen dan
otomatis ke halaman utama blog.

Isi tulisan atau posting seperti gambar, header tags SEO, Internal Link dan Eksternal Link semuanya sama. Kok bisa?

Sebenarnya saya lagi ngedit semua tulisan yang ada di dalam blog ini. Semuanya. Satu per satu saya edit. Itu pun saya edit menggunakan Notepad.

Banyak gambar yang ada di dalam blog ini hilang karena albumnya sengaja saya hapus.

Jadi ceritanya semua isinya saya Copas dulu ke Notepad untuk di Edit. Setelah di Edit baru di Re-place lagi ke posting yang sudah kosong tersebut.

Karena kebetulan waktu itu udah ngantuk banget, fokus pun hilang, nggak sengaja saya bikin tulisan terbaru. Padahal niatnya mau Re-Place artikel yang kosong tersebut dan ingin saya isikan lagi dengan tulisan yang sebelumnya sudah di edit di Notepad.

Sangking ngantuknya, sempat-sempatnya saya Fetch lagi ke Google Webmaster Tool.

Sebenarnya link dari artikel "terbaru" tersebut berbeda dengan artikel yang lama (yang ingin di edit). Hanya saja bulannya sama yakni September. Perbedaannya hanya link "pengertian-agc-blog-auto-generated.html" dengan tahunnya.

Namun isinya semua sama, dimulai dari tulisannya, Internal Link dan Eksternal Link yang sama serta lainnya membuat artikel "terbaru" tersebut mengalami yang namanya "Redirect" atau pengalihan ke artikel yang lama. Ini dia penyebabnya, gan!

"Redirect" disini bukan terjadi karena saya yang alihkan pada setting blogger, tapi terjadinya "Redirect" dilakukan secara otomatis oleh sistem Blogger. Begitu pintar dan cerdasnya Google ini ya ^^

Baca Juga: Posting yang Sudah di Edit, Apakah Harus di Re-Fetch as Google Ulang?

#2. Jawaban Kedua

Untuk kasus yang kedua pun saya akui saya juga yang salah. Kenapa?

Penyebab Muncul Pesan Error "Redirect" di Fetch as Google

Ada tambahan huruf "d" (D yaitu huruf ke 4 dalam bahasa Indonesia) yang secara nggak sengaja terselip di tengah2 link URL yang ingin didaftarkan ke Fetch as Google.

Karena kesalahan kecil tersebut, posting tersebut dialihkan ke halaman utama blog alias Home Page. Heheee.... Tapi sudah diperbaiki kok.

Alhamdulillah meski pun nggak diperbaiki tetap muncul di SERPs. Nggak tahu kenapa. Barangkali nama blognya sudah terdaftar duluan makanya posting terbaru pun langsung dimunculkan di SERPs kali ya.

Nb: Gara-gara kedua masalah ini, meta deskripsi blog di Setting (Preference) pun malah menghilang tiba-tiba. Silahkan isi lagi dengan deskripsi blog yang sama.

Nah itu dia penyebab munculnya pesan error "Redirect" di laman Fetch as Google ulang. Semoga berguna dan membantu sesama blogger. JANGAN COPAS.*
Share To:

Arief Ghozaly

Post A Comment:

0 comments so far,add yours