Dalam beberapa hari ini, saya sudah menerima 3 buah SMS mengatasnamakan M-Kios yang menyatakan bahwa saya adalah salah satu pemenang yang berhak mendapatkan hadiah dari PT.MKIOS.

Saya juga diberi kode berupa PIN dengan angka: HDR7JN7. Setelah saya cek di situs yang diberikan pada isi SMS tersebut, ternyata saya mendapatkan hadiah sebesar 100 juta rupiah.

Namun, ada kejanggalan pada Syarat & Ketentuan Hadiah. Isinya seperti ini:

Modus Penipuan M-Kios Terbaru, Tetap Waspada!

Pertanyaannya adalah kenapa pemenang yang mendapatkan hadiah harus dibebankan biaya administrasi? Bahkan, untuk pemenang uang tunai pun, kita harus men-transfer uang sebesar Rp. 400.000,- ?

Modus Penipuan M-Kios Terbaru, Tetap Waspada!


Untuk menghindari penipuan semacam ini, kita harus memperhatikan domain situs yang diberikan. Apabila isi SMS tersebut memberikan alamat website yang masih blogspot.com atau wordpress.com, jangan percaya sama sekali! Itu adalah penipuan. Masa iya sih telkomsel menggunakan blog abal-abal?

Situs resmi telkomsel adalah www.telkomsel.com. Apabila ada alamat web seperti pemenangmkioske20.blogspot dan sejenisnya, percayalah bahwa itu bentuk penipuan.

Untuk biaya administrasi yang wajib kita bayar di awal agar proses hadiah dikirimkan kepada kita, itu juga bentuk modus penipuan agar kita mau mengirimkan uang kepadanya.

KESIMPULAN

Sebenarnya penipu ini cukup bodoh. Dia salah sasaran, saya bukan anak kecil yang bisa dan mudah dibohongi. Lagi pula, saya juga sudah mengatakan bahwa ini adalah modus penipuan kepada orang tua saya sendiri sehingga mereka juga bisa terhindar dari penipuan.

Sampai saat ini, saya tidak pernah membaca atau melihat berita dan informasi bahwa komplotan penipuan ini berhasil di tangkap oleh polisi. Barangkali tidak di liput media atau memang pihak berwajib yang tidak mau mengurusinya.

Ya semoga saja kasus-kasus seperti ini ditindak secara tegas oleh pihak kepolisian karena sudah memakan banyak korban.*
Share To:

Arief Ghozaly

Post A Comment:

0 comments so far,add yours