Terlalu banyak Nama Blog seperti Kang, Mas & Dzgn

Kang, Mas dan Dzgn adalah beberapa URL dan/atau nama blog yang sering saya temukan di halaman pertama Google.

Saya yakin 100% penggunaan kata "Kang", "Mas" dan "Dzgn" berawal dari Kang Mousir (Kang); Mas Sugeng atau Masyadi (Mas); dan Arlina Dzgn (Dzgn).

Oh iya, ke empat-empatnya adalah blogger kondang asal Indonesia. Mereka blogger lama, pengalamannya di dunia blogging lebih lama dibandingkan saya; bahkan lebih tenar (populer) dibandingkan saya, engkau, dan dirinya.

Terlalu banyak Nama Blog seperti Kang, Mas & Dzgn

Tidak bermaksud offensive (menyerang) karena ada hal yang ingin saya tanyakan, mengapa tidak menciptakan personal branding dengan nama pribadi sendiri?

Mengapa? Pada kenyataannya, personal branding yang anda ciptakan sendiri akan mudah dikenal, di ingat dan/atau diketahui oleh para pembaca apabila sewaktu-waktu mereka ingin mengunjungi situs web anda lagi.

Contohnya? Saya ambil sample yang paling mudah saja yaaa... seperti SEO Killer Tips, -- nama dan/atau URL dari blog ini.

Istilah kata "SEO Killer Tips" pertama kali digunakan oleh Plato Web Design beberapa tahun yang lalu.

Istilah tersebut tidak terkenal, tidak penting, dan (mungkin) beberapa orang beranggapan bahwa apalah arti dan makna kata dari istilah "SEO Killer Tips".

Tepat 4 tahun yang lalu, saya mempopulerkan kata "SEO Killer" di Indonesia melalui nama blog ini. Entah bagaimana ceritanya, istilah "SEO Killer Tips" kini sudah mendunia.

Silakan ketik di Google, "SEO Killer Tips". Anda menemukan banyak artikel tentang "SEO Killer Tips" kan? Bahkan, situs sekelas Shotmeloud pun tidak mau ketinggalan..!!!

Terlalu banyak Nama Blog seperti Kang, Mas & Dzgn

Singkatnya, dalam beberapa tahun, saya berhasil menciptakan personal branding saya pribadi dengan nama "SEO Killer" meski pun pada "dasar"-nya saya kutip dari Plato Web Design. Thanks, PWD!

Apakah Salah Nama Blog sama dengan Blog Orang Lain?


Apabila anda bertanya, "Apakah salah menggunakan nama atau URL blog yang hampir mirip seperti situs-situs lainnya?" maka jawaban yang paling tepat adalah TIDAK SALAH.

Mengapa? Setidaknya, itulah awal mula motivasi anda.

Dengan menggunakan nama blog yang (hampir) sama dengan nama blog idola anda, setidaknya anda sedikit termotiviasi dari kesuksesan dan kepopuleran dari nama blog tersebut.

True, kan? Iya dong, ada benarnya juga...

Tips Memilih Nama Domain Blog


Bagi anda yang ingin mengubah/mengganti, atau sedang bingung ketika menentukan nama domain blog, ikuti beberapa saran rekomendasi di bawah ini:

  1. Sesuai dengan topik blog
  2. Nama blog harus relevan dengan URL blog itu sendiri
  3. Unik, menarik dan Fresh (tidak pernah digunakan oleh blog/situs mana pun seperti Hipwee)
  4. Nama atau domain (URL/Link) blog harus mudah di ingat 

Kesimpulannya ialah ciptakan sendiri personal branding anda.

Nggak perlu meniru atau ikut-ikutan dengan nama blog orang lain karena itu mengurangi nilai personal branding anda.
Share To:

Arief Ghozaly

Post A Comment:

9 comments so far,add yours

Khairunnisa Ast mengatakan...

Dulu waktu milih nama blog karena keterbatasan kosa kata. Maklum, masih pake domain gratisan. Akhirnya malah nempel sampai sekarang.

Blog Mang Otep mengatakan...

saya memlih nama blog dan nama domain sesuai nama saya pak, isinya pun sama dngan hobi saya. ya bukan bermaksud mengungguli tapi balik ke diri masing - masing aja tjuan ngblog itu apa

Warim mengatakan...

betul banget mas, saya juga sering banget ngliat nama blog yang pake seperti yang disebutkan di atas.. hehe

Arief Ghozaly mengatakan...

Pake ini mba:
https://www.leandomainsearch.com

Arief Ghozaly mengatakan...

Setuju. Wah pake simplify? Keren tuh...
Ukuran font di bagian Sub-Menu nya kekecilan pak. Alangkah baiknya di perbesar sedikit lagi.

Arief Ghozaly mengatakan...

Aneh bin ajaib, situs mereka sering banget nongol di halaman pertama Google. Konspirasi wahyudi banget yak :)))

Yosep Eko Prambudi mengatakan...

wah makasih banyak pak admin atas koreksi nya. sedang membetulkan template juga nih kebetulan

Yuga Yugi mengatakan...

Benar. Saya lebih nyaman dengan profesi dan hoby saya.

Arief Ghozaly mengatakan...

Yang komen mang otep, yang bales mas yosep... 8-)