Fakta SEO Blogger Terbaru: Backlink sudah Mati (Dinonaktifkan), dan Digantikan dengan Algoritma Knowledge Based Trust

Backlink adalah salah satu faktor penentu pemeringkatan (ranking) artikel dan situs di Search Engine Result Page (SERP) sebelum algoritma Google Panda diaktifkan oleh Google.

Beberapa tahun silam, Backlink merupakan indikator yang menyebabkan peringkat suatu artikel, konten, atau postingan blog berada di halaman pertama, dan berada di urutan ke berapa.

Sederhananya, semakin banyak Backlink maka artikel mudah ditempatkan di halaman pertama Google.

Dan tahukah sobat bahwa Backlink sudah mati?! Kini Backlink sudah mati, tidak aktif, dan/atau tidak berguna sama sekali. Backlink tidak akan memberikan efek atau pengaruh lagi bagi pemeringkatan situs di halaman pertama Google.

Yang menjadi pertanyaannya ialah apa alasan dan kenapa Backlink dimatikan oleh Google?

Alasan Kenapa dan Penyebab Backlink tidak Diaktifkan Lagi oleh Google


Salah satu alasan mengapa Backlink sudah tidak dijadikan faktor penentu ranking suatu web blog, situs atau website lagi; lantaran Backlink seringkali disalahgunakan oleh para blogger di luar sana.

Fakta SEO: Backlink sudah Mati, Digantikan Knowledge Based Trust (KBT)

Berdasarkan awal mula dan sejarah penyebabnya, dulunya para blogger seringkali menanam Backlink secara membabi-buta, disana, disini, di kolom komentar, tools gratis, dan seterusnya.

Mau artikel, konten, atau postingan blognya jelek, tidak berkualitas, dan tidak bermanfaat; selama blog kita punya banyak Backlink, maka konten-konten kita akan mudah menempati Page One (pekiwan/pejwan).

Hingga pada akhirnya, Google pun secara TEGAS menonaktifkan pemeringkatan situs berdasarkan banyaknya jumlah Backlink yang masuk ke dalam blog kita -- hasil dari blog orang lain (disebut juga Inbound Link, situs kita mendapatkan Backlink dari situs lain).

Saat ini, Google mengedepankan Content still is King, -- konten berkualitas yang akan informasi.

Selain itu, beberapa hal lainnya yang masih berkaitan erat dengan algoritma Google adalah Tag Meta Keyword yang sudah dihapus oleh Google, mengingat banyaknya kecurangan yang terjadi antar sesama blogger.

Pengaruh SEO dari Algoritma Knowledge Based Trust (KBT) Google


Matinya pemeringkatan situs berdasarkan faktor sedikit-banyaknya jumlah Backlink yang diperoleh, membuat Google menghadirkan algoritma terbaru mereka yang dinamakan Knowledge Based Trust (KBT) sebagai pengganti Backlink yang sudah dimatikan oleh Google.

Oh iya... Algoritma KBT Google terbaru ini sebenarnya masih menjadi rumor, also know as Gosip Online. Namun, tidak menutup kemungkinan Google akan benar-benar meresmikannya.

Pada laman Google Confirmed: No More Backlink for SEO, dapat disimpulkan bahwa kini Google akan menerapkan cara terbaru dalam mengindeks dan/juga memeringkatkan sebuah situs berdasarkan keakuratan informasi (Accuracy Information).

Praktisnya, Backlink sudah bukan lagi menjadi faktor pemeringkatan situs di SERP.

Sebagai gantinya, "dilahirkanlah" algoritma terbaru Google yaitu Knowledge Based Trust, -- sebuah algoritma yang memperhatikan keakuratan sebuah informasi dari artikel tersebut.

Mulai sekarang, lupakan dan abaikanlah Backlink. Buatlah konten berkualitas, dan khususnya Fresh Content, artinya artikel yang belum pernah di tulis dan dipublikasikan oleh situs-situs lainnya; yang bertujuan agar artikel lebih mudah ditempatkan di halaman pertama Google.


Semakin banyak artikel yang menempati Page One, maka semakin bagus pula nilai Organic Traffic dan Domain Authority & Page Authority. Ok semoga berguna.

Source:
https://www.allblogthings.com/2015/03/google-trying-to-rank-sites-based-on-accuracy-of-information.hml
https://www.brightedge.com/blog/knowledge-based-trust-a-new-google-ranking-factor/
Share To:

Arief Ghozaly

Post A Comment:

4 comments so far,add yours

Kang Oim mengatakan...

wah saya aja penasaran sama tulisan si admin ini, kayaknya ini termasuk pembuatan tulisan unik yang mengabaikan backlink ya. makasih gan infonya

Mochamad Fauzi mengatakan...

Makasih banyak

Algazali Official mengatakan...

Sama-sama, mas oim hehe

Algazali Official mengatakan...

Iya, sama-sama mas fauzi hehe