Pengertian dan Fungsi Web Hosting bagi Website
Blog dan website itu berbeda. Jika diartikan secara sederhana, blog adalah ruangan sedangkan website adalah rumah.

Blog merupakan ruangan2 yang ada di dalam rumah. Nah rumah yang dimaksud adalah website.

Membuat blog itu gratis. Hostingnya pun sudah disediakan secara gratis oleh penyedia platform, baik itu Blogger (blogspot) maupun WordPress Non-Hosting.

Rumah atau website memerlukan yang namanya pondasi. Pondasi harus kuat, kan? Pondasi yang dimaksud adalah hosting.

Fungsi hosting sendiri adalah mendukung terciptanya sebuah web blog seperti konfigurasi PHP, HTML, MySQL, tempat penyimpanan file dan data web (Space), aplikasi dan Bandwidth.

Singkatnya rumah (website) itu memerlukan yang namanya pondasi (hosting) yang kuat agar mampu menampung beratnya alat perlengkapan rumah seperti alat masak, lemari, bangku dan lainnya.

Pengertian dan Fungsi Web Hosting bagi Website


Hosting adalah sebuah ruang (space) atau kapasitas ruang yang berfungsi menyimpan berbagai hal yang sudah disebutkan diatas tadi.

Contohnya seperti file dan data yang mendukung terciptanya sebuah web blog, media penyimpanan aplikasi, konfigurasi MySQL dan lainnya.

Kualitas hosting sendiri ditentukan oleh berbagai faktor seperti jenis paket hosting apa yang akan digunakan, seberapa besar ruang hosting untuk menyimpan aplikasi, harganya dan kualitas dari penyedia layanan web hosting.

Biasanya pake web hosting yang Unlimited merupakan jenis hosting yang paling mahal. Namun dibalik itu juga tentu saja ada faktor lainnya yang bisa menentukan mahal atau murahnya harga paket web hosting.

Sebenarnya fungsi hosting bukan hanya itu saja.

Fungsi hosting lainnya adalah berperan atau berpengaruh terhadap kualitas sebuah web seperti kecepatan loading blog (cepat atau lambat), daya tampung trafik (kalau lebih bisa berakibat server down) dan masalah lainnya.

Ada pun jenis-jenis hosting diantaranya adalah:

  1. Free web hosting service
  2. Shared web hosting service
  3. Reseller web hosting
  4. Virtual Dedicated Server
  5. Dedicated hosting service
  6. Managed hosting service
  7. Colocation web hosting service
  8. Cloud hosting
  9. Clustered hosting
  10. Grid hosting
  11. Home server

Secara umum hosting dibagikan ke beberapa kategori seperti Free Hosting yakni hosting gratis; Shared Hosting yakni hosting yang digunakan bersama2 dengan pihak lain.

Dedicated Hosting and VPS yaitu server yang difungsikan untuk menjalankan program aplikasi dengan beban tinggi dan tidak bisa dioperasikan dalam hosting berbagai dan VPS.

Satu lagi yakni Colocation Hosting.

Pengertian Colocation Hosting ialah server yang dikhususkan dan digunakan untuk kebutuhan dari si penyewa di tempat tersebut seperti keamanan, kestabilan arus listrik dan juga kestabilan internet.*
Share To:

Arief Ghozaly

Post A Comment:

1 comment so far add yours

Radar Kampus mengatakan...

Terima kasih Informasinya, tugas pun terselesaikan tentang web hosting. Thanks min :D Annas Tasyia