Benarkah Tag HTML IFrame tidak Bagus untuk SEO Blog?
Beberapa elemen dari web dan penjelajah web adalah ActiveX, Kuki, Cascading Style Sheets (CCS), Flash, Plug-in, HTTPS, JavaScript dan masih banyak lagi.

Salah satu diantara mereka adalah Frame dan IFrames. Topik kali ini pun tentang IFrame. Ada apa dengan IFrame?

Pada tahun 2014 / 2015 lalu banyak blogger Indonesia yang mengulas IFrame, perdebatannya antara bagus atau tidak blog dipasangkan tag HTML IFrame.

Bahkan persoalan IFrame ini juga sampai ke anak-anak forum blogger. Wah sengit sekali ya. Sampai detik ini pun masih banyak yang mempermasalahkan perihal ini.

Disatu sisi banyak yang mengatakan bagus bagi SEO. Namun disisi sebrang banyak juga yang bilang kalau IFrame nggak bagus dan nggak berguna sama sekali, hanya memperberat loading blog.

Sebenarnya perdebatan ini kembali ke permasalahan, kebutuhan dan penyesuaian pribadi soal ngeblog.

Kalau ingin menggunakan, ya sudah iFramenya di buat dan dipasang di blog. Kalau nggak juga nggak apa-apa.

Apa itu IFrame?

Pengertian IFrame adalah salah satu tag HTML yang bertugas "membingkai" halaman situs web dari pihak ketiga dalam rupa Frame.

IFrame dikatakan bertugas dan berfungsi sebagai tag HTML yang menampilkan halaman web dari pihak ketiga.

Contoh yang berkaitan dengan IFrame sendiri sangat banyak.

Beberapa diantaranya adalah widget blogger Fanspage Facebook, Disqus Comments, Youtube Videos, Iklan (Ads), Chatbox, Instagram Feed, Soundcloud dan lainnya.

Singkatnya IFrame ini sangat membantu kita dalam berbagai hal ngeblog. Komentar Disqus, penting banget kan pastinya. Apalagi template yang nggak mendukung komentar default Blogger.

Yang pasti IFrame ini ada kaitan erat dengan pihak ketiga. Nggak ada hubungan sama Google (gosipnya Google Connect menggunakan IFrame).

Benarkah Tag HTML IFrame tidak Bagus untuk SEO Blog?


Kalau ditanyakan penting, IFrame sudah pasti penting karena memang itu kebutuhan kita. Dalam aktifitas ngeblog kita masih bergantung banyak dengan pihak ketiga.

Misalkan IFrame tidak dipasang di blog, bagaimana? Ya nggak apa-apa juga. Nggak masalah kok.

Tapi... sedikit banyaknya IFrame mempengaruhi yang namanya Valid html5, W3C School dan SEO. Sebuah web yang menggunakan IFrame sudah pasti jauh lebih SEO Friendly dari situs web yang tidak menggunakan IFrame.

Namun ketika IFrame dipasangkan di blog, malah muncul ERROR pada validasi html5.

Seperti yang dijelaskan oleh Kompi Ajaib, satu buah error IFrame bisa menyumbangkan 4 buah error. Kalau ada 10 yang error, sudah pasti ada 40 lebih yang error.

Nah kalau sudah begitu bagaimana?

Ingin menggunakan dan memasang IFrame di blog tapi error pada validasi HTML5. Kalau nggak dipasangkan berarti situs web kurang SEO Friendly. Dilema banget pastinya.

Untuk mengakali pemasangan IFrame agar valid HTML5, silahkan merujuk ke laman ini: Mengakali IFrame oleh Adhy Suryadi (Kompi Ajaib).

Dampak Buruk Pemasangan IFrame

Nggak ada yang sempurna di dunia ini, termasuk tag HTML yang mengatur IFrame.

Pemasangan tag HTML IFrame berimbas ke beratnya loading blog alias lemot, lamban dan lelet. Sangat tidak dianjurkan, dengan kata lain tidak User Friendly.

Seperti yang dijelaskan diatas tadi, menyatakan kalau IFrame itu "menyisipkan" pihak ketiga ke dalam blog kita. Otomatis efeknya membutuhkan beberapa detik untuk "membaca" pihak ketiga tersebut.

Hanya itu yang saya tahu.

Baca Juga: Alasan kenapa kecepatan loading blog itu penting

Persoalan tentang SEO Friendly saya rasa 50:50. IFrame ada kaitannya dengan Outbound Link yakni mengarahkan situs ke situs lain seperti pemasangan video youtube di salah satu posting yang ada di dalam blog.

Outbound Link nggak selamanya buruk.

Selama dilakukan dengan benar dan Outbound Link diarahkan ke situs yang baik-baik saja, saya rasa semuanya aman terkendali. Malah itu sangat bagus dari sisi SEO Friendly.

Tapi ya itu, jangan berlebihan atau keterlaluan karena nggak bagus juga. Seimbangkan saja Outbound dan Internal Link.

Nah kalau permasalahan IFrame yang nggak bisa di edit menggunakan CSS saya kurang tahu juga karena saat ini pun saya sedang mempelajari CSS secara menyeluruh.

Kalau saya bilang asal-asalan, yang ada malah posting ini menyesatkan para pembaca. Maka dari itu saya nggak berani menjelaskan lebih lanjut. Silahkan Googling ya.

Kesimpulannya adalah silahkan gunakan IFrame untuk kemajuan blog.

Jangan lupa juga untuk berkunjung ke situs Kompi Ajaib yang disertakan diatas tadi. Barangkali ada sedikit informasi berguna yang bisa didapatkan.*
Share To:

Arief Ghozaly

Post A Comment:

0 comments so far,add yours