Pengalaman Google AdSense Blog Dinonaktifkan karena Navigasi Menu Drop Down

Alhamdulillah, salah satu blog saya dinonaktifkan untuk menayangkan iklan Google AdSense karena melanggar kebijakan program AdSense.

Benarkah demikian? Ya, saya akui itu benar.

Tanpa bertanya di forum AdSense atau Komunitas Produk Google pun, saya tahu penyebab dan alasan mengapa iklan Google AdSense saya dinonaktifkan.

Saya sengaja memasang unit iklan tepat dibagian bawah Navigasi Menu Drop-Down yang secara tidak langsung menutupi penayangan iklan Google AdSense. Mengundang Klik, cara kotor hehehe...

Padahal, cara pemasangan tersebut dianggap keliru oleh Google, dan bahkan artikelnya pernah saya buat beberapa waktu yang lalu, Jangan Pasang Iklan Google AdSense dibawah Navigasi Menu Drop Down.

Google AdSense Dinonaktifkan karena Navigasi Menu Drop Down

Berikut email peringatan yang saya dapatkan ketika akun Google AdSense dinonaktifkan oleh Google.

Pelanggan yang Terhormat,
Email ini bertujuan untuk memperingatkan Anda bahwa salah satu situs web Anda saat ini tidak mematuhi kebijakan program AdSense kami, sehingga penayangan iklan telah dinonaktifkan pada situs web Anda.

ID Masalah#: 011110305

Penayangan iklan telah dinonaktifkan untuk:pengertianahlipakar.blogspot.co.id

Laman contoh tempat pelanggaran terjadi: https://pengertianahlipakar.blogspot.co.id/2016/03/definisi-avatar.html



  • Diperlukan tindakan: Periksa kepatuhan semua situs pada akun Anda.
  • Status akun saat ini: Aktif

Penjelasan Pelanggaran
Seperti yang dinyatakan dalam kebijakan program kami, situs yang menampilkan iklan Google harus memberikan informasi yang penting dan bermanfaat bagi pengguna. Pengguna harus dapat menavigasi situs dengan mudah untuk mencari produk, barang, atau layanan yang dijanjikan. Contoh navigasi yang menipu mencakup, namun tidak terbatas pada:



  • Klaim palsu tentang konten unduhan atau streaming
  • Menautkan ke konten yang tidak ada
  • Mengarahkan pengguna ke laman web yang tidak relevan dan/atau menyesatkan
  • Teks pada halaman tidak terkait dengan topik dan/atau model bisnis situs.

Untuk informasi selengkapnya, harap tinjau pedoman kualitas Webmaster Google dan kebijakan program AdSense.

Diperlukan tindakan: Periksa kepatuhan akun

Walaupun penayangan iklan telah dinonaktifkan pada situs tersebut di atas, akun AdSense Anda tetap aktif. Selain itu, ingatlah bahwa tim kami berhak menonaktifkan akun kapan saja, jika kami terus menjumpai pelanggaran.

Hal-hal yang perlu diingat:

URL di atas hanya merupakan sebuah contoh, dan pelanggaran yang sama mungkin terjadi pada laman lain di situs web ini atau di situs lain yang Anda miliki.

Anda harus meninjau semua artikel/pos di situs Anda yang memenuhi kriteria di atas.

Pastikan tidak ada dari artikel/pos ini yang memiliki iklan yang ditayangkan pada laman yang sama.

Pengajuan Banding
Jika Anda ingin mengajukan banding atas penonaktifan ini, Anda bisa menghubungi kami lewat pemecah masalah pengajuan banding di bawah ini dan merujuk pada ID masalah yang tertera di atas. Lihat beberapa Pertanyaan Umum (FAQ) mengenai penayangan iklan yang dinonaktifkan.


--- Pemecah Masalah Banding ---

Terima kasih atas kerja sama Anda!

Hormat kami, Arief Ghozaly
Tim Google AdSense



Google AdSense Dinonaktifkan karena Navigasi Menu Drop Down

Google AdSense Dinonaktifkan karena Navigasi Menu Drop Down

Bagi yang belum tahu, Navigasi Menu Drop-Down adalah Navigasi Menu yang menurun ke bawah secara otomatis apabila Pointer dari Mouse diarahkan ke Navigasi Menu tepat dibagian Sub Menu-nya.

Apakah Akun Google AdSense Aman?


Ya, akun Google AdSense saya aman. Masih aktif, tidak ditangguhkan (Suspend) atau pun dihapus (Banned) oleh Google.

Saya juga masih bisa masuk (login) ke akun AdSense yang saya miliki ini. Di berbagai situs lainnya, unit iklan masih tampil, tidak ada yang hilang sama sekali.

Note: Satu akun Google AdSense, unit iklannya dimana-mana. Jadi, efeknya hanya di satu blog, tidak terkena dampak ke semua blog. Begitulah yang terjadi pada kasus saya kali ini.

Oh iya, saya sudah mengajukan banding karena Google AdSense saya dinonaktifkan.

Seperti biasa, saya harus mengisi form atau kotak pengajuan banding; saya juga harus mengisi berbagai alasan, dan intinya... saya meminta agar dikembalikan seperti semula.

Apakah saya panik? Tentu tidak, karena akun AdSense saya bukan satu, dua atau tiga. Slow(ly) but sure hahahaa....

Nah, berawal dari pengalaman blogging ini, saya harap blogger lainnya lebih berhati-hati dalam memasang dan menempatkan unit iklan Google AdSense.
Share To:

Arief Ghozaly

Post A Comment:

2 comments so far,add yours

Evomotive mengatakan...

sama kek ane gan, lalu bagimana hasil bandingnya? apakah menu navigasi drop down itu harus di hapus?thanks atas artikelnya

Arief Ghozaly mengatakan...

udah 4 kali diajukan banding belum diterima2 gan.
iya ganti, tata letak navmenu nya diubah, tetap di tolak juga hahaha