Perbedaan Fetch as GoogleBot dan Fetch and Render di Google Webmaster.

Memahami arti dan maksud dari Fetch as GoogleBot (Ambil); dan Fetch and Render (Ambil dan Render) atau Render Laman.

Melalui situs resmi Google Webmaster Tools atau Google Search Console di bagian Fetch as Google, kita akan menemukan 2 pilihan yakni Fetch as GoogleBot dan Fetch and Render.

Sebenarnya, apa itu Fetch as GoogleBot dan Fetch and Render?

Apa fungsi, tujuan dan manfaat yang sebenarnya dari Fetch as Google ini?

Perbedaan Fetch as GoogleBot dan Fetch and Render di Google Webmaster

Pengertian Fetch as Google secara Umum


Secara umum, definisi dari Fetch as Google ialah menguji Googlebot dalam merayapi, meng-Crawl atau merender URL dari suatu laman.

Fungsi, manfaat atau tujuan dari Fetch as Google adalah untuk melihat apakah Googlebot dapat melihat dan mengenali Resource dari halaman (Gambar atau Script) atau tidak sama sekali.

Selain itu, fungsi dari Fetch as Googlebot lainnya adalah melakukan simulasi eksekusi Crawling dan perenderan secara normal oleh Google, dan juga berguna untuk melakukan, memindai dan menemukan debug masalah Crawling pada web blog, situs atau website kita.

Di bagian Fetch as Google, kita akan melihat 2 pilihan utama ialah Fetch as GoogleBot dan Fetch and Render.

#1. Arti dan Maksud dari Fetch (Ambil) atau Fetch as GoogleBot


Mengambil URL yang ditentukan di situs Anda dan menampilkan respons HTTP. Tidak meminta atau menjalankan resource apa pun yang dikaitkan (misalnya gambar atau skrip) di halaman. Ini merupakan operasi yang relatif cepat yang dapat digunakan untuk melakukan pemeriksaan atau debug konektivitas jaringan yang dicurigai atau masalah keamanan dengan situs Anda, serta melihat apakah permintaan berhasil atau gagal.

Singkatnya, Fetch menyuruh Googlebot untuk merayapi suatu laman tanpa perlu merayapi file-file seperti gambar, foto, video atau pun kode (Script).

Proses Fetch hanya memakan waktu 4 jam setelah artikel, konten atau posting blog didaftarkan di Fetch as Google di bagian Fetch atau "Ambil" saja.

#2. Arti dan Maksud dari Fetch and Render (Ambil dan Render)


Mengambil URL yang ditentukan di situs Anda, menampilkan respons HTTP, serta merender halaman sesuai dengan platform yang ditentukan (desktop atau ponsel cerdas). Operasi ini meminta dan menjalankan semua resource di halaman (misalnya gambar atau skrip). Gunakan operasi ini untuk mendeteksi perbandingan visual antara cara Googlebot melihat halaman Anda dan cara pengguna melihat halaman Anda.

Singkatnya, Fetch as Google menginstruksi GoogleBot untuk merayapi semua halaman seperti isi artikel, gambar, foto, video dan script-script yang ada di dalam artikel tersebut.

Lama proses Rendering ini sama saja seperti Fetch di atas (No. 1 ) yakni 4 jam.

Note: Selalu ingat, ketika pengalihan (Redirect) artikel dilakukan, pastikan melakukan "Fetch as Google" untuk kedua kalinya pada URL tersebut (akan dijelaskan dibagian bawah).

Lalu, Apa dan Bagaimana Kesimpulannya?


Baik itu Ambil atau pun Ambil dan Render, sama penting bagi sebuah situs. Selain menginstruksi GoogleBot merayapi sebuah artikel, tentu semakin cepat Indexing artikel tersebut dilakukan.

Lagi pula, dengan menginstruksi GoogleBot dalam merayapi sebuah konten, kita juga akan melihat bagaimana GoogleBot mengenali (merayapi) halaman situs web kita.

GoogleBot akan menampilkan 2 buah tampilan yang berbeda; satu halaman sesuai dengan tampilan blog, satunya lagi tampilan yang dihasilkan dari bagaimana GoogleBot mengenali halaman artikel kita.

Perbedaan Fetch as GoogleBot dan Fetch and Render di Google Webmaster

Apabila tidak ada kerusakan atau perbedaan di antara kedua tampilan tersebut, artinya GoogleBot berhasil mengidentifikasi laman artikel tersebut; dan tentu saja, blog kita berada di dalam posisi yang aman.

Perbedaan Fetch as GoogleBot dan Fetch and Render di Google Webmaster


Fetch as GoogleBot artinya melakukan perayapan oleh GoogleBot hanya dengan URL artikel tanpa perlu merayapi foto, gambar, video atau pun script-script di dalam artikel blog.

