Tutorial: Cara Membuat Tautan Situs (Link/URL) Terbuka secara Otomatis di Blogspot

Tautan Link -- disebut pula Anchor Text adalah suatu kata/kalimat yang di isi Link/URL, -- yang mana apabila di klik akan mengarah ke halama situs yang telah ditujukan.

Silakan klik tautan situs ini: SEO Killer Tips, maka sobat akan diarahkan ke halaman utama dari blog ini. Inilah yang dinamakan Tautan Situs atau Anchor Text.

Nah yang dimaksudkan membuat semua Link terbuka "Open New Tab" secara otomatis di blogspot, artinya tidak perlu lagi meng-klik tombol kanan pada Mouse untuk memilih opsi "Open Link in New Tab" agar halaman tersebut ditampilkan pada laman TERBARU di browser sedang sobat gunakan saat ini.

2 Cara Membuat Semua LINK Open New Tab Otomatis di Blogspot

Bagi yang bertanya apa tujuannya, tujuannya adalah agar artikel atau halaman situs yang sebelumnya tidak terhapus, dengan kata lain tidak mengganggu halaman yang sudah dibuka sebelumnya.

Praktisnya, sobat membuka Tautan Link yang baru tanpa menghapus halaman situs yang sebelumnya sudah dibuka.

Sedikit informasi, Tautan Link sendiri memiliki banyak tipe atau jenis; ada yang bersifat Inbound Link, Outbound Link, Internal Link, dan Eksternal Link.

Pada hakekatnya pula, pemasangan fitur ini sebenarnya 50:50 bagian dari User Friendly. Di satu sisi, itu memudahkan para pembaca ketika mengunjungi situs kita; di sisi lainnya, para pembaca akan bingung karena tidak terbiasa dengan fitur ini.

2 Cara Membuat Semua LINK Open New Tab Otomatis di Blogspot


Ada 2 cara yang bisa kita lakukan; (1.) menambahkannya secara manual, lalu secara otomatis akan ditandai sebagai "Open New Tab"; atau (2.) menggunakan cara yang langsung otomatis dengan memanfaatkan Script bantuan.

1. Membuat Semua Tautan Link secara Manual dan Menjadikannya Otomatis


Tutorial ini bisa diterapkan pada artikel yang akan dibuat dan ingin dipublikasikan sekarang; atau bisa juga diterapkan pada postingan lama yang sebelumnya telah dipublikasikan.

  • Selesaikan terlebih dahulu artikel yang sedang dibuat
  • Blok suatu kata/kalimat, lalu ketuk tombol Link pada bar postingan Blogger
  • Silakan masukkan URL yang akan ditujukan
  • Lalu klik fitur opsional dengan nama "Open this link in a new window"
  • Klik tombol Ok dan selesai

Teknik ini awalnya dilakukan secara manual, namun ketika ingin menggunakan fitur ini lagi, fitur "Open this link in a new window" akan tercentang Ok secara otomatis berkat sistem Google.

2. Membuat Semua Tautan Situs Terbuka secara Otomatis (Permanen)


Terbebas apakah Tautan Link tersebut bersifat Related Posts, Internal Link, Hyperlink, DoFollow dan/atau NoFollow; semua Tautan Link yang ada akan terbuka pada halaman baru secara otomatis di browser.

  • Masuk ke Blogger > Theme > Edit HTML
  • Copy atau Salin kode ini: <base target='_blank' />
  • Letakkan (Paste) tepat di atas kode </head> atau &lt;/head&gt;&lt;!--<head/>--&gt;
  • Simpan template blogger

Itulah tutorial cara membuat agar semua link artikel dan widget terbuka secara otomatis di semua tempat dan semua halaman blogger. Semoga bermanfaat.
Share To:

Arief Ghozaly

Post A Comment:

0 comments so far,add yours