Header Tags SEO H1 ada Dua di Blog, Bagaimana?
Dikenal dengan istilah Dynamic Heading Tags SEO atau Header Tags SEO - H1, H2, H3, H4, H5 dan H6.

Setiap elemen di dalam blog memiliki tag headingnya tersendiri.

Kalau sebuah template blogger menganut Dynamic Header Tags SEO maka ketika di Homepage heading H1 berada untuk nama blog. H2 berada di judul posting blog.

Namun ketika sudah beralih ke laman Single Posts, H1 berada di posting blog dan H2 untuk nama blog.

H2 atau H3 selanjutnya untuk Sub-Heading artikel tersebut; atau bisa juga untuk widget-widget yang terpasang di sidebar blog. Kadang H4 pun disertakan untuk komentar atau Related Posts.

Nah masalahnya bagaimana kalau H1 ada dua di blogger blogspot ?

Masalah ini pertama kali saya alami ketika menggunakan template blogger New Johny Wuss.

Ketika saya cek di Chkme tool memang "Headings H1: 1, that is Good" yang artinya itu bagus. Posisinya di Homepage.

Ketika saya cek lagi di posisinya Single Posts (halaman artikel), H1 ada 2 di blog. Pesan errornya, "H1: 2, that is Good, but 1 (one) is Better."

Masalah Heading Tag H1 di blog Lebih dari Satu

Masalah heading tag H1 di blog lebih dari satu tidak dipermasalahkan sama sekali. "H1: 2, that is Good, but 1 (one) is Better".

Itu artinya bahwa tag heading H1 yang lebih dari satu tidak masalah.

It's now not only possible to have multiple <h1> level headings per webpage that will make sense to search engines, but in most cases it's actually the recommended course. Google use multiple h1 in some of their web pages. It is allowed to use wisely more than one H1 in a page.

Dampak untuk SEO apabila Heading Tag H1 di blog Lebih dari Satu


Nggak ada yang tahu pasti bagaimana dampak heading H1 lebih dari satu pada blog apabila diteliti dari sisi optimasi SEO blog terhadap mesin pencari.

Namun menurut salah satu komentator yang bernama Rainborick pada debat & diskusi pada WebmasterWorld, mengatakan bahwa bukan tidak mungkin apabila tag H1 lebih dari satu bisa saja dianggap spam oleh search engine.

Tunggu dulu.... Matt Cutts says you can use multiple H1's!

Matt Cutts yang kita kenal sebagai kepala webmaster Google menjelaskan bahwa kita bisa menggunakan H1 lebih dari satu pada blog.

Kita ambil kesimpulan singkat saja.


Pada video diatas itu adalah Matt Cutts, kepala tim webmaster Google yang mengelola search engine Google secara keseluruhan, termasuk pembuatan dan pengembangan algoritma.

Apapun yang dikatakan Matt Cutts, kita tidak bisa membantahnya. Bagaimana cara mengatasinya? Nanti saya bahas. Intinya kita boleh mengabaikan tag H1 ada dua (atau lebih dari satu).*
Share To:

Arief Ghozaly

Post A Comment:

6 comments so far,add yours

Ahmadi Hamzah mengatakan...

akhirnya saya bisa tenang, ternyata Heading Tag H1 di blog Lebih dari Satu itu tidak apa-apa toh, tadinya saya sempat galau karena tidak menemukan H1 yang dobel.

Ian mengatakan...

Kadang make kadang nggak make heading

Romli mengatakan...

Alhamdulillah, Ternyata Aman toh, hmm tadinya NGeri juga kalau bisa dianggap negatif oleh Google, tanks ya

Kalau Blog Amp Gimana Ya Gan untuk H1
Jangan Lupa mampir blog saya ya gan
Https://www.hasanbahtiar.com

Arief Ghozaly mengatakan...

Tertanggal 25 Mei 2018 - hari kemarin, saya baru dapet informasi kalau H1 itu ada 2 itu buruk, tidak bagus buat SEO. Coba di otak-atik, implementasikan saja dengan berbagai tutorial di Google. Ada banyak kok, uji coba aja ;)

arnizan mengatakan...

Ajarin seo kak