Pernah gak sih berpikiran kenapa sebuah web blog atau website tidak menyediakan daftar isi atau sitemap blog? Bukankah itu bagian dari user friendly blog? Nah...

2 Alasan dan Penyebab Blog tidak Pasang Sitemap (Daftar Isi)

Arti dan Makna User Friendly

Pengertian user friendly adalah ramah pengguna, memudahkan, memanjakan dan mengistimewakan para pengunjung atau visitor blog yang mengunjungi situs kita.

Beberapa kriteria sebuah blog bisa dikatakan user friendly adalah:

  1. Situs cepat dimuat 100% ketika diakses
  2. Background putih dan warna font hitam (enak dibaca, tidak bikin sakit mata)
  3. Tampilan blog yang mobile friendly atau "mengikuti" tampilan smartphone yang digunakan pengunjung
  4. Adanya widget kotak pencarian, related posts, posting terpopuler
  5. Navigasi menu yang mudah - sesuai label atau kategori, dan next-home-previous post berupa judul artikel serta masih banyak lagi kriteria user friendly.

Semenjak artikel di dalam blog ini menyentuh angka 200-an, saat itu pula saya meniadakan atau tidak menyediakan daftar isi blog. Pertanyaannya adalah apa alasan dan penyebab blog tidak menyediakan dan memasang daftar isi atau sitemap blog di situs atau website miliknya?

2 Alasan dan Penyebab Kenapa Blog tidak Pasang Sitemap (Daftar Isi)


#1. Kode Javascript Sitemap Mengalami Gangguan

Beberapa waktu lalu javascript sitemap yang saya pasangkan di blog ini mengalami gangguan. Awalnya tampak seperti biasa, namun tiba-tiba muncul sebuah anchor text (kalimat berisi link url) yang tidak saya kenal dibagian bawah halaman sitemap.

Saya kurang tahu pasti kenapa ini bisa terjadi, tapi link tersebut mengarah ke sebuah blog blogspot yang tidak saya kenal. Namanya "heru-blogspot" kalau tidak salah. Karena saya pikir ini agak keliru, langsung saya hapus javascript yang mengatur sitemap di blog ini pada bagian static page (halaman statis).

Mas, kenapa gak bikin sitemap blog dengan kode javascript yang lain? Jawabannya, baca nomor 2 dibawah ini.

#2. Tidak Ingin Artikel di Copas

Seperti yang saya katakan pada halaman tentang saya, semua artikel disini sudah melalui proses percobaan untuk meningkatkan kredibilitas artikel yang saya posting.

Proses percobaan yang saya lakukan itu bisa memakan waktu berhari-hari, berminggu-minggu dan bahkan sampai berbulan-bulan lamanya hanya untuk menguji kebenaran. Yap, kebenaran, karena sebelumnya artikel yang saya tulis sudah dituliskan duluan oleh orang bule, saya terjemahkan ke bahasa Indonesia. Lalu saya lakukan percobaan, munggu bagaimana hasilnya, jika sukses maka pada akhirnya saya publikasikan di dalam blog ini.

Rumit, kan? Nah, maka dari itu, salah satu alasan dan penyebab mengapa saya tidak memasang sitemap blog adalah untuk menghindari hal-hal seperti copas. Ya setidaknya membuat lelah "si copas" untuk memilah-milah banyaknya artikel yang ada di dalam web blog ini.

Mungkin itu saja yang bisa saya jelaskan pada artikel ini, meskipun tidak ada seorang pun yang bertanya hehehe. Ya setidaknya menuangkan buah pikiran, kali saja berguna, ya kan? Semoga berguna, wassalam.*
Share To:

Arief Ghozaly

Post A Comment:

0 comments so far,add yours