Pengertian Apa itu ccTLD (Country Code Top-Level Domain)
Masih berhubungan dengan domain, apa itu ccLTD pada domain? Apa tujuan dan fungsinya?

Pengertian ccTLD atau Country Code Top-Level Domain adalah sebuah ekstensi domain yang dibuat dan dikhususkan untuk negara tertentu.

Contohnya adalah .id (dot id) untuk negara Indonesia. Apakah itu gratis atau berbayar, yang pasti domainnya adalah .id seperti blogspot.co.id atau domain.id.

Baca Juga: Pengaruh Penggunaan Minus & Angka Domain.

Domain ccTLD memiliki domain khusus untuk negara tertentu, diantaranya adalah:

  • ID untuk Indonesia
  • DE untuk Jerman (Germany)
  • JP untuk Jepang (Japan)
  • IN untuk India
  • ES untuk Spanyol (Spain); dan
  • Masih banyak lagi.

Ngomong-ngomong saya mau bahas sedikit persoalan domain berbayar, apabila suatu saat nanti kita disuruh apakah memilih domain .com atau .id, pilihan manakah yang paling tepat?

Baca Juga: 5 Tips Memilih Nama Domain Blog.

Menurut saya adalah tetap .com karena .com lebih mudah diingat oleh para pembaca, lagi pula domain .com pun sudah sangat populer dikalangan pengguna internet di Indonesia.

Sedangkan .id menurut saya adalah sebagai alternatif saja apabila domain yang diinginkan dan akan dipasangkan .com sudah dimiliki oleh orang lain.

Lebih dari itu domain .ID juga tergolong mahal, harga sewa pertahunnya adalah berkisar 500 ribu rupiah lebih, sedangkan domain .com berkisar dengan harga 120 ribu sampai dengan 130 ribu saja.


Untuk persoalan domain .ID atau .COM berpengaruh manakah terhadap SEO, sejujur-jujurnya saya belum memastikan manakah yang paling bagus dan berpengaruh terhadap SEO.*
Share To:

Arief Ghozaly

Post A Comment:

0 comments so far,add yours