Cara Membuat Laporan Artikel Situs yang di Copy Paste Blog lain ke Google DMCA

Copas atau Copy-Paste adalah salah satu tindakan yang paling dibenci oleh blogger profesional, karena mereka sadar bahwa membuat artikel yang berkualitas itu tidaklah mudah.

Para blogger pro ini tidak segan-segan mengadukan blog anda yang telah melakukan Copas ke Google DMCA.

Apa itu Google DMCA? Pengertian Google DMCA adalah kebijakan Google untuk menanggapi pemberitahuan atas tindakan yang diduga sebagai pelanggaran sesuai dengan Digital Millenium Copyright Act dan UU kekayaan intelektual lain yang berlaku.

Google juga berhak melakukan penghapusan atau menonaktifkan suatu materi yang diklaim, karena telah diadukan dan terbukti melanggar dan/atau menghentikan pelanggan.

Apabila suatu materi terkena dampak atau efek dari Google DMCA, administrator dari situs atau konten tersebut akan mendapatkan pemberitahuan sehingga bisa mengajukan banding atau tanggapan (Response Act).

Google juga berhak mendokumentasikan semua pemberitahuan dugaan pelanggaran, termasuk dengan mengirimkan salinan pemberitahuan ke satu atau beberapa pihak ketiga maupun membuatnya tersedia untuk publik.

Anda dapat melihat contoh publikasi tersebut di Lumendatabase.

Catatan:

Apabila anda ingin menggunakan Google DMCA, berarti anda harus siap membayar denda atas kerugian (ganti rugi) jika salah dalam melaporkan materi yang dianggap melanggar.

Di negara Amerika Serikat, kesalahan dalam laporan ini bisa dikenakan denda sebesar $100,000,- harga yang sangat fantastis untuk orang Indonesia apabila dirupiahkan.

Cara Melaporkan Artikel yang di Copas ke Google DMCA


Hal pertama yang perlu anda lakukan adalah masuk ke situs resminya: Pengaduan Google DMCA.

Pada langkah pertama ini, silakan masukkan nama pertama anda dan nama terakhir anda, Company Name, Copyright Holder You Represent, Email Address, dan Country/Region.

Apabila anda bingung, lihat gambar dibawah ini:

Cara Melaporkan Artikel yang di Copas ke Google DMCA

Selanjutnya, silakan input beberapa data terkait posting blog yang di Copas ke Google DMCA seperti berikut:

1. Identifikasi dan Uraikan Karya Berhak Cipta:
Masukkan sebuah kalimat dari artikel blog kita yang sudah di copas.

2. Dimanakah Kami bisa Melihat Contoh Karya yang Sah Tersebut:
Masukkan link URL dari artikel blog kita yang sudah di copy paste.

3. Lokasi Materi yang Melanggar:
Ini adalah kolom ketiga yang wajib kita masukkan, yakni link URL dari artikel blog milik si "tersangka" dimana posting tersebut merupakan karya hak cipta kita.

Cara Melaporkan Artikel yang di Copas ke Google DMCA

Pertanyaan tersumpah disini adalah menyatakan bahwa artikel blog yang anda miliki memang di Copas blog orang lain.

Ini menyatakan bahwa lampiran pengaduan atau laporan artikel Copas tidak main-main, melainkan dilakukan dengan serius dan berhati-hati sesuai pedoman Google yang sebenarnya.

Cara Melaporkan Artikel yang di Copas ke Google DMCA

Pada tahap terakhir, anda harus menandatangani atau Signature; serta menyelesaikan Captcha bahwa anda bukan robot, -- melainkan manusia.

Cara Melaporkan Artikel yang di Copas ke Google DMCA

Selamat! Anda baru saja menyelesaikan proses pengajuan atau laporan pengaduan materi atau konten yang dianggap melanggar Hak Cipta atau Copyright Google.

Dampak dan Pengaruh Blog yang Dilaporkan ke Google DMCA


Mungkin anda bertanya-tanya apa yang akan terjadi pada web blog, situs atau website yang dilaporkan ke Google DMCA.

1. Mendapatkan Email Peringatan Langsung dari Google


Administrator dari situs tersebut akan mendapatkan peringatan melalui email, -- langsung dari Google. Umumnya, administrator akan disuruh menghapus konten yang dianggap melanggar.

Jika anda beranggapan bahwa anda tidak melanggar pedoman komunitas Google sama sekali, anda berhak mengajukan banding atas gugatan yang diberikan oleh orang lain atas Hak Cipta yang dilaporkan.

2. Artikel Dihapus secara Otomatis


Dalam beberapa kasus pula; artikel, konten atau posting blog anda akan dihapus oleh Google secara pihak, -- apabila memang terbukti mencuri artikel blog orang lain.

Google tidak mentolerir tindakan yang anda lakukan, tentu saja setelah melakukan pengkajian lebih lanjut tanpa perlu meng-email anda seperti No. 1 diatas.

3. Blog Dihapus oleh Google


Yang lebih parahnya, blog anda akan dihapus oleh Google. Jika situs anda menggunakan platform WordPress, website anda akan di deindeks atau tidak di indeks oleh Google.

Sebenarnya, hal ini tidak terjadi apabila sebelumnya anda mendapatkan teguran seperti No. 1 diatas. Anda bisa memperbaikinya dengan cara menghapus artikel yang dianggap melanggar pedoman Google.

Jika anda mendapatkan email peringatan dari Google, namun anda tidak menyelesaikan apa yang diminta oleh Google, blog anda akan dihapus oleh Google.


Itulah cara membuat laporan ke Google karena artikel di Copas oleh blog lain ke Google DMCA serta efek, dampak dan pengaruh blog yang terkena laporan Google DMCA.

Referensi Artikel:

https://www.google.com/webmasters/tools/dmca-notice?pli=1
https://www.google.com/webmasters/tools/dmca-dashboard
https://support.google.com/legal/troubleshooter/1114905?hl=en
https://support.google.com/legal/answer/3110420?hl=en
https://support.google.com/transparencyreport/answer/7347743?hl=en
Share To:

Arief Ghozaly

Post A Comment:

0 comments so far,add yours