Bahaya Memasang Kode Anti-Copas di Blog: Gadget Blog tidak Bekerja
Cara membuat dan pasang kode anti-copas di blog memang mudah dan bisa dilakukan sekarang juga, masalahnya ada beberapa hal yang harus diketahui.

Pertama, pemasangan kode anti-copas tidak User Friendly. Sebenarnya niat baik kita agar artikel tidak bisa di copas, disalahartikan oleh para pembaca.

Lagi pula pun pemasangan kode anti-copas meminimalisirkan tindakan copas dari blog pesaing lainnya. Tapi teteepp juga disalahartikan. Katanya , "Apa-apaan neh, blog kampungan!"

Kedua, Gadget atau widget blog tidak bekerja dengan baik. Contohnya? Kolom pencarian atau widget berlangganan, misalnya widget subscribe box for blogger yang pernah dibagikan.

Gadget blog tersebut tidak bekerja. Jangankan bekerja, di klik saja tidak berfungsi, apalagi untuk mengisi kata-kata pencarian atau pun menuliskan email.

Ok katakanlah Anda masih keukeuh ingin memasangkan kode anti-copas di dalam template blogger. Dibawah ini kodenya:

onmousedown='return false' oncontexmenu='return false' onselectstart='return false'

Hapus kode <body> ganti dengan kode diatas, sehingga menjadi seperti ini:

<body onmousedown='return false' oncontexmenu='return false' onselectstart='return false'>

Atau misalkan kodenya <body ......blabla> cukup disisipkan saja diawal kode atau diakhir kode. Contohnya:

<body blabla='blabla' blabla='blabla' onmousedown='return false' oncontexmenu='return false' onselectstart='return false'>

Kode tersebut saya dapatkan langsung dari CB Style Blogger Template yang saya gunakan saat ini. Salah satu template blogger premium terbaik yang pernah ada. Namun sudah saya hapus :)

Bahaya Memasang Kode Anti-Copas di Blog


Sebenarnya pun pemasangan kode anti-copas ini kurang efektif, nggak berjalan baik. Semua pengamanan seperti mengatasi atau melindungi tulisan artikel di blog bisa di jebol dengan mudah. Caranya? Banyak banget, silahkan Googling.

Jangankan menggunakan aplikasi, begitu buka blog lalu mengklik tombol X sebelum loading blog selesai dimuat, kita masih bisa melakukan copas artikel yang ada di dalam blog tersebut.

Sebegitu mudahnya.

Namun ingat sekali lagi, kalau masih keukeuh ingin memasangkannya, silahkan gunakan kode diatas. Jangan kode yang lain. Semoga berguna.*
Share To:

Arief Ghozaly

Post A Comment:

0 comments so far,add yours