Pengertian Clickbait: Judul Berita Jebakan yang Menipu Pembaca
Sebagai salah seorang pengguna sosial media Facebook tentu dengan mudahnya kita akan menemukan banyak sekali ragam artikel.

Ada yang membahas polemik berbau politik, teknologi, berita hot atau aktual dan masih banyak lagi.

Namun sadarkah Anda kalau kebanyakan postingan tersebut dibuat dengan judul yang terkesan wah dan sensasional tidak menentu?

Yap. Itulah Clickbait. Judul berita jebakan yang menipu para pembaca dan pengguna sosial media mana pun.

Beberapa contoh Clickbait yaitu:

  • 4 Negara ini Sangat Disegani oleh Negara Api, No. 2 Indonesia!
  • Astaghfirullah, Kembang Api Berbahan Baku Al-Qur'an Beredar Di Tengah Masyarakat, Bantu Share Agar Pembuat Kembang Api ini Segera Tertangkap
  • Jadi Tersangka Korupsi Stadion Gede Bage, Ini Komentar Sekretaris Dinas (Kompas)
  • Bolehkah Memakai Busana yang Tidak Terlalu Menutup Aurat Masuk ke Dalam Masjid? Berikut ini Penjelasannya
  • Masih Ingat Dengan Artis Cantik Asmirandah yang Resmi Murtad? Mengejutkan!! Ini Nasibnya Sekarang

Nah beberapa poin diatas itu adalah contoh Clickbait.

Singkatnya pengertian apa itu Clickbait adalah artikel, konten atau posting blog yang menggunakan judul yang terkesan sensasional yang bertujuan menipu para pembaca.

Menurut Romeltea - Praktisi Jurnalistik, menyatakan bahwa definisi Clickbait adalah judul berita yang memanipulasi dan menipu para pembaca. Isi beritanya gak penting, biasa-biasa saja, bukan jurnalistik yang baik. Abaikan Clickbait!

Pengertian Clickbait: Judul Berita Jebakan yang Menipu Pembaca

Tujuan Clickbait adalah untuk menggoda para pengunjung atau pembaca blog agar mau mengklik atau membuka artikel tersebut.

Tujuan Clickbait lainnya adalah mencari trafik situs yang tinggi, yang awalnya membuat penasaran pembaca sehingga membuka blog kita.

Sebuah situs, blog atau website yang menggunakan metode Clickbait adalah blog sampah. Di dalam ilmu Jurnalistik, orang yang melakukan Clickbait adalah Jurnalisme Sampah.

Bahkan dengan banyaknya konten Clickbait pada blog tersebut, tentu pembaca akan membuka satu per satu (artikel per artikel) dalam sekali kunjungan (istilah ini dikenal dengan Pageviews Blog).

Istilah lain dari Clickbait adalah umpan klik atau jebakan klik.

Cara membuat dan menggunakan Clickbait sendiri seringkali diawali dengan kata "inilah", "itulah", "berikut penjelasannya", "share agar pelaku ditangkap", "ini nasibnya" dan lain2.

Clickbait bisa dianggap sebagai salah satu praktik buruk Jurnalistik dan Media Komunikasi Online.

Kadang artikel yang sudah lama diterbitkan (atau sudah terjadi beberapa tahun ke belakang) bisa menjadi berita yang "fresh" kalau menggunakan Clickbait.*

Source:

http://www.vice.com/
http://www.romelteamedia.com/2015/04/jangan-klik-clickbait-judul-berita-jebakan.html
Share To:

Arief Ghozaly

Post A Comment:

0 comments so far,add yours