Jenis Iklan AdSense YouTube: Display, Overlay, Sponsored & Skippable

Apa-apa saja jenis iklan Google AdSense yang tampil di video YouTube? Pernah bertanya demikian?

Sampai detik ini ada lebih dari 2 jenis iklan Google AdSense yang bisa Anda gunakan di AdSense YouTube seperti Overlay AdS, Sponsored Cards, Skippable dan Non-Skippable AdS.

Sekedar ingin memberi tahu, kalau iklan dengan jenis "Display AdS" telah dihapus oleh pihak YouTube.

Saya sendiri nggak tahu, tapi toh memang sudah nggak kelihatan lagi di Sidebar. Iya, kan?

Letak iklannya itu dibagian Sidebar kanan, dibagian paling atas. Sekarang sudah diganti dengan "Video Rekomendasi".

Satu hal yang pasti, Guys... Tuh unit iklan masih tersedia di pengaturan tampilan iklan Google AdSense YouTube kita, tapi nggak bisa kita ubah-ubah.

Jenis Iklan AdSense YouTube: Display, Overlay, Sponsored & Skippable


#1. Overlay AdS - Iklan Hamparan (Desktop Only)

Iklan ini bentuknya seperti CPC yang ada di dalam blog.

Misalnya, apabila ada penonton video yang meng-klik iklan jenis Overlay AdS ini, maka YouTubers tersebut mendapatkan sedikit penghasilan dari hasil klik tadi.

Jenis Iklan AdSense YouTube: Display, Overlay, Sponsored & Skippable

#2. Sponsored Cards - Kartu Bersponsor (All Device)

Saya kurang tahu pasti bagaimana bentuk tampilan iklan jenis Sponsored Cards. Secara, tidak semua video di YouTube memanfaatkan fitur Sponsored Cards ini.

Menurut informasi yang didapatkan, iklan berjenis Sponsored Cards sangat jarang ditampilkan.

Mungkinkah hanya diperuntukkan secara khusus bagi Channel-Channel video YouTube yang sudah berkualitas?

#3. Skippable Video Ads - Iklan video yang dapat dilompati

Skippable Video AdS ini iklan YouTube yang kita lihat selama 5 detik, 10 detik hingga 30 detik.

Adalah sebuah keuntungan bagi kita-kita yang pernah mendapatkan tayangan iklan jenis skippable video ads ini.

Menguntungkan banget, secara tidak semua video saluran YouTube mendapatkannya. Jarang banget pokoknya. Pendapatan dari iklan tayangan seperti ini juga tinggi.

Akan tetapi, kekurangan dari jenis iklan ini adalah bisa di Skip, dengan kata lain bisa dilompati atau dilewati tanpa di tonton terlebih dahulu.

Jika sudah di skip, ya sudah, kita tidak akan menerima penghasilan. Next, nomor 4!

#4. Non-Skippable Video Ads - Tidak bisa dilewati

Alhamdulillah kalau rekan-rekan YouTubers mendapatkan jenis iklan seperti ini.

Iklan ini hampir sama dengan jenis iklan nomor 3 diatas, namun keuntungannya adalah tidak bisa di Skip!

Artinya, penonton harus "terpaksa" menonton video tersebut selama 30 detik - atau kurang dari itu.

Bisa dibilang, tipe iklan seperti Non-Skippable ini sangat berarti. Nggak semua YouTubers mendapatkannya. Langka banget, deh!

Pada Non-Skippable Video AdS ini pun, YouTubers bisa menentukan pilihan apakah mengaktifkan "long non-skippable ads" atau tidak.

Long Non-Skippable AdS itu artinya iklan yang memiliki durasi lama serta tidak bisa di Skip oleh penonton.

Kalau misalkan pengaturan itu tersedia di Channel YouTube Anda, segera aktifkan deh! Jarang-jarang tuh, pendapatannya juga gede kok :)

Bagaimana Cara Menampilkan Iklan Adsense dengan Jenis tertentu?

Caranya sebelum video dipublikasikan, centang OK pada semua unit iklan Google AdSense YouTube.

Persoalan jenis iklan mana yang akan muncul, itu tergantung bagaimana sistem YouTube menilai saluran YouTube kita.

Kalau bagus, amat sangat bagus, biasanya diberi jenis iklan Non-Skippable Ads yang tidak bisa di Skip...*
Share To:

Arief Ghozaly

Post A Comment:

2 comments so far,add yours

changing story mengatakan...

Yaah akun saya disuspend.ngakses aja jarang2 apa karna punya 2 akun dalam 1 hp ta? Skrg sulit bertahan di youtube syarat th 2018 harus punya subscribe diatas 1000 dan tayang 4000jam
Ntar th 2019 kyk apa aturannya ..makin jual mahal aja si yutub ni

Arief Ghozaly mengatakan...

2 akun dalam 1 hp tidak masalah gan