Tutorial: Cara Menghubungkan/Mengaitkan Akun Google AdSense dengan Google Analytics

Dalam materi pembelajaran Joint Venture Google AdSense, beberapa hal yang tidak boleh dilewati dan dilupakan adalah (1.) Otorisasi Situs, dan (2.) pengaitan akun AdSense dengan akun Google Analytics.

Otorisasi Situs adalah suatu layanan yang tersedia di program periklanan Google AdSense untuk memverifikasi suatu situs yang ingin menggunakan unit iklan dari akun Google AdSense yang kita miliki.

Ketika sebuah URL situs sudah terdaftar di Otorisasi Situs Domain, maka segala hal yang terjadi pada situs tersebut seperti CPC, RPM, BPK, dan segala hal lainnya; akan terdaftar dan di anggap SAH oleh Google AdSense.

Cara Menghubungkan AdSense dengan Google Analytics

Selain itu, tujuan Otorisasi Situs ialah untuk menghindari pencurian unit iklan Google AdSense, kerja sama Google AdSense (JV AdSense), dan bertujuan untuk menghindari adanya aktifitas tidak valid pada BPK atau CPC.

Cara Menghubungkan AdSense dengan Google Analytics


Dalam kasus ini, saya beranggapan bahwa sobat sudah menautkan blog/situsnya dengan Google Analytics. Jika belum, silakan ikuti tutorialnya: Cara Mendapatkan Tracking Code Google Analytics.

Setelah mendapatkan Tracking Code Google Analytics dan menghubungkannya dengan Google Analytics, dalam beberapa hari ke depan, Analytics akan menampilkan berbagai informasi kunjungan pembaca, berbagai sesi, pentalan situs, dan lain-lainnya yang diperoleh dari situs tersebut.

  • Masuk ke Google Analytics > Silakan Masuk atau Login
  • Ketuk Gear dibagian paling bawah (Baca: Admin - Setting)
  • Pilih salah satu Blogspot atau Situs Web
  • Pada sub-menu Buat Properti, ketuk Penautan AdSense
  • Silakan ikuti langkah-langkahnya lebih lanjut, dan klik menu Aktifkan Tautan AdSense
  • Tekan tombol Simpan yang berada di bagian paling bawah, Selesai.

Proses menampilkan data ini membutuhkan waktu kurang lebih 24 jam. Jadi, untuk melihat hasilnya, tunggu barang 1 hari atau kurang lebih dari itu.

Lihat gambar di bawah ini; tentang bagaimana cara mengaitkan atau menghubungkan akun Google AdSense dengan Google Analytics.

Cara Menghubungkan AdSense dengan Google Analytics

Cara Menghubungkan AdSense dengan Google Analytics

Manfaat, fungsi dan tujuan pengaitan atau penghubungan antara akun Google AdSense dengan Google Analytics di atas bertujuan untuk:

  • Menghindari kesalahan klik iklan yang tidak valid
  • Penghasilan yang ditampilkan akan tertata dengan rapi dan baik yang dilakukan secara Real-Time
  • Cocok diterapkan bagi mereka yang membuka jasa JV Google AdSense
  • Alternatif tombol Otorisasi Situs domain yang menghilang di Dashboard Google AdSense

Itulah tutorial cara menghubungkan akun AdSense dengan Google Analytics serta tujuannya, manfaatnya, dan fungsinya. Semoga berguna.*
Share To:

Arief Ghozaly

Post A Comment:

0 comments so far,add yours