Cara Mengganti URL Google Plus Lama dengan URL Khusus Baru
Well sebelumnya saya telah posting cara mendapatkan atau membuat link URL Google Plus dengan link sendiri.

Kali ini tentang bagaimana cara kita mengubah atau menggantinya link URL khusus yang sudah dibuat, tapi kita ganti lagi dengan link URL pribadi lainnya.

Dengan kata lain, atau singkatnya... kita mengubah URL khusus pertama dengan versi terbarunya.

Contohnya seperti ini:

https://plus.google.com/+AlgazaliOfficials (versi pertama)

Namun akan saya ubah (untuk kedua kalinya) sehingga menjadi:

https://plus.google.com/+ariefghozaly

Hmm... Kira-kira bisa nggak ya? Kebetulan ketika artikel ini ditulis, sekaligus juga saya mengujinya. Apapun hasilnya, setidaknya saya sudah mencobanya!

Cara Mengganti URL Google Plus Lama dengan URL Khusus Baru


1. Masuk terlebih dahulu ke laman https://aboutme.google.com/
2. Pada kotak dialog "Situs", klik menu "Edit"
3. Klik tombol atau ikon silang (X dalam lingkaran) untuk menghapus URL khusus sebelumnya

Akan muncul pesan peringatan seperti dibawah ini:

Hapus URL?

Yakin ingin menghapus URL khusus? Jika tetap melanjutkan, URL AlgazaliOfficials tidak akan mengarah lagi ke profil Google+ Anda. Jika masih menginginkan URL khusus, Anda harus mengunjungi Google+ untuk mengklaim URL yang baru.

Atau lihat gambar peringatannya dibawah ini:

Cara Mengganti URL Google Plus Lama dengan URL Khusus Baru

Selanjutnya klik tombol "OKE" tanpa ragu-ragu! Ingat ya, jangan ragu! Hehe... (Jujur disini saya ragu, nggak tau hasilnya bagaimana nantinya, sebab artikel ini ditulis tepat ketika tutorialnya dijalankan)

Selanjutnya tutup kotak dialog "Situs" tersebut dengan menekan tombol "OKE". Ini mengindikasikan kalau kita sudah yakin 100% menghapus URL khusus tersebut.

Hasilnya bagaimana?

https://plus.google.com/+AlgazaliOfficials (versi pertama)

Setelah saya hapus, beralih ke URL default:

https://plus.google.com/u/0/117523514165520896557

Selanjutnya bagaimana mas? Lihat gambar dibawah ini:

Cara Mengganti URL Google Plus Lama dengan URL Khusus Baru

Ah! Muncul pesan peringatan, alhamdulillah... "Kami telah memberikan persetujuan awal untuk beberapa URL khusus profil Anda, termasuk: plus.google.com/+AlgazaliOfficials"

Klik tombol "Klaim URL" seperti gambar diatas ya!

Akhirnya... Ada 3 opsi yang bisa kita pilih, sesuai gambar dibawah ini:

Cara Mengganti URL Google Plus Lama dengan URL Khusus Baru

Disini saya bisa memilih menggunakan nama "AlgazaliOfficials" seperti sediakala, ada URL khusus dengan nama pribadi saya "AriefGhozaly"; atau menggantinya dengan nama tambahan diakhiran.

Pada tutorial kali ini, kebetulan nama asli saya muncul.

Jadi, singkatnya, URL khusus "AlgazaliOfficials" sebelumnya, mau saya gantikan dengan nama asli saya yakni "AriefGhozaly".

Selanjutnya? Pilih salah satu opsi, seperti gambar diatas, setujui atau centang OK persyaratan layanan. Lalu, klik tombol "Simpan URL".

Selanjutnya muncul pesan peringatan ke sekian kalinya, lihat gambar dibawah ini:

Cara Mengganti URL Google Plus Lama dengan URL Khusus Baru

Silahkan klik "Konfirmasikan URL" yang ditampilkan. Muncul pesan lagi, "Anda berhasil mengklaim URL khusus!" Ok tugas kita sudah selesai!

Akhirnya, URL khusus pribadi yang kedua ini, yang masih dalam satu akun Google Plus, berhasil saya lakukan! Alhamdulillah... silahkan klik deh kalau nggak percaya: Arief Ghozaly.

URL khususnya tidak mengarah lagi ke:

https://plus.google.com/+AlgazaliOfficials

Tapi sudah dialihkan ke:

https://plus.google.com/+AriefGhozaly

Ibarat kata, kita telah mengalihkan URL khusus versi pertama ke versi keduanya yang terbaru. Sujud syukur wkwk... tutorial cara mengganti URL khusus Google Plus berhasil dilakukan.

Kebetulan saya nggak tahu kalau ada fitur pergantian URL khusus ini. Toh, tutorial ini pun saya dapatkan secara tidak sengaja.

Oh ya... Dalam satu tahun, kita hanya diperbolehkan mengganti URL khusus ini sebanyak tiga kali. Singkatnya, setahun bisa dilakukan 3 kali.

Tapi... alangkah baiknya sih ya jangan diubah-ubah. Cukup sekali ganti saja. Kasihan blogger atau teman-teman blogger lainnya, pasti sulit menemukan kita. Ok semoga berguna.*
Share To:

Arief Ghozaly

Post A Comment:

0 comments so far,add yours