4+1 Tips Membuat Artikel Pertama di Blog: Basic Article

Istilah lain dari artikel atau konten yang di buat pertama kali di blog ialah "Basic Article".

Bagi blogger pemula, bahkan blogger senior sekali pun, seringkali lupa membuat Basic Article; padahal Basic Article ini adalah perwakilan dari seluruh postingan yang ada di dalam blog.

Contohnya? Posting pertama di blog ini adalah "Tips SEO dan Blogging".

Content tersebut bisa dikatakan sebagai perwakilan lebih dari 350 artikel yang sudah dipublikasikan di blog ini. What a beautiful game, Gan!

Percaya atau tidak, blogger luar negeri telah menerangkan bahwa Basic Article sangat penting, sangat penting sekali di awal-awal ngeblog.

I Wanna Be a Blogger: First Blog Post menerangkan bahwa sudah menjadi rahasia umum kalau tulisan pertama di blog itu cukup membingungkan; takut salah tulis dan kadang agak merasa tertekan.

Secara pribadi, saya akui apa yang di tulis pada artikel tersebut memang benar. Dari dulu ngeblog, salah satu hal yang agak sedikit sulit bagi saya adalah pembuatan Basic Article di blog.

Baca Juga: EFEK Menghapus Akun Google+ bagi Blog dan SEO

Di bawah ini ada beberapa tips yang perlu diketahui tentang panduan bagaimana cara membuat artikel pertama kali di blog.

4+1 Tips Membuat Artikel Pertama di Blog: Basic Article


Blog Post Idea #1: Who are you?

Seandainya saya bertemu dengan Anda di warung kopi, dan saya menanyakan profil pribadi Anda, apa yang harus Anda jawab?

Nah posisikan diri Anda saat ini sedang ditanyakan dengan pertanyaan tersebut. Anggaplah percakapan itu sedang terjadi, pikirkan dan renungkan, lalu tulislah di artikel pertama blog Anda.

Nggak masalah kalau pada akhirnya Anda membual, yang penting tunjukkan kalau Anda itu yakin dan memenuhi syarat serta kriteria kenapa Anda pantas membuat blog dan menjalani blog tersebut, berkaitan dengan topik blog pastinya.

4+1 Tips Membuat Artikel Pertama di Blog: Basic Article

Blog Post Idea #2: Why you?

Ceritakan secara singkat kepada pembaca blog Anda; kenapa harus Anda, kenapa tidak orang lain yang melakukannya (membuat blog tersebut).

Contohnya, Anda membuat blog tentang Psikologi, lalu ceritakan saja bahwa Anda adalah orang yang sudah menyelesaikan S1 Psikologi.

Dengan membuat pengakuan yang demikian, bukan berarti Anda sombong. Malahan, itu menunjukkan Anda itu siapa, dan kenapa harus Anda yang membangun serta menulis topik Psikologi tersebut.

Dari sini saja, itu sudah cukup meningkatkan kredibilitas artikel yang Anda dipublikasikan di dalam blog Anda. Semudah itu, kok! :)

Blog Post Idea #3: Common Questions

Setelah membuat posting untuk perdana kalinya di blog, pada langkah sekarang adalah saat yang tepat untuk menanyakan pertanyaan umum kepada pembaca.

Anda bisa menanyakan suatu hal kepada pembaca dengan kalimat, "Adakah pertanyaan?" di bagian akhir artikel pada Basic Article tersebut.

Selain itu pula, dengan cara ini pun Anda telah membangun komunikasi dengan pengunjung blog agar mau memberi komentar pada konten pertama di blog Anda.

Blog Post Idea #4: Create a "how to" list

"How to" yang artinya "bagaimana". Jika topik blog Anda tentang sebuah tutorial yang membahas kesehatan atau dunia blogging misalnya, sisipkan link Internal (Hypertext) barang 5 buah.

Contohnya blog tentang tutorial blogger.

Pada posting pertamanya, bisa disisipkan dengan artikel "Cara Membuat Blog", "Cara Mengganti Tema Blog" dan lainnya.

Getspokal mengatakan melalui artikelnya, "Starting a Blog? Here are Ideas for Your 1st 5 Blog Posts":

Keywords are the words people type into Google when they’re looking for something. Some of the blogs you write will be focused around keywords, so you have a higher chance of ranking in Google when someone is looking for that topic.

Blog Post Idea # 5: Your top 5 favorite blogs

Singkatnya, pada artikel pertama di blog tersebut kita disarankan untuk menyisipkan 5 buah link dari situs web yang kita sukai.

Kita juga harus menyertakan deskripsi dari masing-masing blog tersebut tentang apa dan bagaimana; serta konten apa yang di buat pada situs web tersebut.

Mungkin agak terkesan klise dan aneh, kita baru saja membangun blog dan ingin mendapatkan pembaca, eh malah menyisipkan 5 buah situs link.

Satu kata, Cerdas! Pertanyaan yang bagus. Tahu kenapa?

Salah satu alasan kenapa Anda harus menambahkan 5 buah situs web di dalam artikel pertama blog Anda adalah untuk meningkatkan otoritas.

Spokal mengatakan seperti ini:

It will help establish your authority because you’re providing valuable resources, plus it shows you’re part of the community and up to date with current trends – that will help you build trust online, which will help you close customers.

Baca Juga: Berapa Jumlah Blog dalam Satu Akun Google+ yang Bisa di Buat?

Thanks Spokal... terima kasih sudah juga sudah membuat tulisan tersebut sehingga banyak orang yang tercerahkan dengan baik.
Share To:

Arief Ghozaly

Post A Comment:

0 comments so far,add yours