GoogleBot atau Ambil ini hanya merayapi URL yang diarahkan saja.

Nah! sedangkan Fetch and Render; atau Ambil dan Render menginstruksikan bahwa GoogleBot harus merayapi semua bagian dan sisi dari halaman tersebut seperti isi artikel, foto, gambar, video dan script-script lainnya.

Perayapan dimulai dari URL artikel, foto, gambar, video, dan kode-kode atau script yang ada di halaman tersebut.

Bagus Mana, "Ambil" atau "Ambil dan Render"?


Secara pribadi, bagi saya yang terbaik ialah Ambil dan Render. Mengapa? Sebab, Ambil dan Render menyuruh GoogleBot untuk merayapi semua bagian dari halaman blog tersebut.

Ketika semua halaman blog berhasil dirayapi tanpa adanya kesalahan, maka itu bagus buat SEO.

Perbedaan Fetch as GoogleBot dan Fetch and Render di Google Webmaster

Dampak, efek atau pengaruh SEO dari "Ambil dan Render", bahkan jauh lebih bagus kalau dibandingkan dengan fitur "Ambil" saja.

Nagmani Solanki, praktisi SEO untuk Health Genie, mengatakan bahwa, "When you use this option, googlebot will also crawl CSS, Java script. It will crawl each & everything from coding part to content."

Itulah alasan kenapa Ambil dan Render hanya dibatasi per bulannya, yakni 10 kali Fetch and Render dalam satu bulan.

Berbeda dengan "Ambil" yang diberi keleluasaan 500 kali daftar dalam satu bulan.

Yang sangat disayangkan dari fitur "Ambil dan Render" adalah ketersediaannya yang hanya 10 kali pendaftaran dari sisi pengalihan atau redirect URL lama ke artikel terbaru.

Kelebihan atau Kelebihan Ambil dan Render


Dibandingkan dengan Ambil, Ambil dan Render punya kelebihan dari berbagai lini atau sisi; salah satunya redirect URL ulang.

Apabila sebuah artikel lama (A) dialihkan ke artikel terbaru (B), maka artikel lama dan terbaru tersebut harus didaftarkan ke Ambil dan Render.

Note: artikel lama (A) harus didaftarkan ulang untuk kedua kalinya di bagian Rendering laman

Status Pengambilan Permintaan


Disetiap keberhasilan atas eksekusi GoogleBot yang kita perintahkan, ada beberapa hasil yang ditampilkan oleh Google Search Console di bagian Fetch as Google:

#1. Selesai (Completed)

Google berhasil menghubungi situs dan meng-crawl halaman Anda, serta dapat memperoleh semua resource yang dirujuk oleh halaman. Klik baris pada tabel untuk melihat detail selengkapnya tentang hasil pengambilan.

#2. Sebagian (Parsial)

Google mendapat respons dari situs Anda dan mengambil URL-nya, namun tidak dapat memperoleh semua resource yang dirujuk oleh halaman karena diblokir oleh file robots.txt.

Jika ini hanya pengambilan, lakukan pengambilan dan perenderan. Periksa halaman yang dirender untuk melihat apakah ada resource signifikan yang diblokir yang dapat mencegah Google menganalisis arti halaman dengan semestinya.

Jika resource yang signifikan diblokir, bebaskan resource di file robots.txt yang Anda miliki.

Untuk resource yang diblokir oleh file robots.txt yang bukan milik Anda, hubungi pemilik situs resource dan minta mereka untuk membebaskan resource tersebut bagi Googlebot.

Perbedaan Fetch as GoogleBot dan Fetch and Render di Google Webmaster

#3. Dialihkan (Redirected)

Server merespons dengan pengalihan. Alat Fetch as Google tidak mengikuti pengalihan. Meskipun crawler Google aktual mengikuti pengalihan, alat Fetch as Google tidak akan mengikutinya. Anda harus mengikuti pengalihan secara manual:

Jika pengalihan menuju ke properti yang sama, alat akan menampilkan tombol yang memungkinkan untuk mengikuti pengalihan secara cepat dengan mengisi kotak pengambilan dengan URL pengalihan.

Jika URL dialihkan ke properti lain yang merupakan milik Anda, klik "Ikuti" untuk otomatis mengisi kotak URL, lalu salin URL tersebut, alihkan tampilan ke situs baru, kemudian tempelkan URL ke kotak pengambilan.

Anda dapat menyelidiki respons HTTP di halaman detail pengambilan untuk melihat detail pengalihan. Pengalihan dapat dipicu oleh server atau oleh tag meta atau JavaScript di halaman itu sendiri.

Error dalam Pengambilan Resource


Bisa jadi, dalam beberapa kali melakukan pendaftaran URL artikel di Fetch as Google, kita bermasalah dengan error-error yang ditampilkan.

Error yang ditampilkan sebenarnya agak rumit untuk dipahami karena berkaitan dengan resource yang diblokir pada halaman.

