Fetch as Google (FAG) namanya, jika di translate ke bahasa Indonesia, maka artinya "Ambil sebagai Google", yakni sebuah tools yang disediakan oleh Google yang berfungsi untuk mendaftarkan artikel blog kita agar konten ter-indeks oleh search engine google dalam waktu yang cepat.

Seperti biasa, sesaat setelah kita membuat dan memposting konten blog, kita pasti langsung mendaftarkannya ke Google Webmaster Tools dibagian "Ambil sebagai Google" atau Fetch as Google.

Cara Mengatasi Fetch as Google yang Error di Google Webmaster Tool

Permasalahannya tadi, ketika saya mendaftarkan artikel cara mengubah warna font cmd di google, saya mengalami permasalahan. Sesaat setelah memasukkan link url artikel, dari awal ngeblog sampai detik ini, saya selalu memilih "ambil dan render" atau fetch as google. Bukan fetch.

Alhasil, gagal total. Saya lakukan untuk kedua kalinya, ternyata render bermasalah juga. Untuk ketiga kalinya, saya mengubah pilihan yang awalnya "fetch as google" menjadi fetch saja. Berhasil!

Dalam kasus ini, muncul pesan error berupa, "Untuk sementara tidak dapat dijangkau". Ada logo tanda seru (!) berwarna merah (gambar dibawah), setelah di klik tidak muncul apa-apa. Barangkali ada keterangan error lebih lanjut, ternyata hanya logo saja. Kemudian saya restart laman google tersebut, alhasil kejadiannya pun sama, tidak ada keterangan lebih lanjut.

Penyebab Fetch as Google Gagal di Google Webmaster Tool (GWT)


Pada kasus ini, saya mengambil kesimpulan dari pengalaman saya yang baru saja terjadi. Kemungkinan terbesar, kita terlalu aktif atau over mendaftarkan artikel ke google menggunakan pilihan FAG. Pada akhirnya, google tidak mengizinkan pendaftaran artikel.

Cara Mengatasi Fetch as Google yang Error di Google Webmaster Tool

Atau... Karena pilihan FAG yang sudah terlalu sering digunakan, maka secara tidak langsung sistem atau server google pun tidak mengizinkannya, kecuali apabila kita memilih menu "Fetch" saja. Buktinya, seperti kasus saya diatas, berhasil.

Cara Mengatasi Fetch as Google yang Gagal di GWT


Seperti yang saya ceritakan diatas, untuk mengatasi FAG yang gagal, kita harus mengetahui terlebih dahulu pesan error apa yang ditampilkan. Inilah cara mengatasi fetch as google yang error di google webmaster tools.

  1. Copas link url artikel ke kolom render laman seperti biasa
  2. Pilih salah satu diantara Fetch atau Fetch as Google (pilih yang jarang digunakan)
  3. Tekan tombol dan selesai.

Apabila tutorial diatas berhasil dilakukan, muncul centang OK berwarna hijau dan keterangan informasi "URL telah dikirimkan ke indeks".

Jadi, itulah pengalaman saya terkait penyebab fetch as google gagal dan cara mengatasi fetch as google yang error di google webmaster tools.

INFORMASI TAMBAHAN

Setelah saya membaca pada cara google merender laman web Anda, ternyata benar bahwa saya terlalu sering menggunakan Fetch as Google sehingga permintaan render laman terjadi secara beruntun, dampak dan efeknya membuat server google menolak permintaan tersebut.

Nah, untuk memperbaiki dan mengatasi hal yang demikian, dalam kasus ini karena saya terlalu sering menggunakan FAG, maka jalan satu-satunya adalah memilih menu "Fetch" saja. Berhasil, 100% work.

Update Informasi

Entah apa yang terjadi, seperti yang saya katakan diatas, saya pun juga melakukan hal-hal diatas. Tapi, setelah untuk kedua kalinya menggunakan "Fetch", tiba-tiba render laman mengalami error lagi.

Atau karena saya terlalu sering menulis artikel dan over merender laman di google webmaster tools? Entahlah. Artikel ini akan terus saya update sebisa mungkin.

Update Lagi - 10 November 2016

Bisa disimpulkan, penyebab kenapa fetch as google mengalami kegagalan adalah karena kita terlalu sering menggunakannya, baik itu pilihan "fetch" saja maupun "fetch as google". Untuk mengatasinya, tunggulah hingga 1x24 jam, paling lama 2 hari.

Kita bisa membuat artikel seperti biasa, silahkan dipublikasikan saja. Besoknya, kita bisa langsung merender halaman konten blog tersebut seperti biasa. 100% Work! TAMAT. Mau menambahkannya? Semoga berguna, wassalam.*
Share To:

Arief Ghozaly

Post A Comment:

0 comments so far,add yours