Pemaknaan: Tata Aturan, Format Tulisan, dan Tata Letak Membuat Artikel agar Berkualitas dan Bernilai Tinggi

Yang dikategorikan artikel berkualitas dan bernilai tinggi bukan berarti artikelnya lengkap, bagus, dan kaya akan informasi.

Artikel yang berkualitas, sudah pasti enak di baca, di lihat, dan/atau di pandang. Istilah ini di kenal dengan sebutan "Readable", -- merupakan bagian dari User Friendly. Seperti yang kita tahu, User Friendly adalah bersahabat dengan pembaca.

5 Tata Aturan dalam Membuat/Menulis Artikel di Blog agar Berkualitas

Nah, pada artikel ini, penulis ingin menjelaskan tentang gaya atau format tulisan yang berkualitas itu seperti apa -- tentang mudah dan nyamannya para pengunjung ketika membaca artikel yang kita buat dan kita publikasikan di blog pribadi kita.

5 Tata Aturan dalam Membuat/Menulis Artikel di Blog agar Berkualitas


1. Alinea Pendek per Paragraf - Satu Paragraf, 3 - 5 Baris Kalimat


Alinea, -- disebut juga "Paragraf" adalah suatu bentuk bahasa hasil gabungan dari beberapa kalimat; dimana kalimat ini membahas suatu gagasan tunggal.

Selalu ingat, paragraf yang baik sebagaimana anjuran para praktisi penulisan, merekomendasikan bahwa satu paragraf, sebaiknya hanya di isi oleh 5 baris kalimat. Minimal 3 baris, dan maksimalnya 5 baris kalimat.

Jika lebih dari itu, bisa saja hal itu akan membuat mata para pembaca menjadi sakit. Yang mana, tidak lama setelah itu, blog sobat akan kehilangan trafik dalam waktu yang cepat; meski pun artikel yang sobat benar-benar berkualitas dan bernilai tinggi.

2. Adanya Highlights: Bold, Italic, dan Underline


Yang dimaksud Highlights adalah Bold, Italic, dan Underline. "Bold" adalah tulisan yang ditebalkan, "Italic" yang dimiringkan, sedangkan "Underline" yang digarisbawahi.

Bold digunakan untuk penekanan suatu kata/kalimat yang di anggap penting, Italic digunakan untuk mengartikan bahasa yang tidak dapat dikenali, sedangkan Underline merupakan catatan kaki pada artikel tersebut.

Highlights merupakan bagian dari Content is King. Adanya Highlights, sedikit banyaknya akan membantu para pengunjung dalam memahami artikel yang sedang di baca.

Dan ingat, Highlights tidak ada kaitannya dengan SEO. Jika pun iya, itu teknik jadul. Penulis pernah membahas kaitan atau pengaruh Highlights terhadap SEO, silakan simak artikelnya; Bold, Italic, dan Underline tidak Mempengaruhi SEO.

3. Menambahkan Numbering List atau Bullets List


Selain itu, agar postingan blog tersebut benar-benar memiliki nilai tinggi, dan apabila kontennya mendukung, gunakan Numbering List atau Bullets List apabila dimungkinkan. Contohnya:

  • 1/2 kg bawang goreng mentah
  • 2 ons tepung maizena tidak lolos BPOM
  • 1 ton gula aren
  • 3 gram garam asin Dolphin

Percaya atau tidak, sedikit-banyaknya dengan adanya Number atau Bullets ini akan memudahkan para pembaca dalam memahami artikel yang sedang dibacanya.

Selain itu, para pembaca juga akan menyenangi tulisan kita. Nah, sepele tapi penting banget, kan? Setuju? Setuju pastinya... :)

4. Tulisan Rata Kiri: Align Left (Rata Kiri)


Para praktisi tulis menulis (Jurnalistik, misalnya), menyarankan tulisan agar dirata-kirikan, -- tidak rata tengah, apalagi rata kanan (kecuali bahasa Arab).

Contohnya? Blog ini. Semua tulisan rata kiri. Tulisan dalam format rata kiri, nyatanya mudah di pindai dan enak di baca (Scannable & Readable).

Jika dibandingkan dengan tulisan bergaya rata tengah (terpadu), biasanya akan ada Space (atau, ruang) besar di beberapa alinea. Hal inilah yang mengesankan tulisan menjadi tidak berkualitas dan bernilai tinggi.

5. OutBound Link sebagai Catatan Kaki


OutBound Link merupakan tautan situs yang mengarah ke luar, -- praktisnya, kita memberikan Backlink kepada situs lain.

Tautan situs yang mengarah ke luar dari situs pribadi ini, identik sebagai "catatan kaki", atau "Referensi" atas tulisan kita tersebut. OutBound Link sebenarnya bagus untuk SEO, dan mampu meningkatkan peringkat artikel di halaman Google.

Meski pun bagus untuk SEO, tidak dianjurkan apabila OutBound Link di pasang secara banyak. Cukup 1, 2, atau 3 buah saja. Jika terlalu banyak, akan di anggap spam oleh Google.

Untuk tahap terakhirnya, jangan lupa gunakan template blogger User Friendly. Jika sobat tertarik, belilah template blogger SEO, SEO Kraken Blogger Theme misalnya.

Nah itu dia tata aturan tentang gaya/format tulisan dan tata letak dalam membuat artikel yang berkualitas dan bernilai tinggi. Jika ada yang kurang, segera tambahkan di kolom komentar!
Share To:

Arief Ghozaly

Post A Comment:

0 comments so far,add yours