Pengertian algoritma Rankbrain; Dampak, Efek dan Pengaruh Rankbrain bagi SEO Blog, Situs dan Website

Apa itu algoritma Rankbrain? Rankbrain adalah algoritma yang bertugas menampilkan kueri lanjutan, rujukan atau saran pengguna mesin pencari Google.

Sebenarnya, algoritma ini bukan pengganti dari suatu algoritma terdahulu, melainkan pengembangan dari algoritma terdahulu yang kita kenal dan terkenal algoritma Hummingbird.

Pada dasarnya, Rankbrain merupakan parameter yang digunakan oleh Google untuk menyusun hasil pencarian berdasarkan apa yang di ketik atau di cari oleh para pengguna mesin pencari.

Pengertian Algoritma Rankbrain SEO Google

Oh iya... algoritma ini menggunakan sistem A.I. Advanced (Artificial. Intelligence. Machine Learning) yang disebutkan oleh Google bahwa sistem ini melebihi "kecerdasan buatan".

Praktisnya, algoritma Rankbrain ini akan terus mencatat, memperbaharui dan mempelajari bagaimana para pengguna Google dalam mencari sebuah konten; dan nantinya, sistem inilah yang akan mengatur segalanya.

  • lokasi tenggelamnya kapal titanic
  • tenggelamnya titanic menurut surah yasin yang mengejutkan dunia
  • titanic tenggelam karena kesombongan
  • penjelasan kenapa kapal titanic bisa tenggelam
  • asal usul kapal titanic
  • video titanic tenggelam
  • titanic tenggelam asli
  • gunung es yang ditabrak kapal titanic

Di atas adalah beberapa kueri lanjutan yang dimaksud, dimana yang saya ketikkan di kolom pencarian Google adalah "Penyebab titanic tenggelam".

Lihat dan pahami pada kueri lanjutan di atas, ada kata "Gunung Es" yang mengindikasikan bahwa mungkin ada kaitannya kapan Titanic yang tenggelam dengan "Gunung Es". Nyatanya? Memang iya :)

EFEK algoritma Rankbrain bagi Ranking Artikel dan Blog di SERPs


Salah satu fakta menariknya, algoritma Rankbrain mempengaruhi peringkat (ranking) dari sebuah posting dan situs di halaman penelusuran Google.

Silakan ketik di Google, "Cara membuat Blog". Jika sebelumnya artikel sobat berada di halaman pertama Google, ada kemungkinan posisi atau peringkat blog sobat berada di halaman kedua Google.

Oh iya, algoritma ini berkaitan erat dengan Organic Traffic dan Long Tail Keyword.

Salah satu cara mengatasi dan menghadapi algoritma Rankbrain ialah dengan cara memilih dan menentukan Long Tail Keyword secara tepat dan akurat.

Selalu ingat, semakin tinggi atau banyak trafik organik yang didapatkan, maka semakin bagus pula posisi ranking sebuah artikel atau blog di halaman pertama Google.

Algoritma Rankbrain versi Kedua


Fakta menarik lainnya, Rankbrain sebenarnya sudah ada sejak lama. Bisa dikatakan, yang diperkenalkan ini merupakan algoritma versi terbarunya.

Greg Corrado, salah satu senior di perusahaan Google mengatakan begini:

RankBrain uses artificial intelligence to embed vast amounts of written language into mathematical entities - called vectors - that the computer can understand. If RankBrain sees a word or phrase it isn’t familiar with, the machine can make a guess as to what words or phrases might have a similar meaning and filter the result accordingly, making it more effective at handling never-before-seen search queries.

Pada versi pertama, algoritma ini tidak mampu meneruskan kueri dari suatu kata yang di cari. Contohnya, "Watch" (menonton).

Sedangkan pada versi lanjutannya yang sekarang, algoritma RankBrain sudah mampu meneruskan kueri lanjutan yang dimaksud, seperti kata "Watch" yang berarti ada "-ing", sehingga menjadi "Watching" (sedang menonton).

From emailing with Google, I gather RankBrain is mainly used as a way to interpret the searches that people submit to find pages that might not have the exact words that were searched for. - Search Engine Land.

CEO Google, Eric Schmidt (2001 - 2011), pernah mengatakan bahwa terdapat lebih dari 200 faktor yang mempengaruhi SEO; baik dari segi sebuah artikel maupun situs.

Source: Meet Rank Brain Google Search Results dan FAQ all about the New Google Rankbrain Algorithm.
Share To:

Arief Ghozaly

Post A Comment:

0 comments so far,add yours