#5 Tips Memilih Nama Domain untuk Blog yang Bernilai Tinggi
Bagaimana cara dan tips menentukan dan memilih nama domain (alamat/URL) untuk web blog, situs atau website yang berkualitas dan bernilai tinggi?

Pemilihan atau penentuan nama domain web kadang membingungkan kita sebagai blogger, apalagi blogger pemula. Kadang kita ragu menentukan nama domain yang paling bagus, terbaik dan menarik.

Sebenarnya tidak begitu juga, mudah saja kok. Asalkan nama domain blog mudah diingat, unik dan juga mudah dieja oleh para pengunjung nantinya. Plus sesuai dengan isi artikel atau topik apa yang kita gunakan nantinya.

Baca Juga: Pilih Kod, Emd atau Brandable Domain?

Tips menentukan nama domain blog tidak begitu banyak, setidaknya ada 4 hal yang harus kita ketahui.

#5 Tips Memilih Nama Domain untuk Blog yang Bernilai Tinggi


#1. EMD < Brandable Domain

Artinya EMD kurang bagus dibandingkan "Brandable Domain".

EMD adalah Exact-Match Domain, yakni teknik pemasangan keyword tertentu pada sebuah alamat URL blog yang akan digunakan.

Misalnya situs kita membahas SEO, maka kita memasangkan keyword "seo" di alamat URL situs yang akan kita buat nantinya.

Sebenarnya ada hal yang lebih penting dari pada itu, yakni "brandable domain".

Maksud "brandable domain" adalah fokusnya kita terhadap URL situs kita apakah nantinya akan mudah diingat, enak dibaca, menarik dan bernilai tinggi.

Jadi brandable domain tidak akan mementingkan teknik KOD atau EMD karena yang lebih diutamakan adalah "kenyamanan" atau human-friendly terhadap para pembaca dan pengunjung situs kita nantinya.

Baca Juga: Pengertian Apa itu Keyword on Domain.

#2. Domain Berbayar (Custom) > Domain Gratis

Domain berkualitas dan bernilai tinggi sudah pasti domain yang sudah di custom, awalnya blogspot.com menjadi ".com" secara utuh.

Sebenarnya kita tidak perlu memaksakan diri jika ingin membeli domain ".com", cukup "blogspot.com" saja itu sudah sangat bagus.

Ada pro dan kontra terhadap blogspot.com dan custom domain, beberapa diantaranya adalah:

  1. Blogspot lebih SEO dibandingkan CD karena asli produk Google; atau sebaliknya
  2. Blogspot itu tidak memiliki kredibilitas (tidak bisa dipercaya) - dan ini mutlak, apalagi yang berhubungan dengan toko online, saya setuju!
  3. Alamat URL blogspot itu susah diingat dan tidak user friendly - Menurut saya sama saja ya, toh tinggal mengetik nama blog di kolom pencarian Google, muncul deh di urutan teratas ;)
  4. Ya intinya banyak deh pro dan kontra terhadap "blogspot" dan "custom domain"

Yang paling penting prioritaskan keinginan kita. Jika blog akan didaftarkan ke Google AdSense, sebaiknya custom domain terlebih dahulu agar mendapatkan akun AdSense non-hosted!

Baca Juga: Pengaruh algoritma UX Factor pada artikel di SERPs.

#3. Hindari Penggunaan Trademark (Copyright)

Pengertian trademark adalah merek dagang, nama atau simbol yang diasosiasikan dengan produk barang dan jasa.

Jika alamat, link atau URL situs kita menggunakan trademark sebuah perusahaan kita bisa di gugat oleh perusahaan tersebut.

Hal ini cukup berbahaya sebab kita bisa dikenakan denda, di anggap pencurian hak merek dan yang lebih parahnya lagi kita akan di tuntut, ujung-ujungnya kita harus mengeluarkan banyak uang untuk ganti rugi.

Hindari penggunaan trademark atau copyright ya! Ciptakan sendiri nama domain blog yang unik dan berkualitas tinggi.

Baca Juga: Pengaruh Penggunaan Minus & Angka di Domain Blog.

#4. Hindari Penggunaan Minus atau Angka

Minus atau angka pada alamat domain blog itu sesungguhnya bikin sulit para pembaca, awalnya tidak masalah, namun setelah mereka ingin mengunjungi kembali, mereka akan lupa alamat blog kita.

Penggunaan minus atau angka adalah salah satu penyebabnya, sebab tidak mudah diingat dan tidak menarik. Kalau pun memang terpaksa digunakan tidak masalah juga kok.

Sejauh pengamatan saya selama ini, penggunaan minus (-) atau angka (1, 2, 3 dst) itu tidak mempengaruhi atau memberi dampak terhadap SEO nantinya. Gak percaya? Dicoba saja, tidak berpengaruh terhadap SEO kok!

Baca Juga: Pengertian Domain Authority dan Page Authority.

#5. Jangan Menggunakan Domain Bekas

Wah kalau ini wajib berhati-hati karena tidak semua domain bekas itu bagus, kadang dulunya memiliki reputasi yang jelek di mata pencarian SE Google, Bing, MSN, Yahoo dan Yandex.

Baca Juga: Situs untuk Membantu Memilih Nama Domain.

Domain yang reputasinya jelek itu bisa kita ciri-cirikan sebagai berikut:

  1. Pernah digunakan untuk web spam, virus atau konten terlarang
  2. Alamat domain pernah terkena banned oleh Google dan SE lainnya
  3. URL situs pernah di banned oleh Google AdSense!

Dari kelima poin penjelasan diatas saya harap kita semua bisa mengerti. Jika ada yang tidak dimengerti, silahkan ditanyakan di kolom komentar.*
Share To:

Arief Ghozaly

Post A Comment:

0 comments so far,add yours