Arti dan Makna Kata Regen, Crowd Control, Reap, Charge, Damage, Burst Damage, Cost, dan Initiator dan Perbedaannya

Setelah mengulik berbagai arti dari istilah-istilah yang ada di Mobile Legends: BangBang Indonesia, kali ini penulis bakal menjelaskan berbagai Specialty dari hero-hero yang ada di Mobile Legends.

Dikatakan "...dan Seterusnya" karena ada 9 Specialty yang berbeda-beda arti dan maknanya. Karena artinya yang berbeda-beda itulah, setiap Specialty memiliki fungsi dan kegunaannya masing-masing.

9 Pengertian Specialty: Regen, Burst Damage, Cost, Crowd Control, Push, dan Perbedaannya

Berawal dari banyaknya para pemain/player Mobile Legends pemula yang bertanya tentang Specialty, berikut penulis sajikan artikel tentang pengertian dan perbedaan Specialty hero-hero di Mobile Legends seperti Regen, Crowd Control, Reap, Charge, Damage, Burst Damage, Cost, dan Initiator.

9 Pengertian Specialty: Regen, Burst Damage, Cost, Crowd Control, Push, dan Perbedaannya


1. Apa arti Specialty Burst Damage di Mobile Legends?


Kita awali terlebih dahulu dengan kata "Burst Damage", karena kenyataannya banyak yang salah mengartikan, dan banyak pula yang salah membedakan antara Burst Damage dengan Damage.

Burst Damage merupakan skill ber-damage besar dengan serangan yang cepat. Contohnya Freya, Hayabusa, Chow, Karrie, Gossen, dan Natalia.

Beberapa hero yang memiliki skill spesial Burst Damage, diantaranya adalah Hayabusa, Clint, Karrie, Chou, Natalia, Freya, Lapu-Lapu, Aurora, Moskov, dan Roger.

2. Apa arti Specialty Damage di Mobile Legends?


Selanjutnya, kita beralih ke Damage -- tidak sama persis seperti "Burst Damage" yang sudah dipaparkan di atas.

Damage merupakan skill dengan damage besar, tapi tidak secepatnya "Burst Damage". Satu hal yang pasti, akan sangat menyakitkan apabila hero kita terkena serangan dari hero yang memiliki skill spesial Damage.

Beberapa hero yang memiliki skill spesial Damage, diantaranya adalah Eudora, Gord, Alpha, Kagura, Hilda, dan Cyclops.

3. Apa arti Specialty Regen di Mobile Legends?


Regen adalah skill spesial yang mampu menyembuhkan atau menambahkan HP (darah), baik untuk diri sendiri maupun kepada anggota tim lainnya.

Specialty Regen identik dengan hero Support, dan memang tidak salah karena yang hanya memilikinya rata-rata hero Support, contohnya saja Estes, Hylos, dan Rafaela.

Selain itu, beberapa hero yang memiliki skill spesial Regen, diantaranya adalah Estes, Rafaela, Hilda, Balmond, dan Alice.

4. Apa arti Specialty Crowd Control di Mobile Legends?


Crowd Control merupakan skill spesial yang berfungsi mengacaukan atau membubarkan kerumunan hero dari tim anggota kita dengan anggota tim musuh.

Contoh yang paling mudah menurut penulis di sini, dan langganan Ban, ialah Akai. Dengan ulti-nya, Akai bisa bisa dengan mudah mengacaukan Party/War yang sedang berlangsung.

Nah, buat yang penasaran, beberapa hero yang memiliki skill spesial Crowd Control, diantaranya adalah Akai, Tigreal, Alucard, Balmond, Nana, Vexana, Gatotkaca, Aurora, Johnson, Lolita, Ruby, dan Minotaur.

5. Apa arti Specialty Poke di Mobile Legends?


Salah satu skill paling spesial di Mobile Legends, karena Poke berarti "Spam Skills". Yaps... Poke adalah Specialty yang berguna melakukan Spam Skills tanpa ampun.

Pada Early Game, memang skill spesial Poke ini tidak terasa, bahkan Mana-nya cepat habis. Namun begitu pada Late Game, hero dengan Specialty Poke akan sangat diwaspadai, contohnya saja hero Mage yang bernama Cyclops.

