Tips-Tips Penting sebelum Menulis Artikel Blog SEO dan User Friendly di Blogspot

Pada dasarnya; dalam menulis artikel yang berkualitas di blog, ada beberapa elemen penting yang tidak boleh dilupakan oleh si penulis (Content Writer) tersebut.

Nah elemen penting yang seperti apa sih? Elemen yang dimaksud ialah SEO dan User Friendly

Sedikit informasi; baik itu SEO dan/atau pun User Friendly; terkadang bisa dibutuhkan atau tidak, dan terkadang sifatnya sangat RELATIF. Contohnya dari segi User Friendly, salah satunya situs harus cepat dimuat (Fast Loading). Kalau situs tersebut bergaya Magazine (majalah/berita), mustahil situs tsb menampilkan halamannya dengan sangat cepat.

4 Tips Penting sebelum Menulis Artikel Blog SEO dan User Friendly

Oh iya, artikel ini dikategorikan "implementasikan". Jika dirasa penting, silakan implementasikan di situs masing-masing. Jika tidak butuh, atau hanya melakukan beberapa hal saja, tidak masalah.

4 Tips Penting sebelum Menulis Artikel Blog SEO dan User Friendly


1. Memahami SEO dan Menggunakan SEO Semaksimal Mungkin


Untuk sebuah blog, situs, atau website yang ingin bersaing dengan situs web papan atas di halaman pertama Google; yang pertama sekali yang harus dilakukan ialah memahami pengertian SEO.

Selanjutnya, mereka harus mengimplementasikan tutorial, strategi, teknik, dan taktik SEO pada situs mereka masing-masing; yang notabene-nya berguna untuk meningkatkan peringkat artikel dan situs web di halaman pertama Google.

Bagi blogger pemula yang kesulitan belajar dalam memahami berbagai istilah-istilah SEO, algoritma, dan cara menggunakan SEO; bisa masuk ke sini: SEO, Tips SEO, dan Tips Blogging.

Hampir semua rahasia SEO yang dirahasiakan oleh para webmaster dan/atau praktisi SEO ada situs ini.

2. Memahami Pengertian SEO Friendly yang Sebenarnya


SEO Friendly pernah penulis singgung pada artikel Arti dan Makna kata Friendly dari SEO Friendly. Singkatnya, SEO Friendly adalah bersahabat dengan mesin pencari; entah itu Google, BING, MSN, Yandex, dan seterusnya.

Yang dimaksudkan "bersahabat", maksudnya artikel dan situs mereka "berhubungan" baik dengan Search Engine. Buat artikel, besok harinya langsung Page One di Google, -- merupakan salah satu ciri-ciri (kriteria) atau indikasi kalau situs web kita sudah "bersahabat" baik dengan Google.

Untuk menerapkan atau menggunakan teknik SEO sehingga bisa SEO Friendly, sebenarnya sudah banyak sekali di bahas di blog ini. Semuanya merupakan teknik White Hat SEO, -- bukan teknik SEO terlarang seperti Black Hat SEO dan/atau Gray Hat SEO.

Meskipun begitu, setidaknya ada 3 faktor UTAMA yang mempengaruhi peringkat (ranking) artikel kita di halaman Search Engine Result Page (SERP), diantaranya ialah (1.) Konten berkualitas; (2.) Template Blog SEO; dan (3.) Internal Link.

  • Konten berkualitas adalah konten, posting, dan/atau artikel yang kaya akan informasi (informatif) dan berguna bagi banyak orang; konten berkualitas terbagi dalam 2 bentuk: (1.) Benar-benar informatif; atau (2.) Artikel yang tidak pernah dipublikasikan oleh siapa pun (Fresh Content)
  • Template blog SEO adalah tema blogger yang sudah mendukung SEO Ready, Meta Tag SEO, Fast Loading, Responsive, dan Mobile Friendly. Jangan harap artikel berada di halaman pertama Google apabila tidak menggunakan template blogger SEO
  • Internal Link adalah tautan situs yang masih mengarah ke halaman situs tersebut; contohnya? Related Posts, Popular Posts, dan widget-widget bantuan lainnya.

