Panduan Bagaimana Cara Menentukan Blogger Theme yang Efektif

Begitu banyaknya blogger theme yang dibagikan secara gratis membuat para pengguna (blogger) sering kebingungan dalam memilih dan menentukan template blog yang akan digunakan.

Sebenarnya sangat mudah dan praktis, kok!

Sebab, yang belum diperhatikan adalah tingkat kepahaman anda tentang HTML, CSS dan JavaScript serta topik blog apa yang anda gunakan.

Dikutip langsung dari MSDN Microsoft: How to Choose an Effective Blog Template or Theme, -- inilah cara memilih template blogger yang baik dan benar untuk blogger pemula.

28 Tips dalam Memilih Template Blogger yang Tepat

28 Tips dalam Memilih Template Blogger yang Tepat


1. Sesuaikan dengan Topik Blog


Jika topik blog anda merupakan tema yang menggunakan banyak kategori, dan/atau niche general blog, maka gunakan template blogger khusus magazine.

Beberapa rekomendasi situs terbaik yang menyediakan blogger theme gratis rasa premium diantaranya adalah Sora Templates, LovelyTemplates, Maskolis, Gooyabitemplates dan lainnya.

Apabila topik blog anda seperti blog personal, tulisan pribadi, atau tentang kehidupan pribadi, maka gunakan template dengan gaya simple, sederhana, dan terdiri dari 2 kolom.

SEO Kraken blogger theme adalah template blogger yang cocok untuk blog pribadi (personal theme); apalagi jika situs anda sudah dimonetisasi dengan AdSense, bagus tuh! :)

2. Mulai dengan Tema 2 Kolom


Jika anda tidak sependapat dengan No. 1 diatas, maka mulailah dengan template blogger dengan 2 kolom; yang terdiri dari Main-Wrapper dan Sidebar-Wrapper tanpa Footer.

Berdasarkan literatur online alias Googling, theme dengan 3 kolom kurang User Friendly karena pembaca sulit memahami dan bingung dalam memilih artikel; dan bahkan tampilan situs terlihat sedikit berantakan.

3. Pahami Kemampuan Anda terhadap Coding


Orang-orang menyebutnya Coding, tapi apabila diterjemahkan dengan lebih jelas, Coding berarti HTML, CSS dan JavaScript.

Template blogger di bangun dengan 2 elemen dasar yaitu HTML dan CSS. Satu lagi, JavaScript.

HTML untuk merangkai template, CSS untuk mengatur gaya tampilan, sedangkan JavaScript untuk memperindah tampilan template blog.

Apabila anda tidak mampu atau belum memahami bagaimana kinerja dari sebuah template, berhati-hatilah ketika mengeditnya.

Saran terbaik untuk blogger pemula yang belum mengerti tentang dunia Coding adalah menggunakan template blogger bergaya sederhana yang terdiri dari 2 kolom.

4. Kualitas Tampilan Blogger Theme


Selain itu, yang perlu diperhatikan dalam langkah-langkah menentukan template blogger yang tepat dan efektif lainnya adalah mempelajari bagaimana para pembaca ketika melihat tampilan situs anda.

Contohnya seperti Navigasi Menu yang jelas, adanya Breadcrumbs guna mengarahkan (memberitahukan) para pembaca dari mana artikel tersebut dimulai, Related Posts untuk menampilkan artikel terkait, dukungan Script dari video yang Responsive, dan banyak lagi.

Selain itu, perhatikan pula apakah para pembaca nyaman dengan tampilan situs anda atau tidak sama sekali.

Salah satu tips dari saya adalah gunakan template blogger bersih (tidak mencolok), background putih dengan font-color berwarna hitam karena ketiga hal itu merupakan bagian User Friendly/Human Friendly.

5. Bertanya dengan Teman


Mulailah bertanya dengan teman anda, baik itu anggota dari forum/komunitas blogger, sahabat, teman, keluarga dan lainnya.

Minta pada mereka untuk menilai tampilan situs anda dari segi (sisi) apapun.

Kadangkala, apa yang menurut anda pas, nyatanya tidak pas dengan para pembaca. Jadi, berusalah untuk open-minded atau terbuka (menerima) dengan pendapat, opini, kritik dan/atau masukan dari orang lain.

6. Jika tidak Ada yang Pas, Ganti dengan Blogger Theme Lain


Apabila dalam beberapa kasus ternyata ada fitur yang tidak bekerja sesuai dengan blog demo, silakan ganti (ubah) dengan template blogger gratis lainnya.

Dalam beberapa kasus, tampilan dari template blog yang anda download (gratis) tidak sesuai dengan tampilan demo.

Mengapa? Hal itu disebabkan karena yang anda download adalah blogger theme versi gratis; sedangkan yang ditampilkan pada blog demo menggunakan blogger theme versi premium.

Singkatnya, apabila anda ingin menggunakan template dan tampilannya sesuai dengan blog demo, belilah template blogger versi berbayar (premium).

Faktor Vital di Tema Blog Anda

  1. 2 Kolom vs. 3 Kolom Template;
  2. Pola warna;
  3. Kombinasi huruf untuk judul, badan (blogposting), dan bilah sisi (sidebar);
  4. Pasca keterbacaan;
  5. Desain sidebar yang efektif;
  6. Pola pengalaman pengguna untuk penelusuran (UX Experience);
  7. Penggunaan gambar yang efektif;
  8. Desain spanduk yang efektif;
  9. Adanya dukungan komentar baik itu Facebook, Google dan Disqus;
  10. Penggunaan whitespace yang efektif;
  11. Tautan;
  12. Search Engine Optimization (SEO).

Fitur Utama Blog

  1. Judul dan Tujuan
  2. Tentang Halaman
  3. Kategori
  4. Cari blog anda
  5. Tag Cloud
  6. Komenter terbaru dan Tulisan terbaru
  7. Jelajahi posting anda
  8. Berlangganan dengan RSS
  9. Berlangganan melalui email
  10. Komentar

Itu dia bagaimana cara memilih template blogger yang baik dan benar buat blog.

Jika sampai saat ini anda sulit dan/atau kebingungan dalam memilih template, maka rekomendasi saya dari ialah gunakan SEO Kraken Blogger Theme.

28 Tips dalam Memilih Template Blogger yang Tepat


SEO Kraken bergaya khas, minimalis, trendi dan keren.

Adanya dukungan SEO Optimized dan High CTR Google AdSense tentunya tidak membuat anda kesulitan dan/atau kebingungan lagi dalam menentukan blogger theme. Thanks.
Share To:

Arief Ghozaly

Post A Comment:

0 comments so far,add yours