9 Pengertian Specialty: Regen, Burst Damage, Cost, Crowd Control, Push, dan Perbedaannya
- Hero favorit penulis, Harley! -

Buat player yang suka main Spam Skill, berikut beberapa hero yang memiliki Specialty Poke, diantaranya adalah Clint, YSS (Yi Sun-Shin), Gord, Estes, Harley, Hylos, Cyclops, dan Vexana.

6. Apa arti Specialty Push di Mobile Legends?


Push bukan berarti menekan ke pertahanan lawan, itu pemahaman yang SALAH besar.

Push yang dimaksudkan pada game Mobile Legends, merupakan Specialty yang berfungsi memaksa lawan untuk mundur dalam waktu yang cepat. Contohnya? Moskov! Pahlawan di Mid-Lane kita, Marksman paling gagah.

Suka nge-push dan memukul mundur lawan? Sun, Moskov, Bane, dan Lolita merupakan hero yang memiliki Specialty Push sebagai kekuatan/skill utamanya.

7. Apa arti Engange/Initiator di Mobile Legends?


Buat player baru yang baru memulai main/bermain Mobile Legends, agak dimaklumi kalau belum mengerti, bahwasanya Initiator ini dulunya diistilahkan dengan sebutan Engange.

Initiator adalah skill spesial yang berfungsi memulai pertarungan. Specialty ini hanya dimiliki oleh hero-hero berjenis Tank karena hero Tank memiliki darah (HP) yang cukup tinggi dan/atau sulit mati.

Contohnya? Tigreal yang mampu berlari atau menabrak kerumunan musuh, lalu mengumpulkannya menjadi di satu tempat. Atau, Franco yang mampu menarik salah satu musuh dalam waktu yang cepat, efektif, dan efisien.

Beberapa hero dengan Specialty Initiator, diantaranya adalah Zilong, Franco, Johnson, Tigreal, dan Gatotkaca.

8. Apa arti Charge di Mobile Legends?


Dari katanya, "Charge" -- kita langsung berasumsi bahwa fungsinya menambah darah (HP), kan? Sebenarnya, faktanya Charge merupakan Specialty hero yang bertugas memulai pertarungan.

Ingat! Charge dan Initiator itu berbeda. Charge khusus untuk hero-hero dengan gaya serangan yang cepat, sedangkan Initiator untuk hero Tank karena memiliki Durability yang cukup mumpuni.

Bisa di bilang, Charge ini merupakan skill pemancing untuk memulai peperangan. Selain itu, skill spesial Charge memiliki daya gerak yang sangat cepat. Contohnya Fanny, Karina, dan/atau Chou.

9 Pengertian Specialty: Regen, Burst Damage, Cost, Crowd Control, Push, dan Perbedaannya

Beberapa hero dengan Specialty Charge, diantaranya adalah Akai, Zilong, Karina, Fanny, Alucard, Hayabusa, Alice, Freya, Saber, Natalia, Lapu-Lapu, Gossen, Chou, Alpha, dan Sun.

9. Apa arti Reap di Mobile Legends?


Reap adalah salah satu skill pasif paling mematikan di Mobile Legends. Reap merupakan skill spesial (Specialty) yang berfungsi menyiksa lawan hingga tak tersisa (ah elah...)

Contohnya? Bruno, Eudora, Fanny, dan Karina.

Ambil salah satu contoh, misalnya Karina... dengan mengendap-endap, skill ketiganya mampu mengejutkan lawan seketika, dengan kombinasi beberapa skill yang ada, lawan tidak akan berkutik sama sekali.

Apabila hero lawan yang ditargetkan mati oleh Karina, skill ultimate-nya akan kembali aktif secara otomatis dan bisa digunakan kembali. Jika hanya mendapatkan Assist, pengurangan Cooldown-nya akan berkurang secara drastis.

Beberapa hero yang dengan skill spesial, terbaik, dan paling mematikan di Mobile Legends ini diantaranya adalah Eudora, Bruno, Fanny, Karina, Layla, Nana, Kagura, Saber, Yi Sun-Shin (YSS), Miya, Roger, dan Karrie.

Nah itu dia pengertian dan perbedaan antara Regen, Crowd Control, Reap, Charge, Damage, Burst Damage, Cost, dan Initiator. Semoga berfaedah, dan wassalam.
Share To:

Arief Ghozaly

Post A Comment:

0 comments so far,add yours