Selain itu, contoh Internal Link yang dimaksud bisa saja berupa tambahan atribut HTML di tengah-tengah postingan blog yang menampilkan Related Posts; bisa juga dengan cara menambahkannya secara manual, seperti "baca juga: tautan situs disini" atau "cek juga: tautan situs disini" yang sering sobat lihat.

Beberapa artikel bantuan lainnya yang mungkin perlu sobat baca, diantaranya adalah:


Untuk keterangan dan informasi lebih lanjut, silakan cari dan pilih artikel-artikel terbaik SEO Killer Tips lainnya melalui halaman Sitemap yang telah disediakan.

3. Memahami Bagaimana Cara Algoritma Google itu Bekerja


Kenapa harus Google? Karena mayoritas para pengguna Internet menggunakan mesin pencari Google sebagai tempat ia mencari berita dan/atau informasi.

Dalam panduan, langkah-langkah, dan/atau tips sebelum menulis artikel blog yang SEO dan User Friendly agar artikel bisa di halaman pertama Google; mengenali dan memahami berbagai algoritma Google itu merupakan salah satu hal yang MUTLAK untuk dipelajari.

Google Panda, Hawk, MobileGeddon, dan algoritma Hummingbird merupakan beberapa algoritma Google yang saat ini masih AKTIF dan harus diwaspadai oleh para praktisi SEO.

Beberapa situs referensi terbaik yang mengulas dunia Blogging, diantaranya MOZ, Search Engine Land, dan Search Engine Watch.

4. Mengedepankan Tingkat Pengalaman/Kepuasan Pengguna (UX Experience) also know as User Friendly


SEO Killer Tips pernah menyinggung algoritma UX Experience; tentang kepuasan para pengguna ketika mengunjungi situs kita. Metrik perhitungannya, berdasarkan hal-hal berikut:

  • Konten yang sangat lengkap - Content still is king;
  • Artikel yang harus unik, tidak pernah di tulis di situs mana pun - Fresh Content;
  • Kecepatan loading blog (Fast Loading);
  • Artikel enak di lihat dan di baca (Scannable/Readable);
  • Navigasi situs - Menu Navigation;
  • Artikel yang relevan yang ditentukan oleh label/kategori;
  • Adanya Internal Link, Inbound Link, dan Outbound Link;
  • Seberapa lama pembaca ketika membaca artikel di situs kita;
  • Kenyamanan pembaca/pengunjung blog kita;
  • Pageviews Blog (Bounce Rate), buka-tutup artikel per artikel dalam sekali kunjungan.

Jika ingin membuat artikel untuk SEO atau mesin pencari, maka sobat tidak boleh melewatkan faktor-faktor dan/atau metriks dari algoritma UX Experience diatas.

"Buatlah artikel untuk para pembaca, bukan untuk kami. Kami menilai kualitas sebuah artikel, bukan kuantitasnya," - Google.

Sebenarnya mudah-mudah saja memahami artikel ini; tentang tips penting sebelum menulis dan posting blog SEO dan User Friendly. Nyatanya, 90% materi diatas sudah saya paparkan di SEO Killer Tips tanpa pengecualian sedikit pun; sangat lengkap...!!!

Nah itu dia tips penting sebelum menulis artikel blog SEO dan User Friendly agar artikel mudah diurutkan di halaman pertama Google (Page-One). Ada yang ingin ditanyakan? Silakan!
Share To:

Arief Ghozaly

Post A Comment:

1 comment so far add yours

bagi pengalaman mengatakan...

sangat mantab penjelasan dan diskripsinya. Saya termasuk suka nulis, namun masih gaya bebas. Dengan display aturan diatas jadi agak care dengan ketentuan