Apa itu Google Hawk? Bagaimana pengaruh, dampak atau efek Google Hawk bagi Blogspot?

Setelah Google melakukan update algoritma SEO Blogspot.Com ke Blogspot.Co.ID, MobileGeddon, Backlink sudah Mati, dll... Kini hadir, algoritma SEO Google terbaru yang dinamakan Google Hawk.

Google Hawk adalah salah satu algoritma SEO Google terbaru yang dibuat dan diberlakukan pada akhir tahun 2017, tepatnya tanggal 22 Agustus 2017.

Google mengambil kata "Hawk" yang berarti menukik dan menangkap sesuatu yang terlihat lengah. Btw... Google Hawk adalah gabungan dari algoritma Pigeon dan Possum.

Anda pernah menonton National Geographic, bro?

Hawk itu adalah elang, melayang diatas, menentukan target, lalu menukik tajam secara diam-diam tanpa kepakan sayap, dan jegerrr... menerkam buruan yang sudah di target tadi :)

Pengaruh Google Hawk bagi SEO Toko Online


Pada dasarnya, Google Hawk adalah algoritma terbaru yang bertugas atau berfungsi melakukan penyaringan terhadap konten yang dicari pada wilayah lokal.

Tujuannya, Google tidak ingin bisnis yang sama berada di wilayah yang sama, karena takutnya malah diartikan oleh algoritma lain sebagai Duplicate Content, artikel Copas atau Rewrite.

Google juga tidak ingin suatu website mendominasi wilayah tersebut sehingga pesaing lainnya kalah.

Pengertian Google Hawk dan Efeknya bagi Blog

Selain itu, jika anda sedang menjalankan Bisnis Online, anda harus menargetkan siapa dan dimana orang yang ditarget. Jika targetnya adalah orang Indonesia, maka pasang judul yang mengartikan bahwa pembelinya adalah orang Indonesia.

Intinya, target pembeli anda harus spesifik, dimulai dari siapa dan dimana; dan berapa umurnya. Contoh:

"Jual Sepeda Murah untuk Anak-Anak Wilayah Jabodetabek, COD dan Terpercaya."

Keterangan: Anda menjual sepeda murah, targetnya adalah anak-anak, dan wilayah lokal yang ditarget seputar Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Denpasar, Tangerang dan Bekasi).

Stacy Willis, situs terkemuka yang membahas SEO, -  mengatakan:

"Prior to it, businesses that were close together geographically and within the same industry would end up being filtered out of local results -- most likely because Google thought they might be duplicates. This issue most commonly affected businesses offering similar services in a given area n like hotels or restaurants."

Maka dari itu, anda harus spesifik dan bijak dalam menentukan dan menggunakan judul artikel.

Apabila anda tidak "mengindahkan" algoritma Google Hawk sebagaimana mestinya, blog anda akan dikesampingkan; tanpa pengecualian sedikit pun.

Secara garis besar, Google Hawk sangat sensitif terhadap Toko Bisnis Online, -- tidak berlaku untuk blog biasa, seperti blog ini misalnya.

Cara Menghadapi Algoritma Google Hawk


Yang perlu anda lakukan pertama kali adalah diagnosis terhadap Bisnis Online anda; tentang siapa targetnya, berapa umur targetnya, dan apakah sudah spesifik atau belum.

Jika targetnya adalah Indonesia (tetap dianggap lokal, - Internasional), -- maka SEO yang harus anda terapkan harus benar-benar kuat.

Mengapa? Karena anda akan bersaing dengan situs terbaik lainnya, -- yang sama-sama menargetkan pembeli untuk semua orang di Indonesia.

Pengertian Google Hawk dan Efeknya bagi Blog

Namun, kalau targetnya adalah orang-orang lokal di tiap-tiap provinsi, itu akan jauh lebik dan lebih spesifik, sesuai dengan algoritma Google Hawk.

Apalagi jika pengunjung dalam keadaan Login, menggunakan akun Google+, mengaktifkan Google Maps yang menandakan dimana ia berada, dan apabila Toko Online anda sesuai dengan Google Maps si pengunjung, itu adalah nilai plus buat Toko Online anda (Rahasia SEO).

Oh iya, faktor-faktor ranking SEO lainnya juga dianggap disini. Trafik akan dihitung, pageviews pun akan dihitung.

Trafik dihitung berdasarkan minat para pembeli, mereka berbondong-bondong ke situs anda, atau hanya sekedar tertarik alias Cuci Mata -- semakin tinggi trafik lokal yang ditarget, semakin bagus pula ranking situs yang akan diberikan.

Begitu juga dengan Pageviews. Pageviews mengartikan bahwa pembeli bingung, antara memilih ini atau itu, memilah-milah artikel, pageviews pun meningkat, maka Toko Online anda pun akan semakin bagus "dimata" Google.

Anda juga tidak boleh mengabaikan dasar-dasar SEO seperti deskripsi artikel, Title Tag, dan judul artikel SEO. Google akan menjadikan dasar-dasar SEO ini sebagai faktor ranking dari artikel dan situs anda.

Mengatasi Google Hawk: Tips Tambahan


Jika situs anda berupa Toko Online yang menjual jasa, makanan atau minuman seperti Coffee Shop, Hotel, Condominium, dll... anda harus mendaftarkan situs web anda di produk Google.

Pengertian Google Hawk dan Efeknya bagi Blog

Anda bisa memanfaatkan laman ini: Pedoman Menampilkan Bisnis di Google. Beberapa situs referensi yang perlu anda simak lainnya ialah dibawah ini:

  1. https://www.google.com/business/
  2. https://developers.google.com/maps/documentation/javascript/places-autocomplete
  3. https://developers.google.com/maps/documentation/javascript/examples/places-autocomplete-addressform
  4. https://developers.google.com/maps/documentation/geocoding/intro

Anda juga harus berhati-hati dalam menghadapi Google Hawk. Semisal, bisnis anda berada di gedung yang sama, maka Bisnis Online anda akan dieliminasi dengan kemungkinan 50% banding 50%.

Secara garis besar, Google ingin membantu Toko Online yang anda miliki dengan cara seperti diatas, -- menghapus nilai-nilai dominasi suatu Bisnis pada wilayah tersebut, sehingga setiap pebisnis online lainnya mendapatkan keuntungan secara merata.

Google hanya ingin para penggunanya memahami dan menyesuaikan algoritma Google Hawk ini dengan blog atau situs web yang mereka miliki.
Share To:

Arief Ghozaly

Post A Comment:

0 comments so far,add yours