Pernah menemukan atau mendapatkan kiriman dari teman berupa link URL yang pendek yang mengarahkan ke suatu artikel halaman web blog atau situs? Bagaimana cara membuat, memperpendek dan mempersingkat suatu link URL?

URL shortening atau penyingkatan URL adalah suatu teknik pada WWW yang membuat suatu laman situs dapat di akses dengan menggunakan suatu URL yang sangat pendek, berbeda dengan link aslinya namun masih satu tujuan.

4 Cara Memperpendek Link URL Artikel Blog

Adapun tujuan penyingkatan URL ini agar menghemat ruang, seperti Twitter yang memberi batasan pada jumlah huruf yang dapat di kirim, serta untuk melakukan analisa terhadap suatu pranala.

4 Cara Memperpendek Link URL Artikel Blog


Mengapa dikatakan 4 cara? Sebab, ada 4 situs yang memberikan layanan penyingkatan URL pilihan terbaik dan gratis, serta khusus untuk AdFly yang bisa menghasilkan uang dari Internet. Keempat-empatnya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Penggunaannya sangat mudah. Copy terlebih dahulu alamat link URL panjang yang sudah kita temukan sebelumnya. Paste pada kolom yang telah disediakan pada layanan situs shorteners, klik ENTER atau SHORTENER, dan lihat hasilnya.

  1. Google - URL Shortener - https://goo.gl/
  2. Bitly - URL Shortener and Link Management Platform - https://bitly.com/
  3. TinyURL - shorten that long URL into a tiny URL - http://tinyurl.com/
  4. AdFly - The URL shortener service that pays you! Earn money for every visitor to your links - https://adf.ly/

Khusus untuk AdFly, apabila ingin mendapatkan uang dari Internet, kita harus membuat akun terlebih dahulu. Pendaftarannya sangat mudah, dan yang paling penting jangan lupa konfirmasi email. Perhitungannya sendiri saya lupa, dulu pernah pakai tapi tidak sempat PO juga hehe.

Itulah cara memperpendek dan mempersingkat link URL sebuah halaman artikel web blog maupun situs, atau cara membuat link yang panjang menjadi pendek. Semoga berguna, good luck.*
Share To:

Arief Ghozaly

Post A Comment:

0 comments so far,add yours