Update Algoritma Terbaru Google: Algoritma MobileGeddon (Mobile Friendly)

Tepat pada tanggal 21 April 2015, Google resmi merilis algoritma terbarunya yang dinamakan MobileGeddon.

Apa itu algoritma MobileGeddon? Bagaimana pengaruhnya terhadap blog, situs, atau website?

Pada dasarnya, arti dan makna kata "algoritma" adalah suatu proses perhitungan berdasarkan langkah-langkah secara berurutan untuk menyelesaikan suatu masalah pada pemrograman komputer.

Praktisnya, algoritma merupakan suatu proses pemecahan masalah yang terjadi pada pemrograman komputer.

Selanjutnya, yang dimaksud dengan algoritma MobileGeddon adalah bagaimana algoritma memecahkan suatu masalah yang dikehendaki oleh beberapa pihak; baik individu, kelompok, atau suatu perusahaan.

Update Algoritma Terbaru Google: Algoritma MobileGeddon

Seperti yang dituliskan pada judul, Google kembali menghadirkan algoritma terbaru mereka yang dinamakan "MobileGeddon".

Apa itu Algoritma MobileGeddon?


Algoritma MobileGeddon merupakan sebuah algoritma yang akan mengutamakan blog/situs di halaman pertama Google berdasarkan "Theme" yang digunakan.

"Theme" atau "Tema" yang dimaksud adalah "Template".

Di platform blogging Blogger/Blogspot, dikenal dengan istilah "Blogger Theme" atau "Template Blogger"; sedangkan di WordPress, dikenal dengan istilah "WordPress Theme".

Semakin bagus "Mobile Friendly" dari sebuah template blogger, semakin bagus pula posisi ranking artikel dan blog di halaman pencarian Google.

Starting April 21, we will be expanding our use of mobile-friendliness as a ranking signal. This change will affect mobile searches in all languages worldwide and will have a significant impact in our search results. Consequently, users will find it easier to get relevant, high quality search results that are optimized for their devices.

Jika blog atau situs ingin ditempatkan pada posisi (ranking) yang bagus di Search Engine Result Page (SERP), maka mutlak sebuah situs harus menggunakan tema blog yang sudah mendukung Mobile Friendly dan Responsive (Adaptif).

Apa itu Mobile Friendly dan Responsive?


Arti dan makna kata dari "Mobile Friendly" adalah sebuah tema blog yang mampu menyesuaikan tampilannya dengan berbagai layar perangkat yang digunakan oleh para pengguna Google.

Jika dikunjungi dari smartphone, maka ukuran tampilan situs akan berubah secara otomatis mengikuti sebagaimana bentuk dan ukuran dari layar smartphone tersebut.

Hal di atas juga berlaku dengan berbagai layar tablet, tab, android, iphone, dan berbagai produk teknologi lainnya.

Semakin "Mobile" dan "Responsive" yang ditampilkan oleh template, maka semakin bagus pula ranking suatu artikel dan blog di halaman pencarian Google.

Awal Mula dan Sejarah MobileGeddon Algorithm


Sebelum adanya smartphone, orang-orang menggunakan komputer (PC) untuk mengakses berbagai berita dan informasi yang tersedia di Google.

Setelah smartphone diperkenalkan ke seluruh penjuru dunia, disinilah semuanya berubah.

Berdasarkan analisis dan statistik yang didapatkan oleh Google, sebanyak 70% pengguna yang mengakses Google didapatkan dari smartpohone. Sementara, 30% lainnya didapatkan dari komputer, laptop, netbook, dll.

Melihat analisis yang cukup mengejutkan, dan demi kenyamanan para penggunanya, Google merilis algoritma terbaru yang dinamakan MobileGeddon.

Secara tidak langsung, algoritma MobileGeddon mewajibkan setiap Blogger untuk mengubah (mengganti) struktur data template blogger menjadi lebih baik lagi; tentunya dengan menambahkan "Mobile Friendly".

Struktur Data MobileGeddon


Sebuah template blogger yang akan dimodifikasi menjadi Mobile Friendly (Responsive), setidaknya harus menambahkan beberapa kode di bawah ini:

@media (min-width: 1281px) {
//CSS
}
@media (min-width: 1025px) and (max-width: 1280px) {
//CSS
}
@media (min-width: 768px) and (max-width: 1024px) {
//CSS
}
@media (min-width: 768px) and (max-width: 1024px) and (orientation: landscape) {
//CSS
}

Kode di atas bukan berarti bisa sobat Salin (Copy) lalu menempatkannya di dalam template blogger. Tidak bisa seperti itu, tidak boleh sembarangan.

Sobat harus memahami bagaimana cara kerja berbagai kode yang ada di dalam "Blogger Theme" tersebut seperti HTML dan CSS.

Tujuannya agar semua kode bisa terintegrasi dengan baik dan bisa berjalan dengan sempurna.

https://developers.google.com/webmasters/mobile-sites/get-started?utm_source=wmc-blog&utm_medium=referral&utm_campaign=mobile-friendly
https://search.google.com/search-console/mobile-friendly?utm_source=mft&utm_medium=redirect&utm_campaign=mft-redirect
https://www.google.com/webmasters/tools/mobile-usability?utm_source=wmc-blog&utm_medium=referral&utm_campaign=mobile-friendly
https://firebase.google.com/docs/app-indexing/?utm_source=wmc-blog&utm_medium=referral&utm_campaign=mobile-friendly
Share To:

Arief Ghozaly

Post A Comment:

0 comments so far,add yours