Beberapa Hal tentang Dampak/Pengaruh Menghapus Akun Google+ bagi SEO Blog dan Artikel (Postingan)

Apa dampak, efek dan pengaruh menghapus akun Google+ bagi SEO blog?

Sebagai salah satu pengguna media sosial, saya mengutamakan berbagai produk Google guna mendukung berbagai aktifitas saya. Beberapa produk yang dimaksud seperti Gmail, Google AdSense, Maps, YouTube, Picasa, Google Drive, Blogger, Chrome, Google Docs, Translate, dan Google Trends.

Kenapa? Karena satu akun Google+ akan terintegrasi dengan semua produk dan layanan milik Google secara otomatis tanpa batas.

4 Efek Menghapus akun Google+ bagi SEO Blog

Praktisnya, cukup membuat dan/atau memiliki satu buah akun Google+, maka sobat sudah bisa menggunakan semua layanan, produk, dan jasa yang ditawarkan oleh Google.

4 Efek Menghapus akun Google+ bagi SEO Blog


Saya enggak tahu apa penyebab atau alasan sobat ingin menghapus akun Google+ baik yang sifatnya sementara atau permanen.

Tapi, menghapus akun Google Plus itu bisa berdampak buruk (negatif) bagi semua layanan dan produk Google yang pernah sobat gunakan; salah satunya adalah terhapus blog secara "tidak sengaja".

1. Semua Layanan Google Terhapus


Sobat pernah menyimpan file, foto atau gambar di Google Drive?

Jika sobat menghapus akun Google+ tersebut, yang mana akun ini sudah terintegrasi dengan Google Drive, maka semua file-file penting akan ikut terhapus secara otomatis.

Bukan cuma Google Drive, Google Play Game pun juga akan ikut terhapus, -- yang kita tahu sebagai tempat penyimpanan Game di Android (Saving Game/Campaign).

Apakah sobat seorang blogger yang punya Blog di Blogspot? Juga ikut terhapus. So, berhati-hati ya :)

2. Followers dan "View" yang Menghilang


Akun Google+ itu bisa diikuti (followers) dan mengikuti (following). Sekalinya sobat menghapus akun Google+ secara permanen, semuanya akan hilang.

Untuk "viewers", mungkin tidak masalah karena itu masalah kecil. Tapi, kalau kehilangan followers? Nah, ini dia masalah besarnya.

Jika sobat seorang blogger dan mengandalkan Followers di Google+ untuk mendapatkan trafik situs, mau tidak mau sobat harus kehilangan Followers, -- yang artinya juga bakal kehilangan trafik dalam jumlah banyak.

Backlink terbaik di dunia adalah Backlink yang didapatkan langsung dari Google+, bukan Facebook atau pun Twitter; karena Google+ merupakan produk milik Google sendiri.

Followers itu penting banget. Mereka adalah cerminan kita. Semakin banyak yang Follow kita, berarti ada sesuatu hal yang menarik dari profil akun Google+ kita. Orang lain pun akan ikut-ikutan Follow kita.

3. Dari segi Trafik Blog atau Situs


Masih berkaitan dengan No. 2 di atas... Jika sobat selesai menulis artikel di blog, secara otomatis akan dibagikan ke Timeline Google+, kan?

Jika artikelnya menarik, maka mereka semua -- Followers -- akan membuka artikel tersebut.

Ketika artikel di buka oleh Followers, disini ada 2 manfaat yang akan sobat dapatkan: (1) trafik alami dan (2) Backlink gratis, berkualitas dan bernilai tinggi.

Selain itu, semakin banyak yang mengakses konten atau situs sobat melalui Timeline Google+, sedikit banyaknya akan mempengaruhi ranking artikel dan blog sobat untuk bisa berada di halaman pertama Google.

4. Efek terhadap SEO Blog atau Situs


Saya pernah menulis artikel tentang Google+ adalah Backlink Terbaik di Dunia. Kenapa dikatakan Google+ merupakan Backlink terbaik di dunia?

Karena nyatanya, Backlink yang didapatkan dari Google+ merupakan Backlink yang bersifat "DoFollow".

Backlink jenis DoFollow lebih baik dibandingkan NoFollow karena DoFollow akan memerintahkan Crawler untuk mengakses situs kita secara menyeluruh, sedangkan NoFollow tidak sama sekali.

Coba bayangkan, hal ini ada kaitannya dengan Followers yang sobat miliki, kan?

Maka dari itu, apabila sobat ingin menghapus akun Google+, please... pikirkan secara matang. Saya harap sobat mengerti dengan penjelasan di atas. Semoga berguna.*
Share To:

Arief Ghozaly

Post A Comment:

4 comments so far,add yours

Rudy mengatakan...

Barusan saya buat blog baru di blogspot, buat tutorial agar di screenshoot langkah2nya. Pas sudah selesai saya hapus google+, yg terjadi bukan hanya google+ yg terhapus tetapi juga alamat blogspot yg baru saja saya buat (belum ada postingan), dan saya ketik lagi alamat blogspot tsb di browser ternyata msh bisa didaftarkan kembali (tidak dihapus permanen), bagaimana penjelasannya kok bisa terhapus sama blognya? Thanks

Algazali Official mengatakan...

Sebelum menghapus akun google plus, biasanya ada peringatan seperti ini mas:

"Apakah Anda yakin ingin menghapus akun google plus Anda? Semua perangkat yang terhubung ke akun google plus milik Anda juga akan ikut terhapus. Pastikan bahwa Anda telah mem-back up data-data yang Anda anggap penting."

Itulah kenapa blog mas terhapus, karena jelas-jelas ada peringatan "semua perangkat yang terhubung ke akun google plus milik Anda juga akan ikut terhapus".

Iya bener juga nih... Semua yang ku share di Google+ bakal lebih mudah masuk search engine bandingkan semacam fb, twitter dan semacamnya. Makasih yaa infonya... Sangat memberkati buat saya yang masih newbie... Sukses slalu!!

Arief Ghozaly mengatakan...

Ini dia gan ^^
https://tipsseokiller.blogspot.co.id/2016/07/fakta-backlink-google-plus.html