Kriteria: Ciri-Ciri Blogger Penipu Jual Beli akun Google AdSense dan Cara Mengatasi/Menghindarinya

Selama beberapa tahun terakhir, fenomena praktik penipuan jual beli akun Google AdSense kian makin menjadi-jadi. Setiap harinya, puluhan blogger mengalami kerugian, baik dari segi finansial maupun dari sisi psikologi.

Biasanya, tempat yang paling rawan atas praktik penipuan ini, sering terjadi di forum atau komunitas blogger yang ada di Facebook.

Pertanyaannya, kenapa para blogger ini dengan mudahnya tertipu? Kenapa tidak menggunakan Rekber - Rekening Bersama ketika transaksi dilakukan?

7+ Ciri-Ciri Penipuan Online: Jual Beli akun Google AdSense

Apakah para konsumen ini tidak tahu apa itu Rekber? Atau tidak tahu cara mengatasi dan menghindari blogger penipu jual beli akun Google AdSense?

7+ Ciri-Ciri Penipuan Online: Jual Beli akun Google AdSense


Apapun masalahnya, melalui artikel sederhana ini, saya akan menjelaskan bagaimana ciri-ciri blogger penipu yang menjual akun Google AdSense.

  • Namanya di kenal dan terkenal penipu di berbagai forum/komunitas blogger Indonesia
  • Akun yang di jual murah; entah mau berbohong (menipu), akun Google AdSense hasil dari Bug (siluman), atau penjual memang lagi butuh uang
  • Terkesan memaksa dan meyakinkan bahwa ia (si penjual) adalah orang yang jujur
  • Takut melampirkan identitas diri seperti KTP, STNK, No. Telepon, No. Rekening, NIK, dan KK
  • Gaya penulisan yang muluk-muluk, janji-janji manis, -- bertujuan agar konsumen langsung melakukan transfer sejumlah uang/dana tanpa memikirkan resiko
  • Tidak mau menggunakan jasa pelayanan Rekber (Rekening Bersama)
  • Nama Rekening dan nama penjual yang berbeda; bisa jadi si pelaku meminjam Rekening temannya guna memuluskan tindak penipuan yang akan dilakukan, sedangkan temannya tidak mengetahui hal ini sama sekali
  • Takut melakukan jual beli secara langsung, baik transaksi dana maupun bertukar informasi akun pada saat yang sama -- di kenal dengan istilah Cash On Delivery (COD)

Di antara poin-poin di atas, yang paling penting menurut saya adalah Rekber atau Rekening Bersama. Kenapa? Karena Rekber merupakan satu-satunya cara ampuh dan jitu mengatasi/menghindari blogger penipu jual beli akun Google AdSense.

Rekening Bersama merupakan jasa layanan yang bertugas sebagai perantara antara penjual dan pembeli. Jika ada indikasi, tanda-tanda, atau bau-bau terjadinya penipuan; maka pemilik Rekber akan mengembalikan sejumlah uang kepada pemiliknya.

Saya misalnya, sebagai Rekber antara pihak A dan B yang ingin bertransaksi.

Pada saat transaksi, saya sebagai pihak ketiga akan memegang uang tersebut; di saat yang sama pula, penjual harus mengirim barangnya kepada konsumen. Jika tidak sampai, uang tersebut akan saya kembalikan ke pihak konsumen tersebut.

Namun apabila transaksinya berjalan dengan sukses, saya sebagai pihak perantara harus mentransfer sejumlah uang tersebut kepada pihak penjual sebagaimana ketentuan dan kebijakan yang telah diberlakukan; pemotongan pajak sebanyak 2% misalnya :)

Karena kebetulan saya tergabung diberbagai komunitas blogger Indonesia, sedikit banyaknya saya pernah menjadi saksi kasus penipuan dari kronologi hingga ending-nya. Ada yang ingin ditanyakan? Nggooo...
Share To:

Arief Ghozaly

Post A Comment:

0 comments so far,add yours