Cara Menghilangkan Sitelinks Google yang Tidak Diinginkan
Google Sitelinks adalah hadiah yang diberikan oleh Google kepada blog yang pantas.

Dikatakan "pantas" karena posting yang ada di blog tersebut memang berkualitas dan kaya akan informasi.

Google Sitelinks bisa dikatakan pula (secara tidak langsung) menambah atau meningkatkan reputasi blog. Semakin banyak Sitelinks itu artinya situs web tersebut semakin bagus.

Lebih dari itu, tampil atau tidaknya Sitelink juga bisa digambarkan sebagai apakah blog kita berkualitas atau tidak sama sekali, atau belum mencapai ke level berkualitas.

Pengertian Google Sitelinks

Google sitelinks adalah navigasi menu menurun berupa link artikel pilihan algoritma Google secara khusus. Biasanya minimal Sitelinks yang ditampilkan berjumlah dua buah. Kadang bisa mencapai 10 Sitelinks.

Sitelinks bisa diistilahkan pula dengan sebutan tautan situs, yakni tautan yang diberikan oleh Google kepada pemilik blog.

Cara Menghilangkan Sitelinks Google yang Tidak Diinginkan

Pemberian ini bukan asal-asalan, karena untuk mendapatkannya kita harus melalui proses yang amat panjang. Bisa dikatakan, Sitelink ini merupakan "hadiah" dari Google.

Most web site operators view Sitelinks as a reputation enhancer, and also a way to control a greater area of the search results page.

Sampai saat ini belum ada yang tahu sama sekali bagaimana cara mendapatkan Sitelinks dengan benar dan tepat.

Bahkan ada juga Sitelinks yang belum muncul juga.

Hanya saja, faktanya Google menggunakan algoritma khusus yang mengelola Sitelinks tersebut apakah dimunculkan atau nggak pada sebuah website.

Cara Menghilangkan Sitelinks Google yang Tidak Diinginkan


Andaikata sudah mendapatkan Sitelinks namun tidak sesuai dengan apa yang kita inginkan, kita diperbolehkan kok untuk menghapus atau menghilangkan Sitelinks yang muncul.

Google mengatakan pada laman Demote Sitelinks:

If you think that a sitelink URL is inappropriate or incorrect, you can demote it. Demoting a URL for a sitelink tells Google that you don't consider this URL a good sitelink candidate for a specific page on your site. Google doesn't guarantee that demoted URLs will never appear as a sitelink, but we do consider a demotion a strong hint that we'll try to honor when generating sitelinks.

Nah dari sini pun Google juga udah berbaik hati menyediakan fasilitas untuk menghilangkan Sitelinks blog.

  1. Masuk ke Google Webmaster Tools
  2. Search Appearance > Sitelinks
  3. Masukkan link URL dari Sitelinks yang ingin dihapus
  4. Tap tombol "Demote" atau "Demosikan URL Tautan Situs"
  5. Ok berhasil dan sukses.

Prosesnya sendiri tidak tentu. Estimasi bisa saja 1 hari penuh atau esok harinya setelah proses "demote" dilakukan pada saat ini.

Cara Menghilangkan Sitelinks Google yang Tidak Diinginkan
Sitelinks Google dengan Search Box!

Saya juga sering menemukan artikel berupa Sitelinks Google ini, dimana proses "demote" merupakan cara mendapatkan sitelinks dengan cepat. Ini sangat keliru!

Menurut saya itu salah karena Google juga sudah menerangkan bahwa "demote" yang dimaksud adalah menghapus. Bukannya mendapatkan atau menciptakan Sitelinks.

Perlu diketahui, ada ribuan blogger bahkan lebih dari itu yang ingin mendapatkan Sitelinks dari Google.

Kalau agan sudah mendapatkannya namun ingin menghapusnya, saya rasa agan kurang bersyukur. Biarkan saja karena itu lebih baik. Semoga berguna.*
Share To:

Arief Ghozaly

Post A Comment:

0 comments so far,add yours