Apa Pengertian dari Long Tail Keyword? Bagaimana Dampak dan Pengaruhnya bagi SEO Postingan Blogspot?

Bertambahnya para pengguna internet turut mengubah "pola/tingkah" algoritma dalam memeringkatkan konten di halaman pertama Google.

Contohnya adalah artikel tentang tenggelamnya kapal Titanic.

Selama ini, orang-orang mungkin hanya berpikir bahwa tragedi Titanic hanya kecelakaan semata, ternyata di balik kecelakaan itu ada konspirasi terselubung.

Sedikit banyaknya, beberapa ribu orang langsung mencari artikel konspirasinya di Google. Google melalui algoritmanya, mau tidak mau harus memperbaharui segala sisi algoritmanya.

EFEK Long Tail Keyword bagi SEO Postingan Blogspot

Tahukah sobat bahwa hal ini ada kaitannya dengan algoritma Hummingbird dan Google Penguin?

Dari perubahan algoritma yang dimaksud, tahukah sobat bahwa hal yang paling krusial dan sangat terasa adalah penggunaan Long Tail Keyword?

Apa itu Long Tail Keyword?


Pengertian Long Tail Keyword (LTK) adalah kata kunci lebih dari satu kata tertarget yang sifatnya tidak terbatas.

  • Cara Membuat Blog
  • Cara Mengubah/Mengganti Template Blogger
  • Cara Modifikasi Template Blogger

Ketiga kalimat di atas adalah beberapa contoh kata kunci berupa LTK. Jika ketiga LTK di atas ditempatkan di dalam satu postingan, apalagi kontennya berkualitas, bisa dipastikan artikelnya berada di halaman pertama Google.

Memahami Perbedaan antara LTK dan Short Tail Keyword


Jika LTK adalah kata kunci panjang, maka STK adalah kata kunci pendek sebagaimana bahasanya.

STK sebenarnya lebih bagus dibandingkan LTK karena STK bersifat jangka panjang. Jika suatu blog berhasil memenangkan persaingannya, maka sifatnya bisa jadi seumur hidup (permanen).

Contoh penggunaan STK yang berhasil diterapkan adalah situs MOZ. Silakan ketik di Google, "What it's SEO?" maka juaranya adalah MOZ.

Karena STK merupakan penargetan kata kunci yang sulit dan mustahil untuk di jangkau, apalagi bagi situs-situs terbaru, maka LTK bisa dijadikan solusi atau alternatif saat ini.

Kesimpulan


Baik STK dan LTK, sama-sama bagus kok. Yang paling penting adalah bagaimana caranya sobat bisa merangkai kata per kata hingga menjadi sebuah kalimat yang ampuh untuk bisa memenangkan halaman pertama Google.

Sangat sederhana, kan? Begitulah algoritma Hummingbird dan Penguin bekerja.

Sudah mendapatkan bayang-bayangnya; seperti cara menggunakannya atau mengoptimalkan kata kunci panjang ini? Ok semoga berguna.*
Share To:

Arief Ghozaly

Post A Comment:

0 comments so far,add yours