2 Situs untuk Membantu Memilih Nama Domain yang Unik & Keren
Rencana membuat web blog, situs atau website baru tapi domain sudah terpakai atau tidak tersedia (not available) lagi? Apa solusi mengatasinya?

Terlepas dari domain yang akan di buat itu apakah gratis atau berbayar, menentukan domain memang tergolong sulit. Kenapa? Karena ini soal Domain Authority.

Pengertian Domain Authority

Istilah lainnya adalah Otoritas Domain, yakni penilaian atau acuan terhadap suatu link URL alamat web blog, situs atau website terhadap SE Google, Bing, Yahoo, MSN dan lainnya.

Salah satu faktor yang menjadi penyebab tinggi dan rendahnya nilai sebuah Domain Authority, yakni:

Domain lama akan diperhitungkan atau dipertimbangkan, serta sangat menguntungkan apabila sewaktu-waktu sudah menempati Page-One dan mulai dikenal banyak orang (populer)

Memilih nama domain web blog, situs atau website itu tidak mudah, apalagi yang terkesan unik, menarik dan fresh serta domain yang mudah di ingat oleh para pengunjung.

Sulit lah yaa menentukan domain seperti itu. Apalagi, kini ada 300 juta domain yang sudah terdaftar dengan berbagai kata, entah itu terdiri dari satu kata, dua kata, 3 kata, adanya imbuhan minus (-) maupun numerik.


URL situs ini nantinya akan kita pakai dari waktu ke waktu - jangka panjang, toh tidak mungkin situs kita yang sudah terkenal alamatnya kita ubah ke alamat URL yang baru. Tentu mempengaruhi ranking web dan artikel kita secara menyeluruh :(

Belum lagi domain-domain yang bagus dan sesuai dengan topik kita sudah terpakai (tidak tersedia), setidaknya kita harus berpikir keras untuk menemukan solusi terbaiknya, seperti... kata apa yang pantas ditambahkan, dikurangkan, atau menambahkan tanda minus, huruf double dst di URL domain yang akan kita bikin.

Baca Juga: Permasalahan Domain: KOD, EMD dan KRD.

2 Situs untuk Membantu Memilih Nama Domain yang Unik & Keren


Sebenarnya saya menemukan banyak situs yang menyediakan solusi atas permasalahan nama domain kita ini. Dari pada membuang-buang waktu, saya persempit menjadi 2 pilihan.

#1. Domain Search: LeanDomainSearch

Pilihan terbaik menurut saya adalah LDS karena cara menggunakannya tergolong mudah dan cepat.

Cukup memasukkan kata domain yang kita inginkan, maka muncul list atau daftar domain available yang siap kita pakai! ;)

Barusan saya mencobanya, saya menggunakan kata "Artikel". Sangat banyak nama domain available yang siap saya gunakan - meski pun beberapa diantaranya sudah terpakai.

ArtikelMedia, ArtikelApp, ProArtikel, ArtikelBook, ArtikelNow, ArtikelCenter, EasyArtikel, ArtikelSearchLive, ArtikelArtikelApps dst...

#2. Domain Search: Impossibility

Caranya sama seperti tutorial pertama diatas, namun yang membedakan adalah tools kedua ini tampak lebih lengkap. Apalagi ada informasi bahwa tersedia di GoDaddy!

Beberapa contoh yang saya dapatkan seperti berikut:


  • artikelavid(dot)com is available! Register at GoDaddy
  • artikelby(dot)com is available! Register at GoDaddy
  • artikelsent(dot)com is available! Register at GoDaddy dst.


Informasi Penggunaan Domain Search

Pada dasarnya, cara ini adalah solusi terbaik yang bisa kita pilih, karena kadang kita kebingungan apabila domain yang kita inginkan sudah tidak tersedia (not available) lagi.

Baca Juga: Pengaruh Tanda Minus pada Nama Domain Web.

Insya Allah dengan dukungan Domain Search, domain yang kita inginkan pun bisa kita dapatkan, yaaa meski pun ada beberapa kata yang harus ditambahkan. Toh, tidak masalah dong... Apalagi nama URL domain tersebut tampak lebih bagus dan menarik di mata pengunjung nantinya ;) Semoga berguna.*
Share To:

Arief Ghozaly

Post A Comment:

0 comments so far,add yours