Perbedaan Fetch as GoogleBot dan Fetch and Render di Google Webmaster

Untuk mengatasi dan mengakali kebingungan tersebut, saya tuliskan saja deh penjelasan-penjelasan error di Fetch as Google di Google Webmaster Tools:

StatusPenjelasanCatatan dan Langkah Selanjutnya
Tidak DitemukanResource tidak dapat ditemukan (kode respons HTTP 404 atau 410).Error ini menunjukkan bahwa Anda mungkin melihat kode error HTTP 404 saat mengakses halaman menggunakan browser web.
Tidak diberi otorisasiGooglebot tidak diberi otorisasi untuk mengakses halaman (misalnya, jika halaman memerlukan sandi).Error ini menunjukkan bahwa Anda mungkin melihat kode error HTTP 403 saat mengakses halaman menggunakan browser web.
DNS tidak ditemukanHost resource memblokir akses untuk Googlebot dengan menggunakan file robots.txt.Resource yang diblokir dapat memengaruhi pemahaman Google tentang halaman, dan peringkat halaman untuk kueri tertentu. Resource yang diblokir memiliki nilai Keparahan yang memperkirakan pentingnya resource dalam pemahaman Google tentang halaman: Rendah Resource yang tidak ada hanya memiliki sedikit pengaruh terhadap perenderan halaman. Sedang Resource yang tidak ada memiliki beberapa pengaruh terhadap perenderan halaman; periksa halaman yang diambil untuk melihat apakah ketiadaan atau perbedaan dengan halaman aktual cukup signifikan dalam memengaruhi pemahaman Google terkait halaman. Tinggi Resource yang tidak ada sangat memengaruhi halaman yang dirender dan mungkin akan mengubah cara Google mengindeks halaman Anda. -- (Tanda setrip ganda) Error bukan resource yang diblokir. Anda dapat menyelesaikan error ini dengan memperbarui file robots.txt. Jika alamat properti Anda berada di tingkat domain root (misalnya, www.example.com, bukan www.example.com/my_site/), Anda dapat menggunakan fitur Penguji robots.txt untuk mendiagnosis penyebab URL diblokir dari Google.
Robots.txt tidak terjangkauGooglebot tidak dapat menjangkau file robots.txt host resource. Jika hal itu terjadi, Google akan menghindari pemuatan resource apa pun dari host tersebut.Untuk menyelesaikan masalah ini, baca artikel Pusat Bantuan kami tentang cara membuat dan menguji file robots.txt.
Tidak terjangkau1) Fetch as Google saat ini tidak dapat mengambil URL Anda karena server membutuhkan waktu terlalu lama untuk membalas. Atau: 2) Fetch as Google membatalkan pengambilan Anda karena terlalu banyak permintaan beruntun yang dilakukan ke server untuk URL yang berbeda.Perhatikan bahwa URL bukannya tidak dapat dijangkau oleh semua produk Google-- URL hanya tidak dapat dijangkau oleh alat simulasi Fetch as Google.
ErrorAda error tak ditentukan yang mencegah Google menyelesaikan pengambilan.Jika error ini terulang lagi, buat posting di Forum Bantuan Webmaster kami.

Fetch & Fetch and Render


There are various features that Search Console offers to webmasters, among those Fetch & Fetch and Render are the most useful functions, Although they sound similar, they have significant differences in their functioning.

Fetch:


  1. Fetch does not run or request any other related resources from the URL, like scripts or images.
  2. This feature allows the webmaster to fetch a specified URL from the site, and publishes the HTTP response.
  3. The Fetch feature is mainly used to check security and network connectivity issues with the site.


Fetch and Render:


  1. Unlike Fetch, Fetch and Render feature also provides the page in accordance with the platform, like desktop or smartphone.
  2. This feature is similar to Fetch and Render in functionalities . where it fetches a specified URL from the site and presents the HTTP response.
  3. It requests and runs the scripts and images associated with the page.
  4. It renders a more detailed view of the page and helps the webmaster to detect how the Googlebot & user sees the page.


Sumber artikel bisa dilihat di bawah ini:

https://support.google.com/webmasters/answer/6066468?hl=id
https://www.semrush.com/blog/googles-fetch-and-render-why-its-important/
https://www.quora.com/What-is-the-difference-between-fetch-fetch-and-render-in-Google-Webmaster
https://productforums.google.com/forum/?hl=en#!category-topic/webmasters/3X0X8c3c39U

Perbedaan Fetch as GoogleBot dan Fetch and Render di Google Webmaster

Itulah Perbedaan Fetch as GoogleBot dan Fetch and Render di Google Webmaster yang sering Anda temui tapi belum mengerti apa itu Fetch as Google. Semoga berguna...
Share To:

Arief Ghozaly

Post A Comment:

0 comments so far